7 Perbedaan PCX ABS dan CBS 2020 Terlengkap

Perbedaan PCX ABS dan CBS – PT Astra Honda Motor atau yang lebih di kenal dengan AHM merupakan salah satu produsen otomotif terkenal dan ternama di Indonesia. Khususnya dalam pembuatan kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor. Banyak sudah motor yang telah diproduksi mulai dari motor bebek, matik, sport, hingga adventure.

Dari banyaknya produk tersebut, tipe matik atau skuter menjadi salah satu tipe yang begitu banyak di incar masyarakat tanah air. Hal tersebut membuat Honda terus menawarkan motor baru dengan tipe skuter atau matik. Salah satu diantaranya adalah Honda PCX yang digadang-gadang akan menjadi penantang Yamaha Nmax.

Honda PCX 150 pertama kali hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2017 silam. Dengan beragam fitur, teknologi dan juga desain yang apik, membuat namanya semakin melejit. Bahkan untuk melengkapi permintaan pasar, kini Honda menghadirkan PCX dalam dua varian berbeda yaitu PCX ABS dan PCX CBS.

Kedua tipe motor matik Honda premium ini sama-sama dilengkapi dengan mesin serupa yaitu mesin berkapasitas 150cc dengan tipe mesin 4 langkah SOHC dengan suplai bahan bakar PGM-FI. Selain itu kedua tipe tersebut pun memiliki tipe suspensi serupa yakni teleskopik dibagian depan dan twin di bagian belakang.

Perbedaan PCX ABS dan CBS Terlengkap

Daftar Perbedaan PCX ABS dan CBS Paling Lengkap

Hanya saja, kedua tipe motor Honda PCX tersebut juga memiliki perbedaan. Selain dari sektor harga, beberapa perbedaan PCX ABS dan CBS juga terlihat di beberapa bagian. Jika kalian belum tahu apa saja perbedaan tersebut, berikut otoflik sampaikan secara rinci dibawah ini.

1. Sistem Pengereman

Fitur Sistem Pengereman

Perbedaan mendasar selain harga yang ditawarkan dapat terlihat pada sektor sistem pengereman. Dimana sesuai dengan namanya, Honda menawarkan motor matic ini dengan sistem pengereman CBS atau Combi Brake System dan PCX ABS atau Anti-Lock Braking System.

READ  50 Harga Motor Harley Davidson Terbaru 2020

Meski sama-sama digunakan untuk sistem keselamatan, namun fungsi keduanya berbeda. Pada sistem CBS, akan bekerja dengan mendistribusikan tenaga ke dua komponen yaitu roda belakang dan tuas ungkit untuk menekan knocker. Lalu piston hidrolik yang ada akan mengaktifkan rem cakram depan.

Sedangkan pada sistem rem ABS, pengereman akan terasa lebih aman meskipun kalian menekan tuas rem terlalu keras atau mendadak. Hal ini karena sistem ABS menggunakan sensor yang akan akan mendeteksi secara otomatis untuk mengirimkannya ke modul untuk membuat piston rem mendendur.

2. Ukuran Kampas Rem

Ukuran Kampas Rem

Perbedaan PCX ABS dan CBS yang berikutnya mungkin tidak banyak orang tahu. Karena perbedaan ini terletak pada bagian ukuran kampas rem yang digunakan. Dimana jika dilihat secara teliti, kampas rem Honda PCX CBS memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan kampas rem ABS.

Jika ingin mengganti kamapas rem maka hal harus diperhatikan adalah kode kampas rem-nya. Dimana kode kampas rem Honda PCX ABS adalah 06455-K84-901. Sedangkan kode kampas rem untuk rem Honda PCX CBS adalah 06455-KRE-K01.

3. Stiker

Bentuk Stiker

Tidak hanya itu saja, jika dilihat lebih jeli lagi. Perbedaan bisa kita lihat pada bagian stiker kedua varian motor ini. Dimana bila diperhatikan lebih, stiker silver yang ada pada varian ABS terlihat lebih mewah dibandingkan dengan stiker milik varian CBS.

4. Moncong Knalpot

Moncong Knalpot

Kemudian perbedaan PCX ABS dan CBS yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah moncong knalpotnya. Meski bukan merupakan perbedaan besar, namun ini tetap menjadi perbedaan kedua varian motor matic Honda premium yang satu ini.

Dimana jika diperhatikan pada versi ABS, PT AHM membuat moncong knalpotnya dengan menggunakan bahan plastik dengan paduan warna biru. Sedangkan pada varian CBS dibuat dengan material yang sama namun memiliki paduan warna hitam yang lebih pekat.

5. Versi ABS Lebih Berat

Versi ABS Lebih Berat

Lalu perbedaan motor matik Honda PCX ABS dan CBS yang berikutnya adalah bobot atau beratnya. Bukannya kedua motor ini memiliki dimensi yang sama yaitu 1.923 x 745 x 1.107 mm? kenapa beratnya ko berbeda? Berapa memangnya berat atau bobot yang dimiliki kedua varian ini?

READ  Harga Yamaha QBix dan Spesifikasi Terbaru 2020

Walaupun dimensinya sama, namun perbedaan tersebut memang begitu terasa. Hal ini tentu saja karena komponen rem ABS dan CBS sudah berbeda. Berat PCX ABS 132 kg sedangkan berat PCX CBS 131 kg. Dengan kata lain selisihnya hanya terpaut 1 kg saja.

6. Pijakan Kaki

Pijakan Kaki

Selain perbedaan diatas PCX ABS dan CBS juga punya perbedaan lain ynag bisa terlihat pada bagian pijakan kaki. Untuk varian ABS dibuat dengan adanya dek air yang dibuat dengan bahan stainless steel serta adanya tulisan PCX. Bahkan penggunaan bahan stainless steel tersebut juga bisa terlihat dibagian tutup tangki bahan bakar.

7. Harga Honda PCX

Harga Honda PCX

Lalu perbedaan terakhir dari dua varian motor matik premium milik Honda ini adalah besaran harga jualnya. Dimana harga Honda PCX CBS dan ABS dibedakan dengan selilisih sekitar 3 juta rupiah. Dengan lebih mahal untuk varian PCX ABS.

Jika kalian tertarik membeli motor matic premium ini, pastikan kalian menyediakan budget sebesar Rp 32.842.000 untuk versi ABS dan Rp 29.843.000 untuk varian CBS-nya. Perbedaan harga tersebut dilihat dari harga Honda PCX untuk OTR Jakarta.

Lalu bagaimana dengan pilihan warna? Baik PCX ABS dan PCX CBS memiliki pilihan warna yang sama. Setidaknya ada 5 pilihan warna bisa dipilih, mulai dari Wonderful White, Glorious Mate Black, Royal Matte Blue, Magnificent Matte Brown, dan Majestic Matte Red.

Bagaimana, sudah jelas dan paham apa saja perbedaan PCX ABS dan CBS setelah melihat penjelasan otoflik.com diatas? Yah, diatas merupakan beberapa perbedaan yang memang dimiliki kedua varian tersebut. Jadi selain harga dan juga tipe sistem pengeremannya. Ternyata PCX versi ABS dan CBS juga memiliki beberapa varian berbeda.

Tags: , ,