√ Silencer Knalpot 2020 : Pengertian, Fungsi, Bahan & Keunggulan

Silencer Knalpot – Kendaraan roda dua atau motor dan mobil memiliki beberapa komponen, dimana masing-masing komponen memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Seperti halnya knalpot, salah satu bagian dari sebuah kendaraan memiliki peran sangat penting dan bahkan mampu mempengaruhi performa yang dihasilkan.

Maka tak heran jika saat ini banyak pemilik kendaraan lebih suka mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Terlebih saat ini ada cukup banyak merk knalpot racing yang bisa anda gunakan seperti R9, Proliner, RCB dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa yang sudah Otoflik.com sebutkan memang terbukti akan kualitasnya.

Jika berbicara sebuah knalpot baik itu knalpot standar dan racing terdapat beberapa komponen dan setiap komponen memiliki cara kerjanya. Namun dalam pemilihan knalpot pastikan terlebih dahulu silencer knalpot yang akan anda pilih. Terlebih jika anda menginginkan knalpot custome, perhatikan secara detail mulai dari header atau leher kenalpot dan mufflernya.

Dengan mengatahui apa itu silencer knalpot, maka anda dapat dengan mudah memilih knalpot racing yang berkualitas. Terlebih jika anda sudah mengetahui fungsi masing-masing bagian dari sebuah knalpot. Bagi anda yang belum mengetahui lebih jelas mulai dari silencer, header, Link Pipe dan Slip-on dapat simak ulasan dari Otoflik.com seperti berikut.

Pengertian Silencer Knalpot Beserta Fungsi, Bahan & Keunggulan

Pengertian Silencer Knalpot Beserta Fungsi Bahan Keunggulan

Dengan mengetahui detail sebuah knalpot, dapat dipastikan ketika membeli knalpot aftermarket tidak merasa kecewa atau menyesal baik itu untuk knalpot 4 tak maupun juga 2 tak, karena keduanya memiliki header dan muffler yang jauh berbeda. Untuk anda yang pensaran dengan muffler atau silencer knalpot, silahkan simak pembahasan lebih detail seperti berikut.

Apa Itu Silencer Knalpot

Apa Itu Silencer Knalpot

Silencer knalpot adalah bagian utama dari sebuah knalpot yang didalamnya terdapat beberapa part lainnya yang mana bertujuan untuk meredam suara yang dihasilkan dari sisa pembuangan gas pada saat pembakaran terjadi. Beberapa part tersebut meliputi partition yang berfungsi untuk memecah suara agar tidak terlalu bising, selanjutnya glasswool yang berfungsi untuk memperhalus suara.

Setiap silencer knalpot standard dan racing memiliki sekat yang berbeda-beda, bahkan untuk sesama jenis knalpot racing pun memiliki sekat yang berbeda satu sama lain. Nah, yang menjadi pembeda antara silencer standard dan racing pada Glasswool. Karena hampir semua knalpot standard tidak dilengkapi dengan Glasswool, sedangkan untuk knalpot racing sudah pasti menggunakan.

Selain Silencer, ada beberapa bagian penting dari sebuah knalpot seperti Slip-on, header dan link pipe. Beberapa yang sudah kami sebutkan tadi memiliki fungsinya masing-masing , jadi anda harus mengetahui terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memperhitungkan jika anda ada keniatan untuk menggunakan knalpot racing yang mana notabenya memiliki suara lebih keras bila dibandingkan knalpot bawaan.

READ  25 Harga Knalpot Yoshimura Original Di Indonesia Terbaru 2020

Komponen Knalpot Racing

Diatas memang sudah sedikit kami informasikan pengertian apa itu silencer knalpot beserta fungsinya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan beberapa bagian-bagian dari knalpot. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, silahkan simak seperti berikut.

1. Header & Link Pipe

Header Link Pipe

Pertama adalah header dan link pipe, keduanya merupakan sebuah komponen yang terhubung langsung atau sebagai penyambung sisa gas pembakaran yang disalurkan ke silencer knalpot. Banyak orang yang menyebutnya dengan leher knalpot, pada umumnya komponen ini dijual secara terpisah karena masing-masing jenis kendaraan memiliki ukuran dan lekukan yang berbeda-beda.

2. Slip-On

Slip on

Komponen pada sebuah knalpot motor selanjutnya adalah Slip-on, komponen ini hanya ada pada knalpot racing saja dan beberapa knalpot after market. Karena pada dasarnya hanya sebagai penyambung antara leher knalpot dan silencer knalpot. Dengan menggunakan slip-on, maka pengguna dapat dengan mudah untuk gonta-ganti silencer. Misalnya saja pertama silencer akrapovic, lalu ganti R9 dan seterusnya.

3. Silencer atau Muffler

Muffler Knalpot

Terakhir adalah silencer atau muffler, komponen utama dari knalpot yang memiliki peran sangat penting sekali baik itu untuk knalpot standar maupun racing. Karena suara yang dihasilkan akan diredam agar suara lebih halus, namun suara yang dihasilkan tergantung dari sekat yang ada didalamya seperti apa. Lalu penggunaan glasswool juga sangat mempengaruhi.

Fungsi Silencer Knalpot

Fungsi Silencer Knalpot

Setelah mengetahui apa itu muffler atau silencer, pastinya anda semua sudah sedikit mengetahui fungsi dari silencer atau mufler. Nah disini kami akan membahas lebih jelas dan detail fungsi dari silencer atau mufler knalpot. Berikut beberapa fungsi yang wajib anda ketahui.

  1. Pertama sebagai peredam suara sisa hasil pembuangan gas ketika poroses pembakaran terjadi. Pada saat pembakaran terjadi didalam mesin, maka akan menghasilkan gas buang dan sisa gas buang tersebut akan keluar melalui knalpot. Pada saat sisa gas masuk ke mufler atau silencer, maka suara yang dihasilkan akan diredam oleh partition dan akan diperhalus dengan glasswool, sehingga menghasilkan suara yang lebih empuk.
  2. Kedua, selain sebagai peredam suara berfungsi juga untuk menaikan performa dari kendaraan tersebut. Performa yang dihasilkan tergantung dari bahan yang digunakan serta sekat yang ada didalam mufler itu sendiri. Jadi jangan heran banyak silencer dengan desain berbeda dan ada pula yang panjang pendek.
  3. Ketiga dapat mengatur DB yang dihasilkan, dari sekian banyak pabrikan knalpot racing baik itu motor maupun mobil telah dilengkapi dengan DB Kiler. Part ini berfungsi untuk mengurang decibel (DB) dan berfungsi juga untuk mengurangi polusi udara.

Bahan Silencer Knalpot

Pada umumnya sebuah silencer berbahan titanium, aluminium, galvanis dan lainnya. Beberapa bahan yang sudah kami sebutkan kerap dijumpai pada knalpot racing, namun perlu anda ketahui. Setiap penggunaan bahan, masing-masing dapat memperngaruhi performa mesin kendaraan. Berikut merupakan bahan yang sering digunakan.

1. Galvanis

Galvanis

Galvanis sering digunakan sebagai bahan knalpot, karena bahan ini memiliki keunggulan tidak mudah karatan. Oleh karena itu banyak para pembuat knalpot sering menggunakan bahan galvanis. Hanya saja pada bahan ini memiliki bobot cukup berat dan ini dapat menyebabkan performanya tidak bertambah seperti penggunaan bahan yang lainnya.

READ  97 Harga Knalpot R9 Termurah & Terbaik : Matic, Sport, Moge 2020

2. Alumunium & Stainless

Stainless

Hampir semua bahan yang digunakan untuk membuat knalpot memiliki suara yang tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk bobot dan performa yang dihasilkan saja yang berbeda. Penggunaan bahan alumunium dan stainless hanya memiliki kekurangan pada bobotnya yang lebih berat bila dibandingkan titanium maupun carbon. Lalu performanya juga beda, tergantung dari panjang pendek dari silencer.

3. Titanium

Titanium

Pada umumnya knalpot berbahan titanium kerap digunakan sebagai motor balap seperti halnya carbon, terlebih bobotnya jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan alumunium maupun stainless. Lebih menarikanya lagi, knalpot titanium memiliki sifat pelepasan panas yang cepat jadi knalpot lebih cepat adem.

4. Carbon

Carbon

Penggunaan bahan carbon dapat memberikan performa lebih besar bila dibandingkan dengan beberapa bahan lainnya. Selain memiliki tampilan lebih mewah, knalpot berbahan carbon memiliki sifat menyerap suara sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih dan selain itu juga bobotnya sangat ringan

Tips Memilih Silencer Knalpot

Tips Memilih Silencer Knalpot

Jika anda ada niatan untuk mengganti knalpot standar dengan  knalpot racing, maka harus hati-hati dalam memilihnya. Agar tidak salah dalam memilih, alangkah baiknya simak tips dalam memilih muffler atau silencer. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika membeli knalpot racing terbaik.

  1. Pertama, pastikan bahan yang digunakan minimal stainless atau alumunium. Karena bahan tersebut memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan galvanis.
  2. Tetapi jika mengutamakan performa yang dihasilkan, maka anda pilih saja yang berbahan titanium atau carbon. Karena keduanya lebih bagus dari segi bobotnya dan sifatnya yang mampu meredam suara.
  3. Tips kedua, pastikan ukuran silencer. Karena panjang pendek akan mempengaruhi suara yang dihasilkan, apabila ingin memiliki knalpot dengan suara yang empuk maka pilih yang panjang.
  4. Tetapi jika anda mengutamakan suara yang keras, silahkan saja pilih yang pendek. Soal performa yang dihasilkan, silencer atau muffler panjang dan pendek sama saja.
  5. Selanjutnya cukup pilih knalpot racing yang bermerk, saat ini ada cukup banyak pabrikan silencer ternama seperti R9, RCB, Proliner dan lainnya. Dimana beberapa merk tersebut memang terbukti akan kualitasnya mulai dari suara, performa dan awet.
  6. Melihat dari itu semua, soal harga knalpot racing akan dibanderol dengan harga cukup bervariatif. Semua tergantung dari desain dan bahan yang digunakan serta panjang dan pendek muffler, jadi persiapkan saja budget-nya,

Seperti itulah pengertian silencer knalpot atau muffler mulai dari bahan yang digunakan, fungsi dan keunggulan yang bisa otoflik.com sampaikan kepada anda semua. Semoga saja informasi seperti diatas dapat membantu anda semua yang ada niatan untuk menggunakan knalpot racing.

Tags: , , ,