8 Ukuran Amplas Untuk Body Motor : Jenis, Halus & Kasar 2021

Ukuran Amplas Untuk Body Motor – Melakukan pengecatan body motor full menjadi solusi paling banyak di pilih sebagian besar orang. Dengan dilakukannya body repaint akan menjadikan tampilan motor bisa kembali begitu menarik. Apalagi ketika proses pengecatan yang dilakukan benar-benar sempurna.

Namun untuk menghasilkan kesempurnaan body repaint sempurna tanpa cacat, dibutuhkanlah pengerjaan begitu sabar. Tidak heran jika biaya pengecatan body motor full memakan budget begitu besar. Untuk satu motor full saja bisa memakan budget sekitar 1 juta sampai 4 juta rupiah.

Semakin bagus kualitas cat motor digunakan, tentu saja semakin mahal pula budget harus kalian keluarkan. Belum lagi jenis motor, tingkat kerumitan, hingga prosesnya yang sangat detail. Proses pengecatan body motor sendiri membutuhkan waktu berjam-jam. Sebab proses cat body motor ada beberapa tahapan.

Mulai dari pemasangan dempul jika diperlukan, pengamplasan, hingga pemasangan cat dasars erta cat utama. Namun tahukah kalian bahwa selama proses tersebut berlangsung, pengecatan bisa dibilang memakan waktu paling sebentar. Namun justru proses pengamplasan lah yang memakan waktu begitu lama.

Ukuran Amplas Untuk Body Motor Beserta Jenisnya

Hal tersebut karena untuk dapat menghasilkan cat tanpa adanya bekas baret dibutuhkanlah teknik serta cara mengamplas yang benar. Oleh karena itu, keberadaan amplas untuk body motor sangatlah penting. Maka dari itu, ketika ingin melakukan body repaint, kalian harus paham ukuran amplas untuk body motor.

Jenis Amplas Untuk Body Motor

Kenapa kita harus paham dengan ukuran amplas untuk body motor? karena amplas di sini akan membantu ketika kita akan meratakan dempul serta membuat halus permukaan body motor sebelum dilapisi coating clear coat. Selain itu pemakaian amplas yang tepat pun akan menjadikan cat lama hilang.

Namun perlu diketahui bahwa selain membutuhkan ukuran amplas untuk body motor paling pas dan tepat. Mengetahui jenis amplas paling tepat serta cocok untuk body motor pun akan memungkinkan kalian bisa mendapatkan hasil akhir memuaskan.

READ  8 Perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy 2021

Jadi sebelum membahas ukuran amplas halus serta kasar untuk body motor. Ini adalah jenis amplas paling cocok dan paling otoflik.com rekomendasikan untuk kalian pakai.

1. Silicon Carbide

Jenis Amplas Silicon Carbide

Jenis amplas paling baik untuk digunakan dalam proses pengecatan body motor adalah jenis amplas SILICON CARBIDE yang memiliki sifat Waterproof. Atau jenis ini juga sering disebut amplas Duco. Sesuai dengan namanya jenis amplas ini memiliki kemampuan tahan air serta bisa di aplikasikan ke body motor dalam kondisi basah.

2. Amplas Berbahan Kertas Latex

Jenis Amplas Kertas Latex

Selain jenis tersebut, rekomendasi paling pas lainnya untuk di aplikasikan ke body motor saat akan proses pengecatan ulang body motor yakni jenis amplas dengan bahan dasar KERTAS LATEX. Kenapa? Karena amplas tipe ini punya kemampuan tahan air lebih baik serta punya tekstur lebih lentur.

Ukuran Amplas Untuk Body Motor

Nah setelah mengetahui apa saja jenis amplas paling tepat dan cocok untuk membuat body motor yang akan di cat ulang bisa terlihat mengkilap, halus dan sempurna seperti di atas kami sampaikan. Berikut adalah beberapa ukuran amplas body motor  paling kami rekomendasikan. Baik untuk amplas halus ataupun kasar.

1. Grid 80 & 120

Grid 80 120

Ukuran amplas untuk body motor yang perlu kalian gunakan ketika ingin melakukan cat ulang yakni ukuran Grid 80 – 120. Dimana ukuran Grid 80 sendiri merupakan ukuran paling kasar dibandingkan 120. Jadi pemakaiannya sangat disarankan ketika baru pertama kali kalian akan melakukan pengecatan.

Atau lebih tepatnya ketika kalian ingin membersihkan karat dari body motor. Dan ukuran sering dipakai yakni Grid 80. Sedangkan ukuran Grid 120 kami sarankan untuk meratakan dempul agar hasil lebih terasa halus. Namun pemakaiannya pun apabila kondisi dempul dalam keadaan tebal ataupun tidak merata atau bergelombang.

2. Grid 240 & 400

Grid 240 400

Ukuran amplas untuk body motor berikutnya dapat kalian gunakan yakni ukuran grid 240 dan 400. Dua ukuran ini lebih halus bila di bandingkan dua ukuran di atas yang notabennya punya permukaan kasar. Adapun penggunaannya lebih cocok untuk proses penghalusan permukaan dempul ketika sudah di amplas memakai ukuran 120.

READ  5 Tempat Kredit Mobil Syariah Paling Aman & Terpercaya 2021

Dengan memakai ukuran 240, otomatis bekas baret dan bintik hasil sisa amplas 120 akan tetap terlihat. Dan itu akan membuat hasil cat ulang body motor tidak maksimal. Sementara ukuran 400 hanya disarankan apabila ukuran 240 tidak atau sulit ditemukan di daerah kalian. Hal ini karena dua ukuran amplas ini tidak memiliki tingkat kehalusan / kekasaran yang jauh.

3. Grid 360 & 400

Grid 360 400

Setelah proses pengamplasan 240 selesai, maka proses penerapan epoxy sebagai cat dasar. Namun ada baiknya sebelum melapisi body motor menggunakan epoxy ada baiknya gunakan amplas ukuran 360 atau 400 untuk membuat lapisan dempul benar-benar begitu halus.

Sehingga nantinya akan dapat membuat tahap awal pengecatan pun dapat menghasilkan kualitas yang bagus dan maksimal. Namun kami sarankan untuk menggunakan ukuran amplas 400 ketika memang masih ada bekas goresan atau baret tersisa saat mengamplas menggunakan 240, kemudian lanjutkan dengan amplas 360.

4. Grid 1500 & 2000

Grid 1500 2000

Dan ukuran amplas body motor yang paling halus dan paling digunakan di tahap akhir yakni ukuran 1.500 dan 2.000. Dua ukuran ini biasanya digunakan untuk mengamplas lapisan cat dasar atau epoxy yang telah kering, biasanya memanfaatkan ukuran 1500.

Sementara untuk ukuran 2.000 kami sarankan ketika kalian sudah melakukan clear coat atau sebelum masuk ke tahap pemolesan. Selain untuk body motor, ketika ingin melakukan proses poles body mobil, kalian juga bisa menggunakan ukuran amplas ini agar hasil lebih maksimal.

Akhir Kata

Kami rasa sekian dulu informasi terkait jenis serta ukuran amplas untuk body motor ketika ingin melakukan pengecatan ulang atau body repaint. Semoga apa yang telah otoflik rangkum dan jelaskan di atas bisa menjadi referensi serta bisa menjadi gambaran ketika ingin melakukan cat ulang body motor kalian.

Tags: , ,