Biaya Ganti Plat Motor 2020 : Syarat & Cara Mengurusnya

Biaya Ganti Plat Motor – Cukup banyak hal yang harus selalu kita perhatikan ketika memiliki sebuah kendaraan bermotor. Bukan hanya soal perawatan saja, namun dokumen atau surat-surat kendaraan pun harus terus di perhatikan. Termsuk juga STNK dan plat nomor yang memiliki masa berlaku 5 tahunan.

Jika masa berlaku tersebut sudah habis. Maka sebagai pemilik kendaraan bermotor wajib untuk memperbaharui atau memperpanjang masa berlakunya. Apabila tidak, maka sekarang ini konsekuensinya bisa dibilang cukup berat, yaitu penghapusan data oleh pihak kepolisian. Jika hal tersebut terjadi, maka motor yang anda gunakan tidak bisa dioperasionalkan.

Maka dari itu, sebagai pengguna motor atau mobil yang baik. Usahakan untuk terus mengganti plat nomor motor yang biasaya di lakukan 5 tahun sekali secara rutin. Dalam tahapan penggantian plat nomor motor ini, prosedur pelaksanannya bisa dibilang mudah. Bakan anda juga bisa mengganti plat nomor tersebut dengan plat nomor cantik.

Hanya saja anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih karena tarif plat nomor cantik ini bisa dibilang cukup mahal bila di bandingkan dengan biaya ganti plat motor biasa. Adapun untuk ganti plat motor ada beberapa syarat dan juga cara yang harus anda pahami. Salah satunya adalah cek fisik, yaitu pengecekan nomor mesin dan juga nomor rangka motor.

Syarat, Cara & Biaya Ganti Plat Motor Terbaru

Syarat Cara Biaya Ganti Plat Motor

Dengan kata lain ketika waktu ganti plat motor datang yang kita tahu berlaku selam 5 tahun. Maka untuk bisa memperbaharui plat motor tersebut, kita harus membawa motor untuk dilakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin. Dan berikut otoflik.com coba bagikan tentang info syarat, cara, dan juga biaya ganti plat motor terbarunya.

Syarat Ganti Plat Motor

Syarat Ganti Plat Motor

Seperti kami sampaikan pada point diatas. Untuk bisa melakukan proses penggantian plat motor yang dilakukan 5 tahun sekali. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses pelaksananya di terima oleh pihak kepolisian. Lalu apa saja syarat ganti plat motor 5 tahunan?

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi. Nama pada KTP harus sama dengan nama yang tertulis pada STNK
  3. Surat kuasa apabila proses penggantian plat motor di kantor samsat diwakilkan oleh orang lain
  4. Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) aslii dan fotokopi
  5. Motor yang akan diganti plat nomornya, untuk di lakukan cek fisik
  6. Kondisi motor harus lengkap sesuai dengan peraturan lalu lintas
READ  23 Motor Kopling Murah Terbaik Harga 20 Jutaan 2020

Itulah beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa melakukan penggantian plat nomor. Jika anda tidak memiliki waktu karena kesibukan atau urusan lain. Anda bisa mewakilkan kepada orang lain untuk mengurusnya. Namun sesuai dengan syarat ganti plat motor diatas, anda harus membuat surat kuasa sebagai bukti sah.

Cara Mengganti Plat Motor

Prosedur Cara Ganti Plat Motor

Apabila seluruh persyaratan diatas sudah anda penuhi. Langkah yang selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mulai mendatangi loket cek fisik motor di kantor Samsa dan melakukan pendaftaran untuk ganti plat motor 5 tahunan. Untuk lebih jelasnya berikut prosesdur cara ganti plat motor terbarunya.

1. Pendaftaran

Langkah pertama untuk melakukan proses ganti plat motor 5 tahunan adalah mendatangi kantor samsat di daerah anda dan lakukan pendaftaran di loket cek fisik motor. Biasanya saat anda melakukan pendaftaran anda akan diminta untuk menyerahkan dokumen seperti STNK dan BPKB motor. Jika sudah melakukan pendaftaran tunggu nomor anteran anda dipanggil.

2. Cek Fisik Motor

Setelah nomor antrean anda dipanggil, silahkan bawa motor yang akan anda ganti platnya ke lokasi pengecekan fisik motor (biasanya ada di parkiran Samsat). Sebelum anda masuk pada tahapan ini, usahakan kondisi motor lengkap seperti adanya spion motor dan juga menggunakan ban motor atau knalpot motor standar.

Pada tahpan pengecekan fisik motor, biasanya petugas akan meminta bantuan anda untuk melakukan pengecekan nomor rangka motor dan juga nomor mesin motor. Namun untuk proses gesek nomor mesin motor dan juga rangka motor akan dilakukan oleh petugas dengan menggunakan kertas gesek yang anda dapatkan saat proses pendaftaran.

  • Lama Proses : Sekitar 10 – 30 meit tergantung dari antrean yang ada
  • Biaya : Gratis

3. Legalisir dan Isi Formulir

Apabila proses cek fisik motor diatas sudah selesai, hal selanjutnya yang harus dialkukan adalah menyerahkan hasil cek fisik beserta dokumen ke bagian legalisir. Dan disini anda akan diminta untuk mengisi formulir yang sudah disediakan oleh petugas.

Silahkan anda isi semua data yang di minta pada formulir tersebut dengan benar serta pastikan pula data yang anda masukan benar-benar sesuai. Hal ini untuk meminimalisir terjadina ketidakcocokan data pada saat proses verifikasi.

READ  90 Mobil Termurah di Indonesia di Bawah 80 Juta Terbaru 2020

4. Pembayaran

Setelah semua dokumen diatas anda isi dan selesaikan. Silahkan bawa seluruh dokumen tersebut ke loket pembayaran. Jangan lupa pada tahapan ini anda juga harus mengambil nomor antrean lagi dan tentunya menyiapkan sejumlah uang untuk membayar biaya ganti plat motor.

Biasanya petugas akan memanggil nama yang tertulis pada STNK bukan nomor antrean yang anda ambil tadi. Pastikan tetap fokus dan juga jaga pendengaran untuk selalu mendengar setiap kali petugas menyebut nama. Silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan angka yang tercetak pada lembar pajak.

Nah pada tahapan proses pembayaran ini, anda akan mendapatkan dua buah lembar dokumen yang merupakan bukti pembayaran. Biasanya berwarna putih dan juga biru. Silahkan gunakan lembar putih untuk mengambil plat nomor baru dan lembar biru untuk mengambil STNK baru yang sudah memiliki masa berlaku hingga 5 tahun kedepan.

5. Pengambilan STNK

Silahkan lakukan pengambilan STNK dan  juga Plat nomor baru. Ditahapan ini anda perlu melakukan koreksi dengan menyesuaikan plat nomor baru tersebut sesuai dengan yang tertulis pada lembar STNK. Setelah semua anda pastikan benar. Maka proses ganti plat motor pun sudah selsai.

Biaya Ganti Plat Motor

Biaya Ganti Plat Motor

Bagaimana mudah bukan cara ganti plat motor 5 tahunan ini. Namun tentu masih ada pertanyaan di benak anda yang mungkin benar-benar ingin anda ketahui, yaitu seputar biaya ganti plat motor. Berapa kiranya biaya yang dibutuhkan? berikut rincian yang perlu anda ketahui.

Jenis DokumenTarif
STNK BaruRp 100.000
STNK Perpanjang/5 TahunanRp 100.000
Ganti Pelat Nomor/5 TahunRp 60.000
BPKB BaruRp 225.000
BPKB Ganti PemilikRp 225.000

Dengan melihat data diats, anda hanya perlu mengeluarkan biaya ganti plat motor sekitar Rp 160.000. Namun ada hal yang perlu di perhatikan, yaitu biaya tersebut belum termasuk iuran SWDKLLJ atau asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.

Bagaimana cukup mudah dan murah bukan ganti plat motor 5 tahunan ini? Semoga apa yang kami sampaikan diatas benar-benar bisa memberikan gambaran bagaimana mudahnya cara mengurus ganti plat motor. Dan pastinya juga mengetahui biaya mengganti plat motor yang harus anda keluarkan.

Tags: ,