8 Cara Cek Plat Nomor Jateng 2020 : SMS, Website, dan Aplikasi

Cek Plat Nomor Jateng – Memiliki kendaraan bermotor memang sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa di elakan lagi di jaman sekarang ini. Pasalnya baik itu mobil atuapun sepeda motor akan dapat membantu kita sebagai pemilik untuk bisa melakukan perjalanan dengan mudah.

Bicara mengenai hal tersebut, tentunya kita sudah sepakat bahwa kendaraan bermotor pasti memiliki surat atau dokumen kelengkapan seperti STNK, BPKB atau piranti pendukung kelengkapan lain seperti plat nomor. Yang dimana ketiganya merupakan identitas atau tanda resmi yang di miliki oleh kendaraan tersebut.

Dari ketiga piranti tersebut dua diantaranya merupakan identitas yang harus dibawa dan harus melekat pada kendaraan baik motor atau mobil. Yaitu STNK dan Plat Nomor. Jika salah satunya tidak kalian lengkapi ketika melewati jalanan kota, hal ini biasanya akan membuat kalian terkena tilang karena melakukan pelanggaran tata tertik lalu lintas.

Tidak hanya sampai disitu, plat nomor juga bisa difungsikan sebagai penanda masa berlaku pajak kendaraan serta untuk mengetahui nama serta pemilik. Namun untuk mengetahui identitas tersebut, kalian harus mengetahui cara cek plat nomor tersebut. Jika tidak maka identitas pun tersebut pun tidak akan pernah bisa kalian temukan.

Cek Plat Nomor Jateng Lewat SMS, Online, dan Aplikasi

Cara Cek Plat Nomor Jateng Via SMS Website Aplikasi Online

Metode pengecekan plat nomor bisa dibilang hampir serupa untuk beberapa wilayah seperti cek plat nomor Jakarta ataupu cek plat nomor Jateng. Dimana pengecekan tersebut bisa dilakukan dengan metode online ataupun offline. Dan berikut adalah panduan lengkap tentang cara cek plat nomor kendaraan untuk wilayah Jateng.

READ  2 Cara Blokir STNK Motor & Mobil Yang Sudah Dijual Secara Online 2020

1. Lewat SMS (Berbayar)

Lewat SMS Berbayar

Cara pertama untuk bisa kalian gunakan agar mengetahui identitas sebuah kendaraan di wilayah Jawa Tengah yaitu dengan memanfaatkan layanan SMS. Dimana cek plat nomor Jateng via SMS ini bisa dibilang merupakan cara paling mudah, karena hanya perlu memasukan format SMS JATENG [spasi] Plat Nomor lalu kirim ke 9600.

Sebagai contoh adalah JATENG H5555GS lalu kirim SMS tersebut ke nomor 9600. Setelah pesan terkirim, beberapa saat kemudian akan ada SMS balasan mengenai jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak harus dibayar, hingga masa berlaku plat nomor.

PENTING!!!
Perlu di ingat bahwa metode ini mengharuskan kalian memiliki pulsa karena tarif standar SMS akan dikenakan atau dibebankan sesuai dengan jenis provider kalian.

2. Lewat Website Resmi (Online)

Lewat Website Resmi Online

Selain metode via SMS diatas, cek plat nomor Jateng juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs resmi bppd_jateng. Disini nantinya kalian bisa melakukan pengecekan dengan cara memasukan kode huruf depan palat nomor, nomor polisi terdaftar, dan kode plat nomor belakang pada form yang telah disediakan.

Untuk melakukan metode ini silahkan buka situs resmi e-samsat Jawa Tengah. Setelaitu silahkan masukan plat nomor kendaraan secara benar lalu tekan Kirim. Secara otomatis situs tersebut akan menampilkan detail info yang kalian inginkan mulai dari nama pemilik, alamat pemilik, masa berlaku plat nomor dan jumlah pajak harus dibayarkan.

3. Lewat Aplikasi

Cek Plat Nomor Jateng Lewat Aplikasi

Kemudian cara cek plat nomor kendaraan online untuk wilayah Jateng  (Tengah Tengah) juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan smartphone android. Caranya kalian perlu mendownload dan menginstal aplikasi bernama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG.

Setelah berhasil terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut kemudian pilih menu Infomrasi Kendaraan Bermotor lalu masukan plat nomor secara lengkap dan klik cari nopol. Otomatis nanti aplikasi akan menampilkan detail informasi terkait motor atau mobil tersebut.

READ  7 Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim 2020 : SMS, Online & Aplikasi

4. Langsung di Kantor Samsat

Langsung di Kantor Samsat

Kemudian cara terkahir bisa kalian lakukan untuk cek plat nomor Jateng yaitu langsung mengujungi kantor SAMSAT setempat dimana kendaraan tersebut terfdaftar. Hanya saja cara ini bisa dibilang cara tradisional dan juga cara paling ribet.

Pasalnya ketika ingin melakukan pengecekan, diharuskan untuk membawa beberapa persyaratan seperti :

  • KTP asli serta satu lembar fotokopi KTP.
  • BPKB asli serta satu fotokopi BPKB lembar pertama.
  • STNK asli serta fotokopi STNK masih berlaku.
  • Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir.

Jika sudah menyiapkan beberapa syarat cek plat nomor Jateng via kantor SAMSAT diatas. Silahkan lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Kunjungi kantor SAMSAT Jateng setempat.
  2. Ambil formulir pembayaran pajak.
  3. Isi formulir secara lengkap sesuai kendaraan kalian.
  4. Serahkan formulir dan dokumen persyaratan tersebut ke loket pengecekan.
  5. Tunggu hingga nama tercantum di STNK dipanggil petugas.
  6. Sampai disini jangan lupa konfirmasi mengenai data yang tercantum apakah sudah sama.
  7. Pastikan semua data yang tertera di STNK sudah sesaui.

Dari beberapa metode diatas, memang semuanya bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Akan tetapi jika tidak ingin repot mengurus berkas persyaratan. Saran otoflik lakukan cek plat nomor Jateng menggunakan tiga cara awal diatas, yaitu via SMS, via website resmi bppd_jateng, dan via aplikasi.

Tags: ,