√ Biaya Ketok Magic 2020 : Cara Menghitung & Waktu Pengerjaan

Biaya Ketok Magic – Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan bengkel ketok magic bukan? bengkel yang khusus melayani perbaikan bodi mobil memang menjadi alternatif bagi para pemilik mobil untuk memperbaiki bodi yang penyok. Tidak hanya proses pengerjaan yang cepat saja, untuk harga perbaikan di ketok magic terbilang sangat terjangkau.

Bengkel ketok magic memang dikenal dengan pengerjaannya secara tertutup, hal ini sering diperbincangkan oleh banyak pelanggan dan bahkan ada beberapa orang yang mengaitkan dengan unsur magic atau ghaib. Jika anda beranggapan seperti tersebut ternyata salah besar, pasalnya pengerjaan di bengkel ketok magic dilakukan secara manual yakni di ketok saja.

Adapun cukup banyak alasan kenapa setiap pemilik mobil lebih suka menggunakan ketok magic, biasanya dikarenakan tingkat kerusakan yang ringan seperti pintu mobil penyok maka cukup masukan saja ke bengkel ketok magic. Namun berbeda jika kerusakan sangat parah, maka sangat wajib untuk dibawa ke bengkel repair karena peralatan yang digunakan lebih lengkap.

Sedangkan untuk soal biaya ketok magic, otoflik.com telah sampaikan kepada anda semua memiliki biaya yang lebih terjangkau. Namun itu semua tergantung dari pengerjaan, apabila dilakukan cat ulang maka terdapat biaya ganti warna mobil baik itu full bodi maupun beberapa bagian saja. Untuk anda yang penasaran mengenai biayanya, silahkan simak seperti berikut.

Biaya Ketok Magic Beserta Cara Menghitung Biaya dan Waktu Pengerjaan

Biaya Ketok Magic Beserta Cara Menghitung Biaya dan Waktu Pengerjaan

Meskipun pada umumnya banyak orang yang lebih suka menggunakan jasa ketok magic, namun ada juga orang yang lebih memilih menggunakan jasa bengkel repair. Lantas apa saja si perbedaan antara keduanya? Jika anda penasaran dengan semuanya langsung saja lihat penjelasan lebih detail sebagai berikut.

Apa Itu Ketok Magic

Apa Itu Ketok Magic

Dari sekian banyak pengguna mobil tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu bengkel khusus untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok atau sejenisnya yaitu bengkel Ketok Magic. Dari sekian banyaknya pemilik mobil jika mengalami kerusakan pada bodi mobil lebih memilih untuk di ketok magic, karena dengan cara ini dinilai lebih murah bila dibandingkan dengan bengkel repair.

READ  5 Tempat Kredit Mobil Syariah Paling Aman & Terpercaya 2020

Lalu apa si sebenarnya Ketok Magic? Dari sekian banyak orang masih banyak yang belum paham betul dengan bengkel yang satu ini. Bagi anda semua yang pensaran, kami akan jelaskan pengertian dari ketok magic. Ketok magic adalah salah satu bengkel khusus memperbaiki bodi mobil baik itu yang berbahan plat mauapun fiberglass. Nama ketok magic berasal dari Kenteng Teter yang artinya kenteng itu ketok dan teter adalah peralatan yang berbentuk lempengan besi.

Biaya Ketok Magic

Biaya Ketok Magic

Disetiap bodi mobil terdapat beberapa bagian yang ada, dimana terdapat beberapa bagian yang menggunakan bahan berbeda-beda. Contoh saja untuk bagian bumper pada umumnya menggunakan bahan fiberglass, sedangkan untuk bodi lainya berbahan besi/plat. Sedangkan soal biaya yang dikenakan, pada umumnya bengkel ketok magic atau bengkel repair mematok harga yang berbeda-beda.

Untuk kerusakan pada bodi mobil yang berbahan besi atau plat, setiap pemilik bengkel ketok magic akan mematok harga kisaran Rp. 400.000 sampai Rp. 600.000 per panel atau bagian. Sedangkan yang berbahan fiberglass dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000. Biaya tersebut sudah berikut biaya pengecatan pada bagian yang rusak, tetapi itu tergantung dari jenis cat yang digunakan.

Selain menerima perbaikan yang dihitung per panel, beberapa bengkel juga menerima perbaikan full bodi atau perbaikan total. Hanya saja untuk perbaikan keseluruhan bodi mobil dikenakan biaya yang lumayan mahal antara 20 juta sampai 25 juta rupiah dan itu tergantung dari jenis mobilnya apa. Hal tersebut biasanya tergantung tingkat kerusakannya parah atau tidak.

Cara Menghitung Biaya Ketok Magic

Cara Menghitung Biaya Ketok Magic

Setelah mengetahui besaran biaya yang dikenakan jika mobil anda mengalami kerusakana pada bodi mobil, tentunya dapat memperhitungkan besaran biaya sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada mobil anda. Nah, berikut ini kami akan informasikan cara menghitung biaya perbaikan bodi mobil di bengkel ketok magic.

Ketika anda masih ragu atau bingung soal biaya yang dikenakan untuk memperbaiki bodi mobil. Maka perhitungannya seperti ini “Jumlah kerusakan x biaya per kerusakan = Total biaya perbaikan yang dikenakan”.

Contoh : 3 (panel kerusakan) x Rp. 400.000 (Biaya untuk ketok magic) = Rp. 1.200.000

READ  6 Penyebab Kopling Bergetar Ketika Diinjak dan Dilepas

Biaya tersebut sudah termasuk biaya pengecatan pada bagian bodi yang rusak, namun untuk penggunaan cat dengan kualitas standar. Apabila ingin menggunakan cat yang berkualitas lebih bagus maka akan dikenakan biaya tambahan lagi sesuai dengan harga cat itu sendiri.

Waktu Pengerjaan Ketok Magic

Waktu Pengerjaan Ketok Magic

Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri, setiap panel atau bagian yang rusak dilepas terlebih dahulu, hal ini untuk memudahkan pekerja dalam memperbaiki kerusakan pada bagian mobil itu. Jadi, jika ada pertanyaa berapa lama waktu pengerjaan di bengkel ketok magic. Jawabanya tergantung dari tingkat kerusakannya, apabila hanya penyok-penyok saja maka waktu pengerjaan kurang dari sehari sudah jadi.

Namun berbeda jika kerusakan sampai merusak cat ataupun cat klotok maka waktu pengerjaan akan lebih lama antara 1 sampai 2 hari dengan tingkat kerusakan ringan. Sedangkan tingkat kerusakan lebih parah maka proses pengerjaan hingga 1 mingguan lebih dan bahkan sampai 2 minggu. Dan itu kembali lagi dari kapan mobil dikerjakan apakah langsung atau nunggu giliran.

Perbedaan Ketok Magic dan Bengkel Repair

Perbedaan Ketok Magic dan Bengkel Repair

Meski memiliki pebedaan nama antara bengkel repair dan ketok magic, namun keduanya sama-sama memperbaiki bodi mobil. Hanya saja cara memperbaikinya saja yang berbeda-beda dan waktu pengerjaan juga berbeda. Nah berikut ini beberapa perbedaan antara keduanya seperti dibawah ini.

Jika bengkel repair menggunakan peralatan yang lebih lengkap mulai dari alat las yang mana berfungsi untuk memanaskan pada bagian bodi yang akan dibentuk seperti semula. Lalu proses pengerjaanya juga lebih cepat, terlebih dalam proses pengecatan sudah menggunakan oven agar cat cepat kering.

Sedangkan untuk ketok magic hanya menggunakan peralatan seperti palu dan lempengan-lempengan besi tipis dengan bentuk yang berbeda-beda. Cara kerjanya sendiri cuku simpel, pada bagian bodi yang penyok cukup di ketok dengan palu. Lalu untuk proses pengerjaan cukup lama apabila melakukan cat ulang, karena tidak menggunakan oven dalam proses pengeringan cat.

Nah itulah pembahasan mengenai biaya ketok magic yang dilengkapi dengan cara menghitung biaya perbaikan bodi mobil beserta perbedaan antara bengkel repair dan ketok magic yang bisa Otoflik.com sampaikan. Semoga saja informasi seperti diatas bisa membantu anda semua yang bingung dan belum paham mengenai ketok magic.

 

Tags: , , , ,