Biaya Press Velg Motor & Untung Rugi Pakai Velg Press!

Biaya Press Velg Motor – Pemakaian motor sebagai alat transportasi harian memang sangat di andalkan oleh sebagian besar orang. Hal ini tentu saja karena motor dapat kita gunakan untuk menerjang kemacetan dengan mudah dan juga mudah untuk melewati berbagai macam medan jalan yang akan kita lewati.

Advertisements

Meski begitu, tentunya penyesuaian jenis ban pun akan sangat berpengaruh ketika kita melewati sebuah medan jalan. Karena tidak semua jenis ban diperuntukkan untuk bisa digunakan di semua medan. Oleh karena itulah, hampir semua pabrikan ban memiliki jenis dan tipe ban.

Penggunaan ban yang tidak sesuai bukan hanya akan membuat handing atau kenyamanan berkendara menggunakan motor semakin berkurang. Melainkan juga akan dapat membahayakan velg motor atau banyak orang menyebutnya dengan pelek motor. Paling parah, velg motor bisa saja penyok atau melengkung ketika melewati jalan tertentu.

Advertisements

Nah velg motor yang penyok sendiri tentunya akan membuat pengendalian motor akan semakin sulit. Namun jangan buru-buru kalian ganti, karena saat ini di hampir setiap wilayah di Indonesia ada bengkel press velg motor yang siap membuat velg motor kalian kembali seperti sedia kala.

Biaya Press Velg Motor Untung Rugi

Meski sudah banyak orang yang mengetahui akan hal tersebut, tak lantas membuat mereka langsung memperbaikinya karena mereka merasa takut akan biaya press velg motor yang mahal. Apabila kalian adalah salah satu dari mereka, mungkin penjelasan tentang biaya press velg motor di bawah ini akan menjadi informasi yang tepat kalian simak sampai akhir.

Apa Itu Press Velg Motor?

Sebelum kita bahas mengenai biaya press velg motor, mungkin disini masih ada flikermania yang belum mengetahui apa itu press velg motor. Jadi untuk membuat pemahaman kalian lebih luas, tidak ada salahnya kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan press velg motor.

Press velg motor adalah sebuah metode atau alternatif yang digunakan untuk membuat kondisi velg motor melengkung atau penyok dikembalikan seperti sediakala. Meski sekilas tampak terdengar mudah, akan tetapi proses yang dilakukan tidak semudah pengertian tersebut.

Hal ini karena dalam proses press velg motor sendiri ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dan hanya bisa dikerjakan oleh para ahlinya. Namun jika memang kalian ingin mencoba melakukannya sendiri, saat ini di online shop sudah ada banyak penjual yang menawarkan alat press velg motor, kalian bisa mencoba jika memang ingin melakukannya sendiri.

Penyebab Velg Motor Perlu di Press

Meski secara umum hampir semua pabrikan motor sudah menggunakan velg racing atau velg palang. Akan tetapi metode press velg motor sendiri bisa kita gunakan untuk memperbaiki jenis pelek lain yaitu velg motor jari-jari.

Hanya saja mungkin biaya press velg motor racing dan biaya press velg motor jari-jari akan berbeda dan tidak akan sama. Namun sebelum kita membahas masalah biaya yang harus dikeluarkan, berikut ini adalah beberapa penyebab utama yang bisa saja membuat velg motor perlu di press.

  1. Ban terbentur benda keras ketika melewati jalan.
  2. Terkena atau melewati lubang tak terlihat di jalan.
  3. Atau bisa jaga karena kecelakaan.
  4. Dan karena melewati jalan yang bergelombang.

Ciri-Ciri Velg Motor Harus di Press

Ciri Ciri Velg Motor Harus di Press

Advertisements

Dari penjelasan singkat di atas mungkin kalian bisa memahami bahwa velg motor yang penyok memang disebabkan karena banyak hal. Namun paling umum dan paling sering terjadi memang karena melewati jalan berlubang dan tanpa kita sadari velg pun akan terkena dampaknya.

Untuk melakukan press velg motor racing atau jari-jari sendiri sebenarnya cukup cepat bahkan dalam 1 hari pun bisa selesai pengerjaannya. Namun hal ini pun akan tergantung dari ramai atau tidaknya bengkel tempat kalian akan melakukan perbaikan.

Di sisi lain, selain kalian mengetahui apa saja penyebab velg motor penyok dan harus di press seperti di atas kami sampaikan. Sebagai pengguna motor yang memanfaatkan jenis kendaraan roda adua ini untuk berbagai macam aktivitas harian, kalian pun juga harus tahu apa saja ciri-ciri umum yang seringkali muncul ketika velg motor penyok berikut ini.

  1. Ciri pertama hampir sama seperti kondisi dimana bearing motor rusak, yaitu ketika motor digunakan ban akan terasa oblak. Namun hal ini justru akan lebih terasa ketika kalian goyangkan velg motor ketika kondisi motor berhenti.
  2. Kemudian saat kalian putar ban motor, bibir velg bergelombang akan begitu jelas terlihat.

Itulah beberapa ciri-ciri velg motor racing atau velg motor jari-jari ketika perlu di press. Bagaimana apakah sampai disini kalian sudah paham? Jika memang sudah, lantas berapa sih biaya press velg motor racing ataupun biaya press motor untuk pelek jari-jari?.

Biaya Press Velg Motor

Banyak orang yang mengira bahwa biaya press velg motor itu mahal, namun pada kenyataannya ternyata biaya press velg motor sendiri tidak semahal biaya turun mesin motor yang sampai menyentuh angka Rp 650 – Rp 1.5 juta rupiah.

Maka dari itu, sebelum kalian memutuskan untuk mengganti velg motor bengkok atau peyang, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan metode press velg. Karena pada kenyataannya biaya yang harus kalian keluarkan pun tergolong murah meriah.

Daripada penasaran, berikut ini adalah perkiraan detail dan rincian biaya press velg motor yang perlu untuk kalian pahami dan ketahui.

  • Press velg motor matic ring 14 di banderol mulai dari Rp 80.000.
  • Biaya press velg Yamaha Nmax & Honda PCX berkisar Rp 100.000.
  • Press velg motor sport ring 17 tapak sedang biaya sekitar Rp 85  – 90 ribu rupiah.
  • Biaya press velg motor sport ring 17 tapak lebar mencapai Rp 100 – 150 ribu rupiah.
  • Dan biaya harus dikeluarkan untuk press pelek motor jari-jari sekitar Rp 50.000 termasuk penyetelan velg.

Semua biaya di atas untuk per satu velg dan kemungkinan besar masih akan berubah sewaktu-waktu. Jangan sungkan kirim pesan ke kami melalui menu kontak untuk update biaya terbaru yah!

Untung Rugi Pakai Velg Press

Menggunakan velg motor press apakah aman atau berbahaya? Nah ini juga menjadi hal yang menarik untuk bisa kita bahas nih. Karena selain alasan biaya yang takut mahal, ternyata banyak pula pengguna motor yang merasa takut dan was-was menggunakan velg motor press.

Maka dari itu, berikut ini akan otoflik jelaskan juga apa saja untung dan rugi menggunakan velg motor press.

Keuntungan

  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah bila dibandingkan harus membeli sebuah velg motor baru yang mencapai Rp 300 – Rp 1 juta (tergantung merk dan model biasanya).
  • Proses perbaikan cukup cepat, bahkan jika beruntung lama perbaikan velg penyok dapat dilakukan hanya dalam waktu 1 jam paling cepat dan 1 hari paling lama (tergantung bengkel).

Kerugian

  • Kekuatan velg sudah tidak lagi seperti awal dan lebih rentan bengkok ketika terkena benturan keras.
  • Jika bengkel kurang teliti, bukan hanya akan membuat velg semakin lecet atau bengkok, parahnya lagi bahkan bisa membuat velg pecah.

Akhir Kata

Bagaimana apakah masih tetap ingin melakukan press velg motor setelah mengetahui untung rugi dan juga biaya press velg motor seperti yang sudah kami sampaikan di atas?. Semua tentu kembali pada kalian. Namun saran otoflik.com jika memang memiliki budget lebih lebih bagi belilah velg motor baru untuk mengganti velg penyok tersebut.

Advertisements

Tags: , , , , ,