√ 12 Jenis Ban Mobil Beserta Fungsi dan Bentuk Alur Terlengkap 2020

Jenis Ban Mobil – Berkendara dengan nyaman dan aman tentu saja bukan sekedar karena mobil yang dinaiki memiliki harga mahal atau merupakan mobil keluaran dari brand papan atas sekelas Lamborghini, Ferrari atau lainnya. Melainkan kenyamanan dan keamanan tersebut tertumpu pada beberapa komponen utama.

Salah satunya adalah ban atau roda. Bicara mengenai ini, tentu kita semua sepakat bahwa ban merupakan salah satu piranti yang cukup membantu kita dalam mengendarai sepeda motor atau mobil dengan begitu nyaman. Selain itu tentu saja karena desain ban atau roda juga sudah didesain membulat.

Menjadi salah satu komponen mobil yang memiliki perananan cukup vital, otomatis kondisi ban mobil harus dirawat dengan baik. Terutama untuk ban mobil yang memiliki bagian ban dalam. Otomatis kita harus terus memantau kondisi tekanan angin ban mobil agar ban dalam tidak mudah pecah atau meletus.

Nah, ban kendaraan pada mobil sendiri sebenarnya ada berbagai macam jenis yang umumnya sering diaplikasikan oleh banyak vendor atau perusahaan otomtoif. Seperti halnya ban mobil jenis Off-Road, Comfort, Bias, Radial, Tubeless dan lain sebagainya.

Jenis Ban Mobil dan Fungsinya Beserta Bentuk Alur

Jenis Ban Mobil Terlengkap

Tujuannya tentu untuk membuat performa mobil ketika berada medan jalan yang dilalui akan tetap nyaman. Oleh karena itu pemilihan jenis ban mobil pun tidak boleh asal-asalan. Untuk itulah, lewat artikel terbaru ini otoflik akan membagikan info terkait jenis dan macam ban mobil lengkap beserta bentuk alur ban dan fungsi dari tiap-tiap jenis ban pada mobil.

Jenis Ban Mobil

Seperti kami singgung diatas, jenis ban mobil setidaknya ada beberapa macam yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan jenis mobil yang kita miliki. Nah berikut ada beberapa tipe ban mobil yang umum digunakan oleh perusahaan otomotif dunia.

All Terrain / AT

Jenis dan Tipe Ban Mobil All Terrain

Pertama ada jenis ban Off-road bernama All Terrin atau sering disebut ban AT. Ban ini lebih difungsikan pada tipe mobil yang umum digunakan pada dua medan jalan baik on-road atau off-road. Seperti halnya mobil Jeep atau mobil 4WD ainnya.

Bahkan ban mobil jenis ini memiliki kelebihan tidak bising suara saat digunakan di medan on-road seperti medan aspal contohnya. Selain itu ketika di medan off-road ban jenis ini juga cukup tangguh.

READ  15 Harga Motor Mini Terbaik dan Terbaru Paling Aman 2020

Hanya saja jangan dipaksa untuk melewati medan jalan yang terlalu ekstrim. Mengingat ulir atau alur ban jenis AT ini akan mengalami kesulitan saat mencengkram medan. Umumnya ban ini digunakan pada mobil SUV.

Mud Terrain / MT (Off-Road)

Tipe Ban Mobil Mud Terrain

Jika menginginkan ban dengan peruntukan full medan off-road, maka pilihan paling tepat adalah ban mobil jenis Mud Terrain atau MT. Pasalnya dari tekstur alur atau ulirnya memang dibuat untuk medan ekstrik seperti lumpur, bebatuan, bahkan medan berair.

Sedikit berbeda dari jenis ban mobil All Terrain atau AT, alur pada ban Mud Terrain dibuat dengan bentuk yang lebih menonjol sehingga daya cengkram yang didapat lebih kuat terutama saat melintasi jalan berlumpur atau berair.

Jika ingin menemukan jenis ban yang satu ini, kalian bisa melihatkan pada beberapa jenis mobil offroad yang umum kita jumpai seperti Toyota Hardtop FJ400, Jeep Wrangler atau yang lainnya.

Highway Terrain / HT

Jenis Ban Highway Terrain

Selain dua tipe ban mobil tersebut, ada juga tipe atau jenis ban khusus mobil bernama Highway Terrain atau HT. Untuk tipe yang satu ini lebih diprioritaskan digunakan pada medan jalan on-road termasuk jalanan beraspal halus.

Tidak heran apabila jenis ban yang satu ini seringkali kita lihat pada beberapa tipe mobil yang ada dijalanan perkotaan seperti mobil City Car, Hatchback, MPV atau pun mobil sedan. Dan yang lebih menariknya lagi ban jenis ini juga seringkali kita jumpai di beberapa mobil balap.

Comfort

Tipe Ban Mobil Comfort

Kemudian jenis ban mobil yang selanjutnya adalah ban dengan tipe Comfort. Hampir sama seperti tipe Highway Terrain atau HT, ban ini juga lebih diperuntukan bagi mobil yang sering melewati jalanan beraspal seperti jalanan perkotaan.

Pasalnya ban dibuat dengan karet tebal dan celah alur yang lebih rapat yang membuat daya cengkram pada permukaan jalan lebih kuat. Kkelebihan utama dari ban ini lebih cenderung memiliki ketahanan panas yang lebih baik.

Karena alur atau ulir dari ban tipe Comfort akan mempercepat aliran udara yang melewati ban saat berada diatas permukaan medan jalan. Dengan begitu daya tahan pemakaiannya pun jauh lebih awet.

Performance

Jenis Ban Mobil Tipe Performance

Apabila jenis ban mobil Highway Terrain juga bisa digunakan untuk keperluan mobil balap (meski tidak sepenuhny). Ada juga jenis ban yang memang dikhususkan untuk membuat kendali mobil lebih stabil yaitu jenis Performance.

Kemampuannya yang cukup baik dan stabil saat berada di atas permukaan jalan menjadikannya lebih banyak digunakan untuk mobil-mobil balap. Hal ini karena ban Performance memiliki alur yang lebih sedikit.

READ  √ Lampu Motor Sering Putus ? 10 Penyebab & Cara Mengatasinya

Eco

Tipe Ban Mobil Eco

Selanjutnya ada jenis ban mobil bertipe Eco. Yang dimana tipe ban ini lebih di utamakan pada jenis mobil yang ingin memiliki tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Mengingat penggunaan ban yang salah juga akan membuat penggunaan bahan bakar yang lebih boros.

Dibuat dengan menggunakan lapisan silica, menjadikan tipe ban yang satu ini memiliki grip atau cengkraman yang begit kuat pada medan jalan. Hal ini karena lapisan silica dapat membuat rolling resistance yang lebih sedikit.

Jenis Ban Berdasarkan Ulir

Diatas merupakan beberapa jenis ban mobil yang umum digunakan pada mobil keluaran terbaru. Dan berikut ini adalah beberapa tipe ban mobil berdsarkan bentuk alur atau ulir ban yang mungkin perlu kalian ketahui.

Run Flat

Ban Mobil Jenis Run Flat atau RTF

Jenis yang pertama adalah Run Flat, dimana jenis ban yang satu ini memiliki kemampuan untuk membuat mobil bisa berjalan lebih aman dan satabil. Bahkan disaat ban kempis meskipun berada pada kecepatan tertentu.

Radial

Jenis Ban Radial Untuk Mobil

Lalu ada juga ban tipe Radial yang mungkin sering kita dengar. Namun tahukah kalian tentang ban tipe ini? Secara umum ban mobil Radial merupakan ban yang diproduksi dengan lapisan serat menyilang dibagian lingkar ban.

Dimana fungsi dari serat tersebut untuk menekan panas agar berada dibagian ban sebelah kanan dan kiri saja. Sehingga membuat ban tipe ini lebih diperuntukan bagi mobil-mobil penumpang.

Tubeless

Tipe Ban Mobil Jenis Tubeless

Kemudian ada juga ban mobil jenis Tubeless, mungkin sudah familiar dengan tipe ban ini karena ban ini juga sering kita jumpai pada motor. Ban tubeless sendiri merupakan ban yang didesain tanpa menggunakan ban dalam.

Bias

Ban Mobil Tipe Bias

Kemudian jenis ban mobil jika dilihat berdasarkan ulir atau alurnya adalah ban tipe Bias. Ban ini dibuat dengan dilengkapi dari beberapa lembar cord. Yang dimana lembaran cord tersebut digunakan untuk rangka ban yang nantinya panas ban akan disalurkan ke bagian tengah dan membuat ban tertekan ke sisi depan.

Bentuk Alur Ban Mobil

Lantas apa saja sih bentuk alur atau ulir pada ban mobil yang sering digunakan? Jika bicara mengenai hal tersebut, setidaknya sampai dengan saat ini ada 5 jenis alur ban yang umum digunakan. Kelima alur tersebut meliputi:

  • Alur Simetris
  • Alur Asimetris
  • Alur Searah
  • Semi Slick
  • Slick

Nah itulah kiranya informasi yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini seputar jenis ban mobil lengkap dengan fungsi dan juga bentuk alurnya. Semoga pembahasan diatas bisa menjadi referensi yang menarik untuk kalian simak.

Tags: , , ,