6 Bus Double Glass Terbaik : Pengertian, Kelebihan & Kekurangan

Bus Double Glass – Indonesia masih mengandalkan bus sebagai sarana transportasi umum bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Sebagai salah satu moda transportasi darat unggulan, sampai dengan detik ini bus masih terus mendapatkan pembaruan.

Hampir tiap tahun ada saja model bus terbaru yang cukup menarik perhatian para pecinta bus. Dan belakangan ini salah satu model bus yang tengah ramai di perbincangkan adalah model bus double glass atau kaca ganda yang bisa dibilang hampir mirip dengan model BUS DOUBLE DECKER.

Menariknya lagi, hal ini juga dibuktikan dengan banyak sekali karoseri ternama tanah air terus berlomba-lomba dalam merakit desain bus double glass terbaik versi mereka. Sebagai pengingat, popularitas bus double glass sendiri pertama kali diperkenalkan oleh karoseri Adiputro.

Dimana pertama kali karoseri Adiputro memperkenalkan model bus double glass ini pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2015 silam. Ketika memperkenalkan model ini Adiputro menggunakan Jetbus 2 dengan bodi SHD (Super High Deck).

Daftar Bus Double Glass Terbaik dan Kelebihan seta Kekurangan

Namun seiring perkembangan jaman, sampai dengan saat ini ada begitu banyak model bus kaca ganda yang digarap beberapa karoseri ternama ataupun PERUSAHAAN OTOBUS. Apa saja kiranya model bus double glass terbaik yang bisa kita temui sekarang?. Buat kalian yang penasaran berikut sudah otoflik rangkum beberapa di antaranya.

Apa Itu Bus Double Glass?

Apa Itu Bus Double Glass

Bus double glass adalah salah satu model bus yang memiliki dua kaca pada bagian depan. Keberadaan kaca tersebut hanya dipisahkan dengan menggunakan pilar horizontal yang biasanya disebut dengan bando/topi.

Dengan adanya kaca tersebut otomatis hal ini membuatnya sedikit berbeda dengan jenis atau model bus lainnya. Mengingat pada model bus umum hanya memakai dan menggunakan satu buah kaca dengan ukuran begitu besar.

Kelebihan Kekurangan Bus Double Glass

Kelebihan dan Kekurangan Bus Double Glass

Bicara mengenai demam bus double glass, tentu ada dari kalian yang bertanya-tanya apa sih sebenarnya kelebihan dan kekurangan jenis bus yang satu ini?. Jadi sebelum masuk ke daftar bus double glass terbaik di Indonesia, berikut ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kalian ketahui tentang bus double glass.

READ  20 Bus Termewah Indonesia & Dunia Rasa Hotel Bintang Lima 2021

Kelebihan

  • Secara konstruksi, jenis bus ini memiliki pengaturan / reinforcement pada bagian depan kendaraan. Dengan begitu terasa lebih rigid dan kuat saat terkena benturan.
  • Perbaikan kaca depan bila terjadi kerusakan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan jenis bus single glass.

Kekurangan

  • Tidak memiliki area pandang ke depan luas karena terhalang adanya pilar yang dipasang secara horizontal.

Daftar Bus Double Glass

Setelah mengetahui apa saja kiranya kelebihan dan kekurangan bus double glass seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah beberapa bus double glass terbaik di Indonesia garapan karoseri Adiputro, Laksana dan juga Tentrem.

1. Jetbus 3+ SHD (Super High Decker)

Jetbus 3 SHD Super High Decker

Salah satu model bus garapan karoseri Adiputro yang punya desain double glass terbaik adalah Jetbus 3+ SHD. Selain menawarkan tampilan desain yang begitu mewah, ternyata model ini juga memiliki banyak sekali fitur unggulan yang akan dapat memberi rasa nyaman dan aman dalam berkendara.

Meski bus double glass memiliki kelemahan pada bagian visibilitas pandangan ke depan, namun Jetbus 3+ diklaim tetap mempunyai jarak pandang maksimum. Selain itu kursi penumpang yang dibuat dengan ideal serta dimilikinya kapasitas kargo besar juga menjadi kelebihan utama dari Jetbus 3+ SHD.

2. Jetbus 3+ HDD (High Decker Double Glass)

Jetbus 3 HDD High Decker Double Glass

Selain model Jetbus 3+ SHD (Super High Decker), ternyata karoseri ternama asal Malang, Jawa Timur ini juga punya koleksi lain untuk model double glass. Dimana model tersebut yakni Jetbus 3+ HDD (High Decker Double Glass).

Secara keseluruhan model ini punya panjang 12 meter dengan kapasitas kursi serta ukuran bagasi yang ideal guna memenuhi kenyamanan pengguna dalam menempuh perjalanan jarak jauh. Punya desain elegan dinamis menjadikan pengalaman menggunakan bus ini tidak akan terlupakan.

3. Legacy SR2 HD Prime

Legacy SR2 HD Prime

Secara desain sebenarnya Legacy SR2 bukanlah bus dengan lantai super tinggi yang digarap oleh karoseri Laksana. Namun ketertarikan masyarakat dengan bus double glass ini lebih besar bila dibandingkan model Maxibus XHD yang sebelumnya dipamerkan dengan chassis MB 0500R 1836 milik Putera Mulya.

READ  18 Harga Bus Bekas Terbaru 2021 : Berkualitas & Termurah

Hal tersebut karena Legacy SR2 HD Prime datang dengan menawarkan tampilan desain begitu elegan. Desain topi/bando terlihat begitu atraktif, bahkan disandingkan pula dengan adanya tarikan garis pada kaca depan yang jauh lebih rebah. Hal ini membuat aerodinamika bodi bus Legacy SR2 HD Prime begitu bagus dalam memecah angin.

4. Legacy SR2 XHD Prime

Legacy SR2 XHD Prime

Masih dari karoseri Laksana, ternyata selain punya Legacy SR2 HD Prime. Ada juga model Legacy SR2 XHD Prime. Tidak jauh berbeda dengan jenis di atas, ternyata Legacy SR2 XHD Prime juga bukan termasuk dalam model bus double glass dengan lantai tinggi.

Bahkan model ini juga dibuat dengan gaya / desain yang hampir mirip dengan Legacy SR2 HD Prime. Dimana pada sisi depan sudah dipasang topi dengan desain begitu elegan serta kaca bagian atas dibuat lebih miring lengkap dengan adanya single wiper berukuran besar.

5. Avante H7

Avante H7

Selain punya model BUS SLEEPER SEAT dengan tampilan super keren dan gagah, ternyata karoseri Tentrem yang berasal dari Malang ini juga punya garapan model bus double glass terbaik. Model tersebut bernama Avante H7.

Menjadi pesaing Jetbus 2+ SHD, seluruh body Avante H7 pertama kali dibangung di atas chassis Scania K360iB oleh PO Harapan Jaya. Sama halnya dengan Legacy SR2 series, kaca bagian atas di bangun dengan desain lebih miring sehingga terasa lebih elegan.

6. Avante H9

Avante H9

Selain Avante H7, model bus kaca ganda yang cukup unggul dan bisa diandalkan untuk menjadi pilihan bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh adalah Avante H9. Model ini punya tampilan yang tidak kalah kerennya bila dibandingkan dengan Avante H7.

Secara garis besar tampilan bodynya tidak terlihat jauh dari H7. Akan tetapi dari segi fitur serta penataan ruang dalam sedikit berbeda. Bahkan topi / bando yang dibawanya pun punya kesan lebih elegan dan menarik. Tidak heran jika model ini juga cukup banyak dikagumi masyarakat.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya beberapa daftar bus double glass terbaik, terkenal dan ternama di tanah air. Sebenarnya masih ada cukup banyak lagi daftar bus kaca ganda lainnya. Namun otoflik.com rasa di atas adalah beberapa di antara koleksi terbaik yang patut untuk kalian ketahui.

Tags: ,