12 Cara Aktivasi Smart SIM e-Money di BRI, Mandiri & BNI 2021

Cara Aktivasi Smart SIM e-Money – Surat Izin Mengemudi atau SIM sudah menjadi bagian dari hal yang wajib untuk dimiliki setiap pengguna jalan raya. Selain sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap peraturan penggunaan jalan raya, SIM juga sekarang punya cukup banyak manfaat.

Advertisements

Mengingat sejak di hadirkannya smart SIM beberapa tahun lalu. Sampai sekarang SIM yang sudah bertajuk “Pintar” ini telah mendapatkan pengembangan cukup pesat pada teknologi chip elektronik yang di sematkan. Bagi yang mungkin belum mengenal teknologi tersebut.

Kami sangat merekomendasikan kalian untuk membaca penjelasan tentang APA ITU SMART SIM yang sebelumnya sudah pernah kami bahas. Dengan adanya teknologi chip elektronik pada bagian Smart SIM. Kini setiap pemilik SIM pintar dapat memanfaatkannya sebagai alat pembayaran.

Advertisements

Terutama untuk pembayaran pintu Tol, dengan begitu mengubah Smart SIM menjadi e-Money tentu membuat para pengguna jalan raya akan banyak diuntungkan. Bahkan dari penjelasan Korlantas Polri, selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran tol.

Syarat dan Cara Aktivasi Smart SIM Menjadi e Money

Smart SIM dengan teknologi chip tersebut juga bisa kalian andalkan untuk membayar denda tilang hingga membayar pembelanjaan di merchant-merchant sudah bekerjasama. Namun tentu saja agar bisa mendapatkan semua itu, maka harus melakukan aktivasi Smart SIM terlebih dahulu.

Lokasi Aktivasi Smart SIM e-Money

Lokasi Aktivasi Smart SIM e Money

Bicara mengenai aktivasi, seperti yang tertulis pada judul. Pada kesempatan kali ini akan otoflik.com rangkum serta bagikan panduan cara aktivasi smart SIM menjadi kartu eMoney.

Namun sebelum kita masuk ke topik pembahasan tersebut. Berikut adalah daftar lokasi sudah disediakan Korlantas Polri untuk aktivasi layanan Smart SIM menjadi e-Money.

  1. Bisa dilakukan di kantor BRI.
  2. Bisa dilakukan di kantor Bank BNI.
  3. Bisa dilakukan di kantor Mandiri.
READ  Alamat Sudin Dishub Jakarta Timur : No Telp dan Jam Buka

Sebagai informasi tambahan, bagi flikermania yang belum tahu. Smart SIM sendiri sudah ada sejak tahun 2019 lalu serta Korlantas Polri sudah menggandeng BNI sejak saat itu. Sementara BRI & Mandiri menjadi bagian baru dengan kesiapannya membantu proses aktivasi Smart SIM.

Apakah Wajib Mengaktifkan Smart SIM?

Apakah Wajib Mengaktifkan Smart SIM

Mungkin ada dari flikermania yang bertanya-tanya apakah sebagai pemegang SIM Pintar kita wajib melakukan aktivasi?. Nah jika memang kalian sempat punya pikiran tersebut, mari kita cari jawabannya bersama berikut ini.

Ketentuan cara aktivasi Smart SIM bukan merupakan peraturan wajib harus dilakukan. Maka dari itu proses aktivasi sendiri ditujukan bagi para pengguna Smart SIM yang menginginkannya mengingat fitur-fitur ditawarkan cukup banyak.

Namun bagaimana jika tidak melakukan aktivasi? Tentu saja kalian masih tetap bisa menggunakan SIM tersebut sebagaimana SIM pada umumnya. Namun jika tidak mengaktifkannya Smart SIM hanya berfungsi sebagai kartu identitas diri.

Advertisements

Cara Aktivasi Smart SIM Menjadi e-Money

Cara Aktivasi Smart SIM Menjadi e Money

Cara aktivasi Smart SIM menjadi e-Money hanya dapat dilakukan di 3 bank himbara sesuai apa yang kami kami sebutkan di atas yakni BNI, Mandiri dan BRI. Adapun syarat perlu dilengkapi saat melakukan aktivasi hanya perlu membawa kartu SIM Pintar dan juga kartu identitas seperti KTP.

Selain mudahnya syarat harus dilengkapi, kemudahan aktivasi Smart SIM juga membuat para pemilik atau pemegang kartu SIM Pintar lebih mudah bertransaksi. Lantas bagaimana sih cara aktivasi Smart SIM di bank BNI, Mandiri serta BRI?.

1. Datangi Kantor Bank

Cara pertama sama halnya seperti kebanyakan aktivitas perbankan lainnya, untuk dapat melakukan aktivasi Smart SIM, hal pertama yang harus dilakukan para pemilik smart SIM yakni mendatangi kantor bank BNI, Mandiri atau BRI terdekat dengan membawa SIM dan kartu identitas (KTP).

2. Ambil Nomor Antrian

Setelah itu, silahkan ambil nomor antrian untuk bertemu dengan customer service serta tunggu sampai nomor antrian kalian di pangggil.

READ  20 Cara Mengatasi Knalpot Bocor : Penyebab dan Bahanyanya

3. Temui Petugas CS Bank

Saat nomor antrian kalian dipanggil, segera temui petugas customer service serta sampaikan maksud serta tujuan kalian yakni, melakukan aktivasi layanan Smart SIM.

4. Aktivasi Diproses

Jika harus mengisi formulir, segera isi dengan data yang sesuai dan benar atar cara aktivasi ini bisa berjalan lancar. Bila sudah serahkan kembali formulir tersebut & proses aktivasi pun dilakukan oleh petugas. Tunggu aktivasi selesai dan Smart SIM pun siap digunakan.

Apakah Smart SIM Teraktivasi Dapat Langsung Dipakai?

Apakah Smart SIM Teraktivasi Dapat Langsung Dipakai

Menjawab pertanyaan tersebut, mengacu pada informasi resmi dari pihak Korlantas Polri. Ketika aktivasi Smart SIM telah berhasil dilakukan, para pengguna belum bisa langsung menggunakannya untuk bertransaksi.

Kenapa? Tentu saja karena Smart SIM tersebut masih belum memiliki saldo. Oleh karena itu setelah aktivasi SIM telah berhasil, maka kalian wajib melakukan pengisian saldo atau Top Up saldo terlebih dahulu. Nah untuk caranya, nanti akan otoflik buatakan tutorial lengkapnya.

Limit Saldo Smart SIM e-Money

Limit Saldo Smart SIM e Money

Mudahnya proses cara aktivasi Smart SIM e-Money bisa kita lakukan di bank BNI, BRI serta Mandiri memang menjadi keuntungan tersendiri. Namun selain itu, keuntungan besar lain yang didapat ketika proses aktivasi telah berhasil dilakukan yakni kalian akan mendapatkan limit saldo.

Pertanyaannya, berapa besaran limit saldo Smart SIM tersebut?. Setiap pemilik Smart SIM saat sudah melakukan aktivasi akan mendapatkan limit saldo maksimal sebesar Rp 2 juta rupiah. Dengan limit tersebut, bayar tol, denda tilang serta belanjaan di merchant bisa dilakukan dengan muda.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya prosedur, syarat, limit, keuntungan serta cara aktivasi Smart SIM e-Money yang dapat otoflik.com sampaikan dan jelaskan. Pastikan ketika ingin melakukan aktivasi Smart SIM, siapkan KTP & juga datangi salah satu dari 3 kantor bank bekerjasama dengan Korlantas Polri yakni BNI, Mandiri dan BRI.

Advertisements

Tags: , , ,