5 Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor Bagi Pemula

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor – Kemampuan mengendarai sepeda motor dengan baik dan benar akan sangat berpengaruh pada keamanan saat berada di jalanan. Nah agar dapat mengendalikan motor secara benar, hal pertama harus di perhatikan adalah keseimbangan.

Advertisements

Dengan kita bisa menjaga keseimbangan motor secara baik dan benar, otomatis perjalanan pun akan terasa lebih aman. Jadi buat para pemula yang saat ini sedang belajar naik motor. Maka panduan cara belajar keseimbangan naik motor ini dapat menjadi panduan.

Seperti yang kita ketahui bersama, sampai dengan saat ini sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan paling banyak dipilih masyarakat. Selain mudah di kendarai, ukuran yang ramping serta bisa membelah kemacetan dengan mudah menjadi alasan utamanya.

Advertisements

Dengan semua hal tersebut, setidaknya akan membuat mobilitas kendaraan bermotor roda dua akan sangat cocok dipakai di semua medan jalan. Nah bicara mengenai cara belajar keseimbangan naik motor, seperti di awal kami sampaikan, ini menjadi salah satu hal utama untuk dikuasai.

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor Bagi Pemula dengan Cepat

Bagi pemula yang sudah memiliki basic bisa mengendarai sepeda, akan semakin mudah dan cepat belajar keseimbangan naik motor. Tapi bagi yang tidak bisa naik sepeda harus lebih ekstra dalam berlatih keseimbangan naik motor. Berikut otoflik buatkan tips belajar keseimbangan naik motor.

Efek Tidak Bisa Menjaga Keseimbangan Motor

Ada banyak hal mungkin saja terjadi ketika tidak dapat menjaga keseimbangan motor. Selain akan dapat membahayakan diri sendiri, ternyata efek buruk kehilangan keseimbangan sepeda motor pun akan berdampak buruk bagi pengendara motor lain.

Terlebih lagi ketika kondisi kehilangan keseimbangan saat naik motor terjadi saat kalian melaju dengan kecepatan tinggi. Salah satu akibat paling parah yang bisa saja terjadi adalah kecelakaan yang dapat merenggut nyawa. Maka dari itu pastikan kalian harus mampu menjaga keseimbangan.

Penyebab Kehilangan Keseimbangan Motor

Seperti kami singgung di atas, kehilangan keseimbangan saat mengendarai motor akan sangat berbahaya. Hilangnya kemampuan untuk menyeimbangkan motor sendiri dapat dipengaruhi beberapa faktor, berikut adalah beberapa di antaranya.

Advertisements

  1. Melaju dengan kecepatan tinggi merupakan hal paling sering membuat pengendara mudah kehilangan keseimbangan.
  2. Tidak hafal dan tidak mengetahui kondisi jalan dilalui.
  3. Berkendara dengan kondisi tidak fit.
  4. Hilangnya konsentrasi saat berkendara.

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Dari beberapa penjelasan di atas, setidaknya bisa kita ambil kesimpulan bahwa keseimbangan naik motor menjadi salah satu hal paling penting. Oleh karena itu, buat pemula yang sedang belajar naik motor. Maka berikut ini adalah cara belajar keseimbangan naik motor harus kalian pahami.

1. Belajar Menjaga Kecepatan

Sudah begitu jelas, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi menjadi penyebab mudahnya keseimbangan hilang yang bisa menjadi faktor utama kecelakaan terjadi. Oleh karena itu, salah satu cara belajar keseimbangan mengendarai motor yakni mengatur kecepatan.

Dengan bisa mengatur serta menjaga stabilitas kecepatan, selain itu menjaga keseimbangan setidaknya juga akan membuat kalian tidak akan kaget dengan kondisi jalan didepan. Apalagi ketika melalui kalian baru yang belum kalian pahami sama sekali.

2. Posisi Tubuh atau Posisi Duduk

Cara kedua dapat kalian pakai ketika sedang belajar keseimbangan naik motor yaitu dengan memperhatikan kondisi tubuh serta posisi duduk. Pastikan sebelum menarik tuas gas, posisi duduk & tubuh sudah harus nyaman untuk mengatur & menjaga keseimbangan.

Pada dasarnya berkendara menggunakan motor tidak akan mengenal stabilitas saat kendaraan sudah berjalan. Melainkan hanya akan terfokus pada keseimbangan semata karena seperti yang kita tahu, motor sendiri hanya punya 2 roda sebagai pijakan langsung ke medan jalan.

3. Pastikan Kondisi Fit

Salah satu faktor utama terjadinya kecelakaan yaitu karena pengendara motor atau pengemudi mobil kelelahan. Itulah sebabnya ketika ingin berkendara dengan aman, nyaman dan juga bisa menjaga keseimbangan laju kendaraan kondisi tubuh harus benar-benar fit.

Pastikan ketika kalian tidak ingin laju kendaraan mudah kehilangan keseimbangan, pastikan belajar untuk dapat mengontrol diri. Terutama ketika kondisi tubuh sedang tidak fit, jangan sekali-kali kalian membawa motor karena konsentrasi belum tentu bisa kalian pastikan aman.

4. Pastikan Motor Dalam Keadaan Baik

Untuk memastikan bahwa laju kendaraan benar-benar bisa mudah kita seimbangkan, ternyata bukan hanya dari faktor tubuh maupun pikiran semata. Namun belajar keseimbangan naik motor juga dipengaruhi dari kondisi motor yang kita gunakan.

Maka dari itu pastikan ketika kalian ingin mengikuti panduan cara belajar keseimbangan naik motor seperti otoflik.com sampaikan kali ini, pastikan lebih dulu sebelum mulai belajar untuk memperhatikan kondisi motor, apakah sedang dalam keadaan baik atau tidak.

5. Memahami Kondisi Jalan

Cara lain bisa di gunakan saat belajar keseimbangan naik motor yaitu memahami jalan yang akan dilalui dan juga memahami kondisi jalan tersebut. Apakah mudah untuk dilalui motor atau tidak, setidaknya dengan kalian dapat memahami kondisi jalan dan juga jalur lintasan yang akan dilalui.

Akan dapat memudahkan proses belajar keseimbangan naik motor. Disamping itu, dengan kalian sudah bisa memahami jalan akan dilalui. Ketika sudah mulai bisa menjaga keseimbangan dan mulai masuk ke jalan raya. Kalian tidak akan kaget denga adanya rambu-rambu lalu lintas.

Akhir Kata

Demikian itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait bagaimana cara belajar keseimbangan naik motor bagi pemula baik yang sudah punya basic dapat memakai sepeda maupun yang tidak bisa naik sepeda. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi menarik untuk dapat flikermania gunakan sebagai panduan belajar keseimbangan mengendarai sepeda motor.

Advertisements

Tags: , , , ,