3 Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian dan Bank : Syarat Dokumen

Cara Gadai BPKB Mobil – Masuk pada era digital seperti saat ini, banyak sekali aplikasi pinjaman online yang memiliki penawaran menarik dan dengan iming-iming bunga kecil dan dana cepat cair. Meski terlihat sangat menggiurkan, akan tetapi perlu digarisbawahi bahwa tidak semua aplikasi pinjaman online tersebut bisa di percaya.

Salah memilih aplikasi pinjaman online justru akan membuat kalian berada pada masalah besar. Pasalnya, sampai dengan saat ini tidak sedikit orang yang menjadi korban penipuan layanan pinjaman online dengan embel-embel tanpa adanya jaminan atau agunan. Tentu kalian tidak ingin mengalami hal serupa bukan?

Jika ternyata memang kalian sedang membutuhkan uang atau dana untuk keperluan tertentu. Kami sarankan agar kalian memilih tempat pinjaman uang terbaik yang sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu kepastian dana dan juga keamanan sudah bisa dipastikan akan selalu terjamin.

Nah bicara mengenai hal tersebut, belakangan ini gadai BPKB mobil tengah menjadi jalan pintas bagi sebagian besar orang unguk bisa mendapatkan dana dengan cepat. Adapun beberapa tempat gadai BPKB mobil yang sering dipilih adalah Bank dan juga Pegadaian. Tentunya bukan hanya proses yang mudah, tetapi juga karena lisensi keamanananya sudah pasti terjamin.

Syarat dan Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian & Bank

Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian dan Bank

Apabila kalian memang sedang mencari tempat gadai BPKB mobil terbaik, tidak ada salahnya menjadikan Bank dan Pegadaian sebagai pilihannya. Namun tentunya ada prosedur yang harus kalian lakukan agar proses gadai BPKB mobil tersebut bisa di terima seperti persiapan syarat dan kepatuah kalian terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Panduan Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Pada dasarnya gadai BPKB mobil di Pegadaian tidaklah jauh berbeda dengan cara gadai BPKB motor di Pegadaian. Karena seluruh persyaratan dan juga ketentuan yang berlaku sama. Bagi kalian yang tertarik melakukan gadai BPKB mobil di Pegadaian, berikut adalah beberapa syarat dokumen dan juga cara gadai BPKB mobil yang baik dan benar di Pegadaian.

Jumlah Pinjaman Pegadaian

  • Pinjaman antara Rp 1000.000 sampai dengan Rp 10.000.000 dikenakan biaya sewa modal sebesar 1.5% per bulan.
  • Pinjaman antara Rp 10.100.000 sampai dengan Rp 50.000.000 dikenakan biaya sewa modal sebesar 1.25% per bulan.
  • Pinjaman antara Rp 50.100.000 sampai Rp 100.000.000 dikenakan biaya sewa modal sebesar 1.15% per bulan.
READ  Biaya Cabut Berkas Mobil, Cara dan Syarat Terbaru 2020

Syarat Wajib

  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Merupakan warga negara Indonesia asli
  • Telah bekerja dengan masa minimal 1 tahun.

Syarat Dokumen

  • Foto diri dengan kualitas jelas.
  • Fotokopi KTP dan Pasangan atau Keluarga (dalam satu Kartu Keluarga).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Foto barang jaminan, baik kendaraan fisik ataupun dokumen BPKB
  • Foto Tempat Kerja.
  • Fotokopi izin praktek kerja atau usaha atau surat keterangan kerja.
  • Fotokopi bukti kepemilikan tempat tinggal (khusus pegawai nonformal).
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau Rekening Listrik, Telepon, Air (khusus pegawai nonformal).

Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Setelah kalian mengetahui apa saja syarat gadai BPKB mobil di Pegadaian seperti kami jelaskan diatas. Dan ternyata kalian tertarik untuk melakukannya, maka berikut ini adalah langkah-langkah cara gadai BPKB mobil di Pegadaian yang perlu kalian lakukan.

1. Datangi Kantor Pegadaian

Langkah perta ma tentu saja mempersiapkan semua persyaratan dokumen yang telah kami sebutkan diatas. Jika sudah segera datangi kantor Pegadaian yang ada di daerah kalian. Sebagai informasi tambahan, biasanya kantor Pegadaian akan buka setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 07.30 sampai 17.00. Sedangkan jam istirahat mulai jam 12.00 – 13.00.

2. Mengisi Formulir Pengajuan

Sesampainya disana silahkan temui Customer Serive Pegadaian untuk melakukan pengajuan gadai BPKB mobil. Biasanya pada tahap ini kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan gadai BPKB. Silahkan isi formulir tersebut dengan data yang sebenar-benarnya. Jika sudah serahkan kepada petugas dengan memberikan berkas persyaratan.

3. Tentukan Tenor Pinjaman

Jika telah kalian isi formulir dan menyerahkan berkas persyaratan, kalian akan diminta untuk memilih tenor pinjaman. Yang dimana gadai BPKB mobil di Pegadaian biasanya akan diberikan opsi pilihan tenor pinjaman mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan. Silahkan tentukan sesuai dengan kemampuan kalian.

4. Menunggu Persetujuan Pinjaman

Apabila sudah kalian pilih tenor yang ingin digunakan, maka biasanya petugas akan langsung memproses pengajuan tersebut dengan meminta tanda tangan diatas materai. Setelah itu kalian hanya perlu menunggu dana cair, baik dalam bentuk uang cash atau juga bisa minta untuk ditransfer ke rekenging pribadi kalian.

Gadai BPKB Mobil di Bank

Gadai BPKB Mobil di Bank

Seperti yang kami sampaikan diatas, kalian juga bisa melakukan gadai BPKB mobil di Bank seperti Bank Mandiri, BCA atau BNI dan BRI. Namun tentu saja syarat, dokumen dan juga cara gadai BPKB mobil di Bank pun akan berbeda, meski secara tenkis tidaklah jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut syarat dan juga panduan cara gadai BPKB mobil di Bank.

READ  25 Cara Membuat SIM Online Terbaru 2020 : Syarat & Dokumen

Syarat dan Dokumen

  • KTP Asli dan Fotokopi Suami dan atau Istri yang masih aktif.
  • Kartu Keluarga dan Fotokopi KK.
  • BPKB Asli mobil yang ingin kalian gunakan.
  • Materai Rp 6.000 ribu untuk penandatanganan

Cara Gadai BPKB Mobil di Bank

Cara Gadai BPKB Mobil di Bank

Dengan adanya seluruh persyaratan diatas, maka kalian akan bisa melakukan pinjaman dana dengan cara gadai BPKB Mobil di Bank meskipun BPKB tersebut tanpa mobil fisik karena sedang di sewa ataupun yang lainnya. Lalu bagaimana cara mengajukan gadai BPKB Mobil tersebut di Bank?

1. Datangi Kantor Bank

Setiap bank di Indonesia menyediakan layanan pengajuan pinjaman baik dalam bentuk KTA atau yang menggunakan agunan atau jaminan. Jika kalian ingin menggunakan BPKB mobil sebagai jaminannya kalian bisa langsung mendatangi kanto bank seperti Mandiri, BRI, BNI, atau BCA sesuai dengan keinginan.

2. Mengisi Formulir Pengajuan

Jika sudah berada di kantor bank pilihan, silahkan temui customer service bank tersebut dan katakan bahwa kalian ingin melakukan peganjuan gadai BPKB mobil. Setelah itu petugas biasanya akan memberikan sebuah dokumen berupa formulir yang harus kalian isi. Silahkan isi dengan menggunakan data yang sebenar-benarnya dan selengkap-lengkapnya.

3. Pilih Tenor Pinjaman

Sampai disini, silahkan kalian pilih atau tentukan tenor pinjaman yang ingin kalian lakukan. Biasanya setiap bank memiliki besaran tenor yang berbeda-beda. Namun pada umumnya mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan. Pastikan kalian memilih sesuai dengan kemampuan.

4. Tunggu Proses Persetujuan

Apabila seluruh proses pendataan dan pemikihan tenor sudah selesai kalian lakukan, maka langkah selanjutnya adalah  menunggu proses pencairan dana apabila semua dokumen persyaratan berhasil di validasi keabsahannya oleh pihak bank terkait. Oleh karena itu proses pencairan biasanya memakan waktu hingga 1 sampai 3 hari.

Seperti itu kiranya cara gadai BPKB mobil yang bisa kali ini otoflik.com rangkumkan. Yang pasti hal utama yang akan di mita oleh petugas adalah persyaratan sebagai bukti keseriusan kalian dalam melakukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil.

Bagaimana apakah kalian tertarik? Pastikan jika kalian ingin melakukan gadai sertifikat, BPKB atau apapun itu bentuknya, selalu pilih tempat gadai terbaik yang sudah memiliki reputasi baik serta sudah dipercaya oleh banyak masyarakat di Indonesia seperti halnya Pegadaian, Pegadaian Syariah ataupun Bank. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Tags: , , ,