2 Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil untuk Kelayakan Pakai

Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil – Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rasa nyaman dan aman dalam berkendara terutama menggunakan mobil adalah ban. Sebagai bagian dari mobil yang akan langsung berhubungan dengan medan jalan.

Sudah bisa dipastikan bahwa kualitas bagus serta merk terkenal dapat membuat semua hal di atas bisa di dapat. Hanya saja semakin tinggi kualitas dan merk ban mobil yang dipakai. Tidak bisa di pungkiri harga jualnya pun cukup tinggi.

Disamping itu, ban sendiri pun juga memiliki kode produksi yang di umumnya dicetak pada bagian dinding ban mobil itu sendiri. Kode produksi sendiri berguna untuk mengetahui kapan tepatnya ban tersebut dibuat serta kapan sebaiknya ban tak lagi dipakai.

Mengingat, seperti kebanyakan produk otomotif lainnya. Hampir setiap komponen tentu memiliki masa pakai atau umur pakai. Semakin lama umur masa pakai, maka semakin berkurang pula kualitasnya. Begitu juga dengan ban mobil.

Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil dan Penjelasan Lengkap

Oleh karena itulah, mengetahui kode produksi ban serta mengetahui bagaimana cara membaca kode produksi ban mobil amat sangat penting. Karena besar kecilnya mengetahui arti kode produksi ban mobil pun sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam berkendara.

Fungsi Kode Produksi Ban Mobil

Fungsi Kode Produksi Ban Mobil

Nah bicara mengenai kode produksi ban Mobil. Setidaknya hampir semua merek ban mobil di Indonesia baik itu Bridgestone, Goodyear, Dunlop, Hankook atau juga Michelin dan Gajah Tunggal memiliki kode produksi  berbeda-beda.

Dimana umumnya kode produksi ban mobil sendiri dicetak menggunakan empat angka unik agar memudahkan untuk membacanya. Dan kode produksi ban sendiri memiliki beberapa fungsi penting baik itu untuk perusahaan maupun untuk konsumen.

  1. Kode ban berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan.
  2. Pemberian kode produksi pada ban mobil juga digunakan untuk memberi tahu kepada setiap pengguna kapan tepatnya ban tersebut dibuat oleh pabrik ban terkait.
  3. Sebagai nomor pelacakan ketika ban ternyata mengalami kendala saat proses pembuatan atau produksi, sehingga mudah ditemukan.
  4. Terakhir sebagai standar aturan internasional terkait pembuatan dan produksi ban tersebut.
READ  12 Semir Ban Mobil Terbaik & Tips Memilihnya 2021

Dengan melihat pentingnya kode produksi ban mobil seperti di atas kami sampaikan. Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa sebagai pengguna kita wajib tahu bagaimana cara membaca kode produksi ban mobil sehingga tidak akan ada kekecewaan saat sudah membelinya.

Apakah Kode Produksi Berkaitan dengan Kedaluwarsa?

Apakah Kode Produksi Berkaitan dengan Kedaluwarsa

Banyak yang menganggap bahwa kode produksi ban mobil juga erat kaitannya dengan masa kedaluwarsa atau masa pakai. Namun benarkah anggapan tersebut?. Melihat dari fungsi serta kegunaan kode produksi ban mobil seperti di atas kami singgung.

Secara garis besar anggapan terkait kode produksi merupakan petunjuk kadaluarsa ban atau habisnya masa serta jangka waktu penggunaan ban tersebut sebenarnya salah kaprah. Karena kode produksi bukan menjadi kode kadaluarsa.

mengingat masa berlaku pemakaian ban sendiri tergantung dari penggunaan ban setelah terpasang. Dimana dikatakan oleh APBI (Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia), usia pemakaian ban sejak terpasang di kendaraan yaitu sekitar 3 tahun – 5 tahun. Jadi bukan dihitung dari kapan ban itu diproduksi.

Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil

Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil

Setelah mengetahui seluk beluk mengenai kode produksi ban mobil seperti di atas otoflik sampaikan secara mendetail. Lantas bagaimana sih cara membaca kode produksi ban mobil?.

Prosedur cara membaca kode produksi ban mobil sendiri tidak jauh berbeda dengan CARA MEMBACA UKURAN BAN. Karena poin utama harus diperhatikan saat membaca kode produksi adalah 4 digit angka tercetak pada bagian dinding ban itu sendiri.

Sebagai contoh, mari kita lihat simulasi pada kode produksi ban mobil Bridgestone yang memperlihatkan adanya kode produksi “1216” pada bagian dinding luar ban mobil. Maka secara pasti kode produksi tersebut dapat dibaca sebagai.

  1. Angka 12 di awal merupakan angka penunjuk ban Bridgestone ini diproduksi pada minggu ke-12 tahun tersebut.
  2. Angka 16 di akhir itu merupakan penunjuk ban Bridgestone ini di buat & di produksi pada tahun 2016.
READ  11 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil Paling Ampuh dan Mudah

Jadi jika dirangkum dari metode pembacaan kode produksi yang kami contohkan, diketahui bahwa ban mobil Bridgestone tersebut dibuat pada minggu ke-12 atau tepatnya pada akhir bulan Maret tahun 2016.

Dengan mengetahui kode produksi, secara tidak langsung jika sekarang ini adalah bulan Juli 2021, maka ban itu sudah berusia hampir  5 tahun atau tepatnya 4 tahun 12 bulan. Dan itu bukan berarti ban sudah kedaluwarsa.

Melainkan ban mungkin sudah seharusnya di ganti atau bahkan sudah habis masa garansi dari pabrikan. Jadi tidak ada lagi masa penggantian apabila rusak atau lain sebagainya tergantung dari kebijakan pabrikan ban mobil itu sendiri.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya prosedur cara membaca kode ban mobil yang baik dan benar beserta penjelasan lengkap terkait pentingnya mengetahui arti kode produksi sebuah ban mobil. Dengan begitu selain bisa mengetahui masa habis waktu garansi.

Tetapi kalian juga bisa mengetahui kapan tepatnya harus MENGGANTI BAN MOBIL tersebut agar rasa nyaman serta aman dalam berkendara tetap terjaga dengan sempurna. Sekian dulu informasi yang dapat otoflik.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu.

Tags: , , ,