Cara Mengganti Ban Mobil Yang Mudah, Aman dan Benar

Cara Mengganti Ban Mobil – Buat flikermania yang memiliki mobil atau akan mempunyai mobil sendiri. Maka kemampuan mengganti ban mobil ini wajib untuk dimiliki. Pasalnya kita tidak bisa mengandalkan montir mobil atau orang lain untuk mengganti ban mobil kita sendiri, disaat berada dijalan yang jauh dengan mereka. Oleh karena itu wajib buat flikermania untuk tahu cara mengganti ban mobil yang benar dan aman. Untuk mengganti ban mobil tidak sesulit yang dibayangkan. Flikermania cukup membaca, praktekan dan mempersiapkan alat yang dibutuhkan yang akan kami beritahukan pada artikel kali ini.

Sebelum membaca artikel ini, jika flikermania belum memiliki ban mobil pengganti dan ingin membeli ban mobil pengganti. Maka flikermania bisa baca harga ban mobil yang sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Memiliki ban serep atau ban pengganti memang harus dimiliki oleh setiap mobil ketika digunakan untuk berkendara ke luar kota. Karena kejadian ban mobil bocor bisa menimpa siapapun. Mau ban mobil yang bagus atau yang murah jika tidak terlalu berpengaruh. Buat yang memiliki mobil yang sudah ban nya lama tidak diganti. Maka wajib untuk memiliki ban serep tambahan yang bisa dimasukkan kedalam bagasi atau tempat ban serep mobil yang sudah disediakan.

Untuk cara mengganti ban mobil tidak memerlukan skill yang khusus. Pasalnya cara yang akan kami beritahukan ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Jadi jangan takut untuk mencoba sendiri mengganti ban mobil. Karena jika cara mengganti mobil yang flikermania lakukan dengan benar. Maka flikermania akan aman dan bisa mengganti ban mobil sendiri. Kalau tidak mencoba maka flikermania tidak bisa mengetahui cara mengganti ban mobil yang aman dan benar.

Cara Mengganti Ban Mobil Yang Mudah dan Aman

Cara Mengganti Ban Mobil

Cara Mengganti Ban Mobil

Setidaknya ada beberapa cara mengganti ban mobil yang akan kami beritahukan dibawah ini. Lengkap dengan cara memasang dongkrak ban mobil yang benar, supaya tidak mudah bocor ketika digunakan untuk berpergian ke luar kota. Untuk lebih jelasnya mari simak informasi selengkapnya dibawah ini. Cara mengganti ban mobil ini juga bisa untuk semua tipe mobil baik mobil Avanza, Jazz, Innova, Xenia atau mobil yang lainnya.

Cara Mengganti Ban Mobil

Penting untuk diperhatikan bahwa sebelum mengganti ban mobil bocor atau rusak dengan ban mobil baru. Maka alangkah baiknya untuk flikermania ditemani dengan yang sudah ahli atau orang dekat untuk mengawasi proses mengganti ban mobil. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

READ  12 Cara Membersihkan Kaca Mobil Berminyak Baret dan Jamur

1. Tepikan Mobil dan Kasih Tanda Peringatan

Tepikan Mobil dan Kasih Tanda Peringatan

Tepikan Mobil dan Kasih Tanda Peringatan

Cara mengganti ban mobil yang aman adalah pertama tepikan mobil terlebih dahulu ditempat yang aman. Kalau kondisinya hanya bisa menepikan di jalan raya. Maka flikermania bisa memberikan tanda peringatan mobil mogok bisa menggunakan tangkai pohon atau tanda peringatan yang lainnya yang bisa membuat pengendara mobil lainnya bisa tahu bahwa ada mobil yang sedang mogok. Jika sudah maka flikermania matikan mesin mobil dan lanjutkan ke cara mengganti ban mobil kedua.

2. Menyiapkan Peralatan Untuk Ganti Ban Mobil

Menyiapkan Peralatan Untuk Ganti Ban Mobil

Menyiapkan Peralatan Untuk Ganti Ban Mobil

Setelah menepikan mobil di tempat yang aman dan tidak berbahaya serta memberikan tanda peringatan. Baru flikermania siapkan peralatan ganti ban mobil. Untuk peralatannya tidak terlalu banyak, dan umumnya jika membeli mobil baru sudah disediakan. Berikut daftar alat untuk ganti ban mobil:

  • Dongkrak Mobil
  • Kunci Roda
  • Ban Cadangan

Itulah kenapa sangat penting untuk memiliki alat untuk ganti ban mobil sebelum berpergian ke luar kota. Sangat fatal jika flikermania lupa atau belum membeli alat ganti ban mobil. Karena pastinya ketika mengganti ban mobil tidak mudah dan kemungkinan tidak bisa.

3. Pakai Kunci Roda Untuk Mengendurkan Baut Ban Mobil

Pakai Kunci Roda Untuk Mengendurkan Baut Ban Mobil

Pakai Kunci Roda Untuk Mengendurkan Baut Ban Mobil

Langkah ketika adalah mengendurkan baut ban mobil dengan menggunakan kunci roda. Pertama lepaskan dulu penutup baut ban mobil jikla ada dengan memakai obeng. Lalu setelah itu gunakan kunci roda untuk memutar baut ke arah berlawanan jarum jam. Cara mengendurkan baut ban mobil dengan mudah dan cepat adalah dengan cara mengendurkan baut ban mobil yang saling berseberangan. Perlu diingat cara mengganti ban mobil pada langkah ini hanya mengendurkan baut ban mobil saja jangan sampai baut terlepas.

4. Gunakan Dongkrak Untuk Mengangkat Mobil

Gunakan Dongkrak Untuk Mengangkat Mobil

Gunakan Dongkrak Untuk Mengangkat Mobil

Untuk cara memasang dongkrak ada beberapa teknik yang perlu flikermania ketahui. Caranya yakni memasang dongkrak mobil di dekat ban yang akan diganti. Setelah itu pastikan memasang dongkrak di tempat yang mempunyai struktur yang kuat jangan sampai flikermania tidak memperhatikan ini. Karena sangat fatal jika memasang dongkrak pada mobil salah. Tempat memasang dongkrak ban mobil yang aman adalah di titik dongkrak yang sudah ditandai dengan cekungan yang berada di dekat roda mobil.

Setelah itu pastikan dongkrak dalam posisi yang sudah tegak lurus. Lalu baru flikermania angkat ban menggunakan dongkrak sampai ban mobil terangkat. Saat mengangkat mobil memakai dongkrak, flikermania harus perhatikan posisi dongkrak. Jika posisi dongkrak miring maka flikermania jangan sampai memaksakannya. Turunkan dulu dongkrak baru atur dongkrak kembali ke posisi tegak lurus.

READ  25 Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

5. Membuka Baut Ban Mobil Yang Bocor

Membuka Baut Ban Mobil Yang Bocor

Membuka Baut Ban Mobil Yang Bocor

Jika mobil sudah terangkat, maka tinggal membuka baut ban mobil sampai terlepas secara keseluruhan. Dan ingat untuk menyimpan baut baut ban mobil yang tadi dilepas. Setelah itu baru lepas ban dan letakkan ban mobil tersebut dengan posisi tidur. Hal ini dilakukan untuk tidak membuat ban mobil menggelinding ke jalan. Tentunya sangat merepotkan jika ban mobil yang rusak tersebut tiba-tiba menggelinding di jalan. Selain merugikan flikermania, hal ini juga membahayakan pengendaran mobil yang lainnya.

6. Memasang Ban Mobil Cadangan

Memasang Ban Mobil Cadangan

Memasang Ban Mobil Cadangan

Jika sudah terlepas baut ban mobil yang bocor. Kini tinggal memasang ban mobil cadangan yang sudah disiapkan. Ingat pastikan ban cadangan tersebut sudah terpasang dengan posisi yang benar. Tips mengganti ban mobil yang benar adalah dengan memasukkan ban mobil cadangan secara pelan-pelan dan sedikit digoyangkan. Cara mengganti ban mobil seperti ini akan memudahkan flikermania agar ban mobil cadangan cepat terpasang dengan posisi yang benar. Selain itu cara ini juga tidak membuang banyak tenaga.

Jika ban mobil cadangan sudah terpasang, tinggal memasang baut dengan cara yang sama seperti tadi ketika mengendurkan baut ban mobil. Ingat lakukan dengan cara berseberangan. Tidak perlu dikencangkan dulu. Cukup baut terpasang di ban mobil cadangan saja.

7. Menurunkan Dongkrak dan Mengencangkan Baut Ban Mobil

Menurunkan Dongkrak dan Mengencangkan Baut Ban Mobil

Menurunkan Dongkrak dan Mengencangkan Baut Ban Mobil

Kini ban mobil baru yang tidak rusak sudah terpasang. Tinggal flikermania menurunkan dongkrak. Dan sebelum itu pastikan ketika menurunkan dongkrak mobil secara perlahan-lahan dan sangat hati-hati. Jika ban mobil sudah berada di tanah. Maka flikermania tinggal lepaskan dongkrak dan kuatkan baut satu demi satu. Pastikan baut ban mobil sudah terpasang dengan benar dan kuat. Untuk memastikan apakah ban mobil baru sudah terpasang dengan kuat, flikermania tinggal memakai kaki untuk ditendangkan ke ban mobil baru. Jika tidak terjadi geseran, maka ban mobil baru sudah terpasang dengan kuat.

8. Simpan Kembali Ban Mobil Rusak dan Peralatan Ganti Ban Mobil

Simpan Kembali Ban Mobil Rusak dan Peralatan Ganti Ban Mobil

Simpan Kembali Ban Mobil Rusak dan Peralatan Ganti Ban Mobil

Setelah selesai melakukan cara mengganti ban mobil. Kini flikermania tinggal mengembalikan peralatan ganti mobil ke tempat semula. Jangan lupa simpan juga ban mobil yang bocor agar nantinya bisa dibawa ke tempat tambal ban. Agar nanti bisa digunakan kembali. Jika sudah selesai, maka flikermania tinggal menjalankan mobil dengan pelan-pelan terlebih dahulu. Untuk memastikan lagi bahwa ban mobil sudah terpasang dengan benar dan nyaman.

Itulah cara mengganti ban mobil yang bisa flikermania lakukan sendiri. Dengan membaca artikel ini, maka flikermania sudah bisa mengganti ban mobil sendiri tanpa bantuan montir mobil. Selain tips mobil ini, kami juga sudah memberitahukan cara membersihkan kaca mobil yang juga wajib untuk dibaca oleh flikermania, agar kaca mobil tidak terkena jamur atau mudah rusak. Silahkan bagikan informasi cara mengganti ban mobil ini kepada teman-teman. Agar supaya semakin banyak yang tahu cara mengganti ban mobil yang benar dan aman.