√ Fungsi Fusible Link 2021 : Pengertian, Jenis & Kode Warna

Fungsi Fusible Link – Bicara mengenai kendaraan, tentu akan ada banyak hal yang bisa dibahas. Bukan hanya permasalahan tampilan, aksesoris, ataupun juga mesin. Namun ada juga pembahasan lain yang perlu untuk kita pahami.

Salah satunya tentang sistem kelistrikan. Dimana sistem kelistrikan pada kendaraan sendiri mempunyai peran cukup penting. Bukan hanya digunakan untuk kebutuhan penerangan atau sistem hiburan saja, namun sistem kelistrikan juga dibutuhkan agar mesin bisa bekerja.

Pasalnya komponen mesin mobil yang bernama busi akan bekerja apabila ada aliran listrik. Oleh karena itu menjaga sistem kelistrikan sudah menjadi hal yang patut kita lakukan, meskipun dari pabrikan sendiri sudah mengantisipasinya dengan menambahkan sekring dan juga Fusible Link.

Nah bicara mengenai dua komponen tersebut, mungkin sekring atau fuse sudah tidak lagi asing di telinga. Namun bagaimana dengan Fusible Link? Apakan kalian sudah pernah mendengar atau bahkan sudah sering melihatnya?.

Fungsi Fusible Link Beserta Pengertian, Jenis dan Kode Warna

Fungsi Fusible Link Pada Sistem Kelistrikan Kendaraan Jenis dan Kode Warna

Kami yakin disini masih ada beberapa pecinta otomotif yang masih belum paham dengan apa itu Fusible Link, baik itu jenis-jenisnya, kode warna yang dimiliki serta fungsi fusilbel link itu sendiri. Nah jika kalian adalah salah satunya, disini akan otoflik.com jelaskan mengenai Fusible Link tersebut.

Apa Itu Fusible Link?

Fusible Link merupakan sebuah komponen kelistrikan pada kendaraan yang memiliki bentuk hampir menyerupai sekring. Hanya saja untuk komponen yang satu ini dibuat dengan kemampuan yang jauh lebih baik. Karena kapasitas arus maksimum yang bias dilewati cukup tinggi.

READ  45 Pajak Honda City Semua Tipe & Tahun Produksi Lengkap 2021

Fungsi Fusible Link Pada Kendaraan

Fungsi Fusible Link Pada Kendaraan

Seperti yang otoflik.com jelaskan diatas. Fungsi Fusible Link pada  kendaraan yaitu sebagai komponen pengaman sistem kelistrkan kendaraan. Sehingga saat ada hubungan pendek atau korsleting tidak akan berpengaruh pada beban.

Hal tersebut karena jika ada arus listrik yang tidak wajar melewati Fusible Link, maka komponen ini akan putus. Dengan begitu arus akan otomatis terhenti dan tidak akan diteruskan ke beban sebelum Fusible Link diganti.

Jenis Fusible Link

Jenis Fusible Link

Setelah mengetahui fungsi Fusible Link seperti kami jelaskan diatas. Kalian mungkuin juga perlu mengetahui bahwa sampai saat ini setidaknya ada beberapa jenis komponen kelistrikan kendaraan ini. Dimana jenis Fusible Link tersebut meliputi:

  • Fusible Link Tipe Cartridge
  • Fusible Ling Tipe Link

Pada jenis Fusible Link tipe Cardtridge sudah ilengkapi dengan adanya terminal serta pada bagian intinya dibuat dengan menjadi satu kesatuan. Dan biasanya tipe ini juga identik dengan rumah yang dibuat menggunakan beberapa warna sekaligus menjadi kode.

Kapasitas & Kode Warna Fusible Link

Kapasitas Kode Warna Fusible Link

Dari penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa ketika menggunakan Fusible Link tipe Cartridge sebagai sistem keamanan kelistrikan kendaraan. Kita wajib tahu kapasitas dari Fusible Link tersebut.

Dimana untuk mengetahui kapasitas tersebut bisa dilihat dari kode warna rumahnya. Nah untuk lebih jelasnya berikut adalah kode warna kapsaitas arus maksimum yang dapat melewati komponen Fusible link tersebut.

WarnaKapasitasPersamaan Luas Penampang
30 Ampere0.3
40 Ampere0.5
50 Ampere0.85
60 Amepre1.0
80 Ampere1.25
100 Ampere2.0

Perbedaan Fusible Link & Sekring

Perbedaan Fusible Link Sekring

Lalu apa sih perbedaan fusible ling dan sekring? Mungkin ini yang menjadi pertanyaaan banyak orang. Karena jika dilihat dari fungsinya, kedua komponen yang satu ini memiliki kesamaan. Akan tetapi kedua komponen kelistrikan ini sebenarnya memiliki perbedaan. Dimana perbedaan tersebut meliputi.

READ  24 Syarat Perpanjangan SIM 2021 : SIM A, SIM B, SIM C & SIM D

1. Ukuran Komponen

Perbedaaan pertama yang benar-benar bisa dilihat secara kasat mata adalah bentuk, konstruksi dan juga ukurannya. Yang dimana untuk tipe dan konstruksi dari Sekring umumnya memiliki ukuran lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran Fusible Link.

2. Kapasitas Arus yang Mampu Melewati

Sementara perbedaan yang berikutnya adalah kemampuan komponen dalam menahan beban arus listrik yang melewatinya. Dimana seperti kalian lihat diatas. Untuk Fusible Link arus paling kecil yang mampu dilewati adalah 30 Ampere dan arus paling tinggi adalah 100 Ampere.

Sedangkan untuk kemampuan komponen sekring atau fuse hanya dibuat dengan kemampuan menahan arus sebesar 5 Ampere paling kecil dan 30 Ampere paling besar.

Nah itulah kiranya beberapa perbedaan komponen kelistrikan pada kendaaran berupa fusible link dan juga sekering. Serta penjelasan apa itu fusible link dan juga fungsi fusible link yang kali ini dapat otoflik.com sapikan. Semoga dengan adanya informasi diatas kalian bisa lebih paham antara sekring dan juga fusible link.

Tags: , , ,