√ Fungsi Jack Stand Mobil, Bagian dan Cara Menggunakannya

Fungsi Jack Stand – Sebagai pengguna mobil, mungkin kalian sudah pernah mengalami betapa repot dan sulitnya melakukan perbaikan ban atau roda ketika bocor atau pecah di tengah perjalanan. Itulah mengapa sebagai pemilik sekaligus pengguna kita harus menyediakan berbagai macam perlengkapan tambahan saat bepergian.

Advertisements

Nah dari begitu banyaknya perlengkapan tambahan yang mungkin bisa dikatakan penting dan wajib bagi pemilik dan pengguna mobil adalah Jack Stand. Yah, jack stand menjadi salah satu perlengkapan atau peralatan wajib yang memang sudah semestinya ada pada bagasi mobil.

Kenapa? karena alat yang satu ini akan dapat membantu para pemilik mobil ketika mengalami masalah saat bepergian. Salah satu diantaranya ketika mobil mengalami ban pecah atau bocor. Sederhananya jack stand memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan dongkrak mobil.

Advertisements

Hanya saja pengoperasian alat yang juga sering disebut safety stand ini muri dilakukan secara manual tanpa adanya bantuan sistem hidrolik maupun pneumatik. Oleh karena itulah kalian sebagai pemilik mobil sudah semestinya memahami cara kerja dan juga fungsi jack stand / safety stand.

Fungsi Jack Stand Mobil Bagian dan Cara Menggunakan

Namun bila memang secara garis besar kalian sama sekali belum memahami apa fungsi dari alat yang satu ini, kalian tidak perlu khawatir. Karena sesuai dengan judul di atas, kali ini otoflik akan membagikan secara rinci dan lengkap apa saja fungsi jack stand, cara menggunakan dan juga bagian-bagian pentingnya.

Apa Itu jack Stand?

Sederhananya, jack stand atau istilah bengkel menyebutnya rigid rack adalah sebuah alat penopang vertikal yang memiliki kemampuan untuk menahan beban berat seperti mobil atau alat-alat berat lainnya ketika proses perbaikan kendaraan.

Dengan menggunakan alat yang satu ini nantinya beban kerja dari dongkak akan terbantu dan akan membuat dongkrak mobil lebih awet dan tahan lama karena tidak harus menaggung beban berat mobil sendirian saat perbaikan dilakukan.

Fungsi Jack Stand Mobil

Nah itulah yang di maksud dengan jack stand atau rigid rack di beberapa bengkel tanah air. Bagaimana apakah kalian sudah mulai memahami dan juga sudah mulai mengerti tentang apa itu jack stand?. Jika sudah  lantas apa sih fungsi jack stand dan kenapa bisa dikatakan menjadi alat bantu yang penting serta wajib dimiliki pemilik mobil?.

Singkatnya, saat kalian sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil dan tiba-tiba mengalami ban bocor atau pecah di tengah jalan. Tentu hal pertama yang akan dilakukan adalah memasang ban serep atau ban cadangan.

Pada saat proses penggantian dan pemasangan ban serep tersebut tentu kita akan mengangkat mobil agar ban bisa di lepas. Maka dari itulah kita membutuhkan yang namanya dongkrak mobil. Saat mobil sudah dalam kondisi terangkat.

Di sinilah peran jack stand itu berlaku, dimana fungsi jack stand / safety stand yaitu untuk menahan beban berat kendaraan yang sudah di dongkrak ketika kita akan melakukan perbaikan pada ban pecah, rem, transmisi atau komponen mobil lainnya.

Advertisements

Itulah mengapa kita sebagai pemilik sekaligus pengguna mobil harus memiliki dongkrak serta jack stand di dalam bagasi mobil. Sehingga ketika mengalami beberapa masalah terkait bagian kaki-kaki mobil akan dapat memperbaikinya dengan mudah.

Bagian Jack Stand

Bagian Jack Stand

Setelah kalian bisa memahami dan mengetahui apa sebenarnya jack stand dan juga fungsi jack stand mobil seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah bagian-bagian penting yang terdapat di dalam jack stand yang juga harus kalian pahami sehingga ketika menggunakannya pun akan lebih maksimal.

1. Pin Pengunci (Lock Pin)

Sesuai dengan namanya yaitu Pin Pengunci (Lock Pin), bagian ini merupakan salah satu bagian yang punya peran penting karena fungsi utamanya sebagai pengunci rahang jack stand. Secara umum bagian ini biasanya terbuat dari material besi keras dan kuat.

2. Rahang Jack Stand (Tube)

Tube atau rahang jack stand merupakan bagian yang akan langsung bersinggungan dengan kendaraan. Jadi bagian atas tube dibuat layaknya huruf “Y” agar kontak dengan kendaraan lebih kuat. Sementara itu nantinya tube ini akan ditahan secara vertikal oleh batang pengunci pada ketinggian tertentu.

3. Tuas Pengatur Rahang (Control Lever)

Bagian lain yang ada pada jack stand bernama control lever atau tuas pengatur rahang jack stand. Dimana sesuai dengan namanya, fungsi dari bagian ini untuk membuat para pengguna bisa mengatur dan sekaligus menahan rahang jack stand ketika posisi sudah sesuai.

4. Base

Terakhir ada bagian yang dinamakan sebagai Base atau kaki-kaki. Dimana seperti dapat kalian lihat pada gambar bagian jack stand seperti di atas, base setidaknya memiliki 4 buat kaki yang akan langsung bersinggungan dengan medan tanah, aspal atau kayu dan lainnya.

Cara Menggunakan Jack Stand

Sampai disini kami pastikan kalian sudah bisa lebih memahami apa itu jack stand serta bagian dan juga fungsi jack stand mobil itu sendiri. Meski secara teknis semua hal penting sudah bisa kalian pahami dari penjelasan di atas.

Namun untuk dapat membuat kalian juga bisa lebih yakin dan tahu lebih tentang jack stand, berikut ini juga sudah otoflik siapkan panduan lengkap tentang cara menggunakan jack stand mobil ketika melakukan perbaikan.

  1. Saat ingin menggunakan jack stand, hal pertama harus dilakukan adalah mencabut atau melepas pin pengunci agar rahang bisa kita naik dan turunkan sesuai kebutuhan.
  2. Disaat pengunci sudah kalian lepas, silahkan sesuaikan ketinggian rahang jack stand sesuai yang diperlukan.
  3. Ketika posisi rahang jack stand telah kalian posisikan dengan benar, silahkan masukkan pengunci pada lubang.
  4. Letakkan jack stand di bagian sasis mobil yang memiliki tekstur keras seperti as roda.
  5. Bila di pastikan posisi sudah tepat dan sesuai silahkan turunkan dongkrak dengan perlahan.

Itulah langkah atau bagaimana cara menggunakan jack stand untuk menahan beban kendaraan saat akan melakukan perbaikan. Dan jika posisinya sudah selesai, maka kalian perlu mendongkrak lagi kendaraan lalu lepas pengunci dan turunkan rahang jack stand.

Akhir Kata

Kiranya cukup sekian informasi yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini terkait bagaimana cara menggunakan jack stand, apa itu jack stand dan juga fungsi jack stand mobil. Semoga apa yang sudah kami dapat dan sampaikan bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Advertisements

Tags: , , , ,