4 Cara Merawat Sunroof Mobil yang Benar & Agar Tetap Awet

Cara Merawat Sunroof Mobil – Sampai sekarang ini banyak tipe mobil telah dilengkapi dengan fitur Sunroof ataupun Panoramic Roof, bahkan hampir sebagian besar MOBIL MURAH keluaran terbaru sudah menghadirkan fitur tersebut. Dengan adanya fitur tersebut, setia pengguna bisa menikmati pemandangan alam meskipun dalam kondisi hujan sekalipun.

Hanya saja setiap pemilik mobil dengan fitur sunroof memang wajib melakukan perawatan secara rutin, hal ini bertujuan agar semua komponen pada sunroof mobil dapat bekerja dengan sempurna. Jika mendapatkan perawatan kurang baik, itu bisa menjadi salah satu penyebab sunroof macet dan bahkan bisa menyebabkan tidak bisa dibuka maupun di tutup kembali.

Sebagai pengguna mobil memang wajib untuk melakukan perawatan agar semua berfungsi dengan sempurna, bahkan tidak hanya perawatan di sunroof saja. Fliker mania juga harus melakukan perawatan LAMPU MOBIL dan beberapa komponen lainnya, pasalnya jika dibiarkan saja dan tahunya hanya di pakai saja maka lama kelamaan akan mengalami kerusakan.

Diatas juga sempat disampaikan bahwa sunroof mobil memiliki beberapa komponen penting yang wajib mendapatkan perawatan rutin, agar paham kenapa harus merawat lebih extra. Alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu setiap komponen yang ada serta fungsinya masing masing agar paham dan jelas.

Cara Merawat Sunroof Mobil Agar Tetap Awet Benar

Bagi pengguna atau pemilik mobil yang belum berpengalaman tentu merasa bingung bagaimana cara merawat sunroof mobil yang benar agar tidak terjadi masalah seperti sunroof macet atau beberapa hal lainnya. Pada pertemuan kali ini Otoflik.com akan merangkum bagaimana cara yang benar merawat sunroof agar awet.

Apa Itu Sunroof Mobil

Apa Itu Sunroof Mobil

Ada banyak orang yang belum begitu paham mengenai sunroof mobil, maka dari itu pada pembahasan kali ini terlebih dahulu informasikan kepada anda semua apa itu Sunroof mobil. Hal ini bertujuan agar paham mengenai fungsi dan cara merawatnya yang benar seperti apa.

READ  6 Cara Over Kredit Mobil yang Benar dan Aman: Tips, Untung & Rugi

Sunroof mobil adalah salah satu bagian atau jendela kaca yang terletak pada bagian atas mobil yang memiliki bentuk sudut tertentu, biasanya sunroof mobil terdapat penutup untuk melindungi dari pancaran sinar matahari. Namun tidak semua mobil memiliki sunroof, biasanya mobil dengan Sunroof dibanderol dengan harga cukup lumayan.

Komponen Sunroof Mobil

Komponen Sunroof Mobil

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu informasikan beberapa komponen dari sunroof mobil, seperti sudah diketahui bahwa Sunroof mobil terdapat 3 bagian utama. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan simak langsung sebagai berikut.

Kaca

Komponen yang pertama adalah kaca, ini bertujuan agar pengemudi atau penumpang untuk melihat pemandangan luar mobil pada bagian atas. Selain itu juga berfungsi untuk memancarkan cahaya agar masuk ke dalam.

Karet

Lalu berlanjut ke komponen yang kedua ialah karet, pada komponen ini memang sangat penting sekali. Karena fungsi utamanya sebagai penahan agar posisi kaca sesuai dengan semestinya, selain itu sebagai penahan agar air tidak masuk ke dalam cabin mobil.

Rel

Lalu elemen terakhir adalah rel, komponen ini berfungsi agar kaca lebih mudah di buka dan di tutup. Selain itu rel juga berfungsi agar posisi kaca tetap utuh sebagaimana semestinya fungsi dari kaca sunroof.

Cara Merawat Sunroof Mobil

Lalu berlanjut ke pembahasan utama ialah cara merawat sunfroof mobil, setiap pemilik mobil yang memiliki sunroof pastikan selalu merawat dengan benar agar awet dan tahan lama. Nah, berikut ini kami akan informasikan kepada anda semua bagaimana cara merawat sunroof mobil diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Buka Sunroof Mobil 2 Minggu Sekali

1 Buka Sunroof Mobil 2 Minggu Sekali

Hal pertama harus dilakukan ialah membuka kaca sunroof dua minggu sekali, hal ini bertujuan agar semua komponen dapat bekerja sebagaimana semestinya. Terutama pada bagian rel sunroof, agar tidak terjadi kerusakan atau kaku di semua komponen dari sunroof.

READ  32 Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Lengkap dan Paling Benar 2021

2. Semprotkan Cairan Silicon Ke Karet Sunroof

2 Semprotkan Cairan Silicon Ke Karet Sunroof

Lalu tip merawat yang kedua ialah melakukan penyemprotan cairan silicon ke karet, karena pada dasarnya karet memiliki fungsi untuk menahan air agar tidak masuk. Maka dari wajib dorawat dengan benar agar karet tidak kaku atau getas, adapun penyemprotan dapat dilakukan 2 sampai 3 minggu sekali.

3. Semprotkan Cairan Silicon Ke Rel Sunroof

3 Semprotkan Cairan Silicon Ke Rel Sunroof

Selain karet, penyemprotan cairan silicon juga dilakukan pada bagian rel Sunroof mobil agar komponen rel dapat bekerja sebagaimana semestinya. Sehingga pada saat sunroof dibuka tidak susah karena rel tidak bekerja dengan baik.

4. Bersihkan Kaca Sampai Kering

4 Bersihkan Kaca Sampai Kering

Kemudian cara merawat yang terakhir ialah membersihkan bagian kaca sampai kering agar tidak ada jamur yang muncul di kaca. Disisi lain, pada beberapa bagian lain juga sama seperti jalur rel dan komponen lainnya harus kering dengan tujuan tidak menimbulkan korosi.

Penyebab Sunroof Mobil Macet

Penyebab Sunroof Mobil Macet

Sebagai informasi tambahan untuk anda semua, ada beberapa penyebab kenapa sunroof mobil macet. Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang wajib untuk diperhatikan jika bagian sunroof mobil mengalami kejadian seperti berikut.

  • Jalur rel korosi, sehingga akan susah ketika membuka atau menutup kaca sunroof.
  • Karet mengeras akibat sering terkena panas sinar matahari dan menyebabkan air bisa masuk ke dalam dan susah untuk dibuka maupun di tutup.
  • Terdapat salah satu bagian mengalami kerusakan sehingga tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya informasi mengenai tips dan cara merawat sunroof mobil agar tetap awet yang bisa Otoflik.com sampaikan kepada anda semua. Dilengkapi juga dengan bagian utama sunroof mobil beserta fungsinya masing masing dan semoga informasi seperti diatas dapat membantu semua pengguna mobil yang memiliki sunroof.

Tags: , ,