15 Jenis Motor Custom 2020 : Tipe, Aliran dan Style

Jenis Motor Custom – Motor salah satu jenis kendaraan yang hampir semua orang memilikinya, terlebih saat ini ada cukup banyak jenis yang bisa dipilih serta memiliki desain yang keren. Namun semua jenis kendaraan pabrikan dari Yamaha, Honda dan lainnya memiliki bentuk tampilan hampir sama.

Tak heran jika banyak beberapa biker melakukan custom motor sesuai dengan yang di inginkan, saat ini ada cukup banyak tipe dan jenis motor custom yang sudah beroperasi di jalan umum. Misalnya saja Royal Enfield Bullet 350, chopper, bobber, Scrambler dan masih banyak lagi lainnya, beberapa yang sudah kami sebutkan memiliki style yang berbeda-beda.

Namun untuk memiliki salah satu jenis motor custom yang ada saat ini, kalian harus menyiapkan uang yang tidak sedikit, menurut informasi yang sudah Otoflik.com dapatkan. Setiap tipe atau aliran motor custom dibanderol dengan harga lebih dari Rp. 100 juta. Tetapi jika kalian ingin custom dengan ide sendiri, mungkin budget yang dibutuhkan jauh lebih kecil bila dibandingkan membeli yang sudah jadi.

Dalam penggarapan motor custom memang memerlukan waktu cukup lama, karena harus mencari bahan-bahan yang dibutuhkan mulai dari jenis motor, frame serta konsepnya akan dibuat seperti apa. Tak heran jika setiap garapan motor custom memiliki biaya cukup mahal dan ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang berduit saja.

Jenis Motor Custom dari Tipe, Aliran dan Style

Jenis Motor Custom

Yang lebih menariknya lagi, dari sekian banyaknya motor custom, Bobber menjadi salah satu motor custom terbaik. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk melakukan custom terhadap motor kesayangan? Jika ada keniatan untuk custom, alangkah baiknya untuk menyimak beberapa jenis motor custom seperti berikut sebagai gambaran untuk menentukan konsep, jenis dan aliran.

1. Cafe Racer

Cafe Racer

Bagi pecinta otomotif pasti tidak asing lagi dengan Cafe Racer, aliran ini memang dikenal oleh banyak orang. Mengambil konsep dari jenis motor balap jaman dahulu yang memiliki ciri khas jok single seater serta memiliki bentuk tangki bahan bakar cukup ramping dan memanjang. Hanya saja Cafe Racer tidak cocok buat harian, karena pada dasarnya dikhususkan sebagai motor balap.

2. Brat Style

Brat Style

Jika kalian beranggapan jika Brat Style adalah aliran motor custom, ternyata salah besar, karena ini merupakan sebuah nama bengkel khusus cutom yang ada di Jepang bernama Brat Style. Nama Brat Style semakin dikenal di Indonesia pada tahun 2000, sampai saat ini sudah banyak para custom di tanah air yang mengusung konsep seperti tersebut, terlebih Brat Style sekilas tidak jauh berbeda dengan Bobber.

READ  Harga Kampas Kopling Satria FU Termurah dan Terbaru 2020

3. Tracker

Tracker

Sudah menjadi trend, motor custom semakin digemari oleh banyak kalangan. Salah satu aliran custom yang bisa menjadi insipirasi adalah Tracker yang memiliki tampilan sangat garang. Tracker sendiri merupakan kombinasi antara motor trail enduro dan motor jalanan, sehingga bisa digunakan dual-purpose.

4. Scrambler

Scrambler

Banyak yang beranggapan jika Scrambler dan Cafe Racer merupakan satu aliran, tetapi pada kenyataannya berbeda. Karena Scrambler memiliki tipe stang seperti motor sport pada umumnya, kemudian untuk penggunaan tipe ban memakai ban dual-purpose. Karena pada dasarnya motor Scrambler bisa digunakan pada medan jalanan on-road dan off-road.

5. Bobber

Bobber

Bagi pemula pasti beranggapan jika custom motor chopper terlahir lebih dahulu dengan custom bobber, tetapi itu salah besar karena dari beberapa informasi terpercaya jika motor bobber lah yang terlebih dahulu lahir. Aliran motor custom bobber memiliki style dengan aura sangat gahar, dapat kalin lihat dari bodinya yang berisi. Motor ini semakin dikenal ketika beberapa artis Hollywood dan selebriti yang memamerkan motor custom Bobber.

6. Chopper

Chopper

Memiliki ciri khusus seperti penempatan setang lebih tinggi dengan jok rendah lalu memiliki fork panjang. Semua orang sudah tahu jika itu merupakan motor Chopper, meski secara kasat mata memiliki aliran hampir sama dengan Bopper. Namun pembeda pada motor Chopper pada penggunaan ukuran ban, untuk ban bagian depan memiliki ukuran lebih besar bila dibandingkan dengan ban belakang.

7. Jap Style

Jap Style

Ingin custom motor yang bisa buat harian? Jenis custom Jap Style akan sangat cocok, karena motor ini dinilai cukup nyaman jika dibuat harian. Memiliki style cukup garang dengan ukuran ban yang besar dan rangka lebih pendek. Memungkinkan posisi berkendara cukup nyaman, oleh karena itu tak heran jika motor Jap Style sering kalian lihat di jalanan.

8. Street Cub

Street Cub

Keinginan melakukan custom dengan budget murah, mungkin jenis Street Cub bisa menjadi solusi bagi kalian semua. Pada jenis ini memiliki bahan yang mudah ditemukan dan tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Kalian bisa menggunakan motor besutan dari Honda seperti Astrea Grand, Prima, impresa dan C-Series jika ingin lakukan custom. Tampilannya memang cukup simpel dengan penggunaan setang tipe flat bar dan pada bagian belakang dibuat trondol atau tidak menggunakan spakbor.

9. Street Tracker

Street Tracker

Ada cukup banyak alasan kenapa banyak orang melakukan custom terhadap motor kesayangannya, salah satu alasan kuat ingin memiliki motor dengan tampilan yang berbeda dari yang lain. Aliran custom Street Tracker menjadi pilihan banyak orang, karena memiliki tampilan seperti motor off-road namun tetap cocok di On-road. Pada umumnya Street Tracker memiliki ukuran panjang yang lebih pendek dari motor pada umumnya dan  tanpa dilengkapi spakbor, kemudian penggunaan ban menggunakan tipe dual-purpose.

READ  6 Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor Terlengkap 2020

10. Flat Tracker

Flat Tracker

Custom Flat Tracker terinspirasi dari sebuah motor khusus motor balapan di sirkuit tanah dengan bentuk lintasan oval. Untuk tampilan memang terlihat cukup klasik yang memiliki buntut lancip yang tersambung langsung dengan jok. Sedangkan pada bagian depan memiliki tangki bahan bakar yang lebih kompak. Memiliki konsep sebagai motor balap, tentunya Flat Tracker tidak nyaman digunakan untuk harian.

11. Sinner and Socal

Sinner and Socal

Jenis motor custom yang selanjutnya adalah The Sinners Socal (South California) merupakan pengembangan dari Chopper yang dimodifikasi menggunakan stang bertipe Z-bar/T-bar/U-bar. Lalu untuk ukuran ban lebih kecil, sehingga tampilannya lebih unik bila dibandingkan dengan aliran yang lainnya.

12. Moped

Moped

Pada umumnya Moped adalah motor dengan daya rendah dan berpedal yang dirancang sebagai sarana transportasi sederhana. Kebanyakan para mofifikator mengcustom dengan aliran Moped, untuk konsep yang dibawakan juga cukup simpel. Karena tidak terlalu banyak komponen yang dirubah namun terlihat sangat keren.

13. Brat Cafe

Brat Cafe

Sekilas jika dilihat memang tidak jauh berbeda dengan Cafe Racer, hanya saja Brat Cafe tidak memiliki desain jok yang tidak dilengkapi dengan buntut tawon. Sedangkan penggunaan ban tapak lebar pada bagian depan dan belakang, meski terlihat cukup simpel namun cukup banyak diminati oleh banyak modifikator.

14. Dirt-Tracker

Dirt Tracker

Aliran custom Tracker memiliki minat cukup tinggi, seiring trend custom semakin meningkat. Ada beberapa versi custom Tracker dan salah satunya adalah Dirt-Tracker, sekilas tidak jauh berbeda dengan Flat-Tracker. Hanya saja ada beberapa part yang berbeda seperti bagian ekor yang memiliki buntut tawon yang lebih gambot.

15. Board-Tracker

Board Tracker

Tidak hanya Dirt-Tracker, Flat-Tracker dan Street Tracker saja. aliran custom Tracker juga tersedia versi Board-Tracker. Memiliki bentuk seperti motor balap pada zama dahulu yang terdapat pedal seperti sebuah sepeda. Saat ini cukup banyak motor custom Board-Tracker dengan tampilan yang sangat memukau dengan desain single seater dan membawakan ban gambot agar terkesan lebih wah.

Nah itulah informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan seputar jenis motor custom semua aliran, style dan tipe masing-masing seperti Jap Style, Chopper, Cafe Reace dan beberapa jenis motor custom lain yang namanya sudah dikenal oleh banyak orang. Semogaa saja ulasan seperti diatas bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua yang ada niatan untuk custom motor.

Tags: , ,