√ Motor Custom Bobber 2020 : Sejarah dan Biaya Modifikasi

Motor Custom Bobber – Dewasa ini motor custom kembali menjamur di tengah hiruk pikuk banyaknya sepeda motor baru yang dirilis produsen kenamaan. Bahkan trend motor custom sekarang ini juga bukan hanya menyasar bikers kawakan yang telah bermain motor sebagai gaya hidup mereka.

Namun motor custom yang ada saat ini juga telah menyasar para pecinta motor di kelas pemula. Selain itu, tumbuh kembangnya sepeda motor custom di tanah air juga di tunjang dengan banyaknya bengkel custom motor yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan para bikers yang hobi melakukan modifikasi.

Disisi lain, dengan terus berkembangnya ranah motor custom di tanah air juga disambut baik oleh beberapa produsen sepeda motor kenamaan. Salah satunya adalah Kawasaki, yang dimana pabrikan asal Jepang ini berhasil memikat para pecinta motor custom dengan produk barunya yaitu Kawasaki W175.

Motor tersebut hadir membawa aura custom yang begitu memikat. Bicara mengenai motor custom, sampai dengan saat ini bisa dibilang ada cukup banyak jenis dan juga tipe motor custom terbaik yang ada di dunia seperti halnya cafe racer, scrambler, chopper, hingga motor custom bobber.

Sejarah dan Biaya Modifikasi Motor Custom Bobber

Motor Custom Bobber dari Sejarah dan Biaya

Dari beberapa jenis modifikasi motor custom diatas, sesuai dengan judul diatas. Kali ini otoflik akan membahas lebih detail mengenai sejarah, konsep dan juga biaya yang dibutuhkan untuk memodifikasi motor dengan konsep custom bobber. Untuk itu bagi kalian yang baru ingin memulainya, tidak ada salahnya menyimak artikel ini sampai akhir.

Sejarah Motor Custom Bobber

Sejarah Motor Custom Bobber

Banyak orang yang mengira bahwa motor custom chopper merupakan jenis motor custom yang lahir lebih dulu dibandingkan dengan motor custom bobber. Namun anggapan tersebut sepertinya salah, karena dari informasi yang ada, justru konsep motor bobber lah yang lahir lebih dulu dibandingkan dengan chopper.

Mengusung konsep atau gaya modifikasi yang hampir sama, tidak jarang banyak orang yang mengklaim bahwa kedua motor custom tersebut masih saudara. Baik motor custom bobber atau chopper sama-sama lahir setelah perang dunia II berakhir. Atau tepatnya sekitar tahun 1940 dan 1950an.

READ  4 Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor yang Mudah

Motor bobber sendiri pertama kali hadir di daratan Amerika Serikat (AS) dan dibawa oleh para Vetaran perang yang memiliki ketertarikan dengan motor Eropa. Adapun gagasan utama dibuatnya motor custom bobber sendiri adalah untuk membuat motor seringan mungkin namun tetap legal ketika digunakan di jalanan.

Oleh karena itu, pembuatan motor custom ini memaksa untuk mengorbankan cukup banyak bagian. Seperti halnya menghilangkan fender atau spakbor dibagian sisi depan dan memperkecil ukuran fender atau spakbor bagian belakang.

Selain itu, bobber juga mengharuskan spion dilepas dan membuat lampu utama dibuat berukuran kecil serta merubah stang dan membuat jok sekecil mungkin. Bahkan jika semua modifikasi sudah dilakukan dan motor masih dirasa berat, bagian pengerman juga akan diganti dengan model Eropa yang memiliki bobot cukup ringan.

Konsep Custom Motor Bobber

Konsep Motor Custom Bobber

Setelah berjalan beberapa waktu, keberadaan motor custom bobber terus memikat para bikers yang ingin tampil beda. Bahkan pengembangan motor custom yang satu ini  juga terus di tingkatkan, sampai akhirnya muncul konsep motor retro custom bobber chopper.

Lantas seperti apa sih konsep custom motor bobber itu? tentu saja ada cukup banyak konsep yang bisa di aplikasikan. Akan tetapi konsep utama modifikasi motor custom ini lebih cenderung membawa tema klasik vintage.

Hal tersebut biasanya membuat motor yang akan dikonsep menjadi custom bobber benar-benar harus di rubah total. Mulai dari bagian tangki bahan bakar yang di buat lebih kecil, frame atau sasis yang diubah, serta penggunaan velg motor bentuk jari-jari juga lebih di rekomendasikan.

Tidak hanya sampai disitu, untuk menguatkan aura bobbernya. Penggunaan ban dengan ukuran besar pun cenderung lebih di prioritaskan. Dengan semua itu, tidak heran apabila biaya modifikasi motor custom bobber terbilang cukup mahal.

Bahan Custom Motor Bobber

Bahan Motor Custom Bobber

Jika sudah paham dengan sejarah dan juga konsep motor bobber seperti apa. Jika kalian saat ini tertarik untuk melakukan modifikasi motor dengan gaya bobber, sebenarnya motor apapun bisa kalian gunakan sebagai bahan utamanya.

Namun dari beberapa sumber yang ada, mengatakan bahwa para builder lebih merekomendasikan untuk memakai motor Yamaha Scorpio, Suzuki Tunder 250 dan atau motor Honda Tiger. Hal tersebut karena motor-motor tersebut sudah memiliki mesin diatas 200cc sehingga tenaganya akan cukup maksimal.

READ  5 Motor Thailook Modifikasi Terbaru & Terbaik 2020

Biaya Modifikasi Motor Custom Bobber

Biaya Custom Motor Bobber

Jika bicara mengenai biaya modifikasi motor custom bobber, sebarnya tidak ada patokan khusus mengingat part dan juga aksesoris tambahan lainnya bisa disesuikan sesuai dengan keinginan. Disamping itu harga bahan atau motor utamanya pun juga berbeda-beda.

Sebagai contoh, untuk motor Yamaha Scorpio tahun 2005 sampai 2010 bisa didapat dengan kisaran harga Rp 8 juta rupiah. Sementara Tiger ditawarkan mulai dari Rp 4 sampai 18 juta tergantung kondisinya. Sedangkan Thunder 250 sekitar 15 juta rupiah. Itu hanya harga awal untuk motor bahannya.

Kemungkinan harga tersebut masih bisa berubah sesuai dengan kondisi dan juga populasi yang ada. Sementara untuk biaya modifikasinya pun juga bisa dibilang cukup mahal. Bahkan beberapa bengkel custom motor ternama seperti Katros Garage mematok harga paket bobber sampai dengan Rp 19 juta rupiah.

Harga tersebut diluar harga bahan atau motor dasarnya. Namun dari penuturan supervisor bengkel Katros Garage, dengan harga tersebut para bikers tidak bisa memilih komponen yang akan digunakan. Karena seluruh komponen akan di tentukan oleh pihak Bengkel.

Waktu Pengerjaan Modifikasi Motor Custom Bobber

Waktu Pengerjaan Modifikasi Motor Custom Bobber

Dan terakhir, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses modifikasi motor custom bobber tersebut? Ini mungkin menjadi pertanyaan yang banyak di tanyakan oleh para calon pemilik motor custom bobber.

Dari beberapa referensi yang ada, disebutkan bahwa untuk melakukan modifikasi dengan gaya bobber setidaknya dibutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan untuk medapatkan hasil yang maksimal. Dimana rentang waktu tersebut digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari :

  • Belanja barang kebutuhan.
  • Merapihkan bagian kaki-kaki.
  • bodyword atau pembuatan bodi motor bobber.
  • Finishing cat (keseluruhan bagian).
  • Perakitan semua komponen.
  • Terakhir quality control atau QC.

Dengan semua itu, tidak heran apabila harga motor custom bobber yang ada saat ini dijual dengan bandrol yang begitu mahal. Maka dari itu, pastikan jika kalian tertarik untuk melakukan modifikasi motor dengan gaya custom bobber siapkan budget setidaknya 40 sampai 50 juta untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan seputar motor custom bobber mulai dari sejarah, konsep, biaya, hingga harga bahan dan proses waktu pengerjaan modifikasinya. Semoga dengan adanya ringkasan diatas dapat membuat kalian lebih paham. Sekian dan terimakasih.

Tags: , , ,