9 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C23, C24, C26 & C27

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena – Memiliki sebuah mobil untuk menjadi bagian dari gaya hidup sekaligus kebutuhan akan sarana transportasi sudah menjadi hal yang lumrah dan wajar di Indonesia. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang memiliki lebih dari satu unit untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Advertisements

Apalagi, seiring berkembangnya industri otomotif tanah air. Sampai dengan detik ini bisa kita katakan pilihan jenis mobil, tipe dan juga model/variannya pun begitu banyak. Namun dari begitu banyaknya tipe pilihan kendaraan roda empat yang ada sekarang mungkin ada dari kalian yang tertarik dengan Nissan Serena.

Menjadi kendaraan masuk dalam kategori MPV atau Multi Purpose Vehicle dengan tampilan eksterior dan interior begitu elegan serta mewah. Tidak bisa kita pungkiri banyak sekali pecinta otomotif lebih cocok dan ingin menjadikannya sebagai salah satu koleksi atau pilihan untuk mobil keluarga terbaik.

Advertisements

Jika kalian mungkin adalah salah satu dari begitu banyaknya orang tertarik dengan Nissan Serena, hal pertama harus kalian ketahui adalah kelebihan dan kekurangan Nissan Serena. Dimana dengan mengetahui apa saja kelebihan maupun kelemahannya, tentu kalian bisa memilih untuk membelinya atau tidak.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena

Oleh karena itu, dari pada kita panjang lebar membahas hal lain. Berikut akan kami jelaskan secara rinci apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan Serena yang dapat kalian peroleh ketika ingin membuatnya sebagai kendaraan pribadi.

Generasi Nissan Serena

Hadir mengisi segmen MPV mewah bersama harga cukup mahal di pasar Indonesia. Nissan Serena masuk kategori mobil dengan jumlah peminat begitu tinggi. Hal tersebut karena kendaraan dari pabrikan asal Jepang ini memiliki berbagai banyak kelebihan dan kekurangan saling menutupi.

Namun sebelum kita bahas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan Nissan Serena, perlu kalian ketahui bahwa Nissan Serena sudah memiliki beberapa generasi atau model yang bisa kita miliki.

Generasi pertama Nissan Serena hadir di Indonesia tahun 1996 mengusung nama Nissan Serena C23 dengan tipe C23 SGL dan Serena C23 FGX. Untuk model SGL keluaran tahun 1996 memiliki mesin berkapasitas 2000 cc dan menggunakan transmisi otomatis (A/T).

Sedangkan tipe FGX keluaran 1998 memiliki mesin 1600 cc menggunakan sistem transmisi manual M/T. Sukses dari dua model tersebut, pada tahun 2004 Nissan kembali menghadirkan generasi ke-2 mengusung nama Nissan Serena C24 dan hadir dalam dua kapasitas mesin berbeda yaitu 2000 cc dan 2500 cc.

Generasi Nissan Serena

Namun khusus wilayah Indonesia hanya menjual model Nissan Serena C24 mesin 2000 cc dengan engine code QR20DE. Meski begitu model ini dipasarkan di Indonesia dalam beberapa varian lain yakni Comfort Touring (CT), Highway Star (HS) serta Autech.

Cukup sukses menawarkan dua generasi di Indonesia, di tahun 2013 Nissan kembali menghadirkan generasi ke-3 bernama Nissan Serena C26. Hanya saja di tahun 2015 barulah Nissan C25 mengaspal resmi di Indonesia.

Meski memiliki tampilan tak jauh berbeda dari generasi lainnya, akan tetapi di generasi C26 ini hadir dengan mengusung konsep desain lebih elegan. Adapun pada generasi ini Nissan lebih mengoptimalkan sektor dapur pacu menggunakan mesin 2000 cc berkode MR20.

Mendulang sukses bersama semua generasi yang ada, tepat di tahun 2019 tepatnya di bulan Februari, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi menghadirkan generasi terbaru dengan nama All New Nissan Serena C27.

Banyak sekali perubahan diberikan mulai sektor desain, fitur, kelebihan dan juga kekurangan. Bahkan tidak tanggung-tanggung generasi paling anyar ini juga sudah memiliki dua model untuk dapat dipilih yakni All New Nissan Serena C27 X dan Highway Star.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena

Setelah mengetahui secara rinci sejarah Nissan Serena di Indonesia beserta daftar generasi yang dapat kita miliki. Maka berikut adalah beberapa daftar kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C24, C26 serta HWS semua tahun produksi yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Kelebihan Nissan Serena

Kelebihan Nissan Serena

1. Punya Desain Lapang

Nissan Serena hadir sebagai mobil MPV yang cukup baik dalam mengakomodir kenyamanan ketika bepergian bersama keluarga. Pasalnya seperti kita ketahui umumnya mobil MPV memiliki 7 kursi penumpang yang akan membuat perjalanan semakin seru.

Advertisements

Dari luasnya sisi dalam, tentu menjadi sebuah kelebihan Nissan Serena yang tak akan banyak bisa kita dapati dari kendaraan lain sekelasnya. Di lain sisi,  Nissan Serena tetap memiliki bagian bagasi juga cukup lebar sehingga barang bawaan lebih mudah di tampung ketika bepergian.

2. Memiliki Sliding Dor

Kelebihan Nissan Serena berikutnya terletak pada bagian pintu geser atau sliding dor. Dimana sejak kali pertama hadir di Indonesia pada tahun 1996, mobil ini sudah menjadi salah satu mobil sliding dor terbaik. Dimana pada generasi pertama sliding dor hanya ada pada sisi sebelah kiri yah.

Adanya model pintu geser, tentunya akan membuat kemudahan dalam naik dan turunnya penumpang lebih leluasa. Karena bila dibandingkan mobil pintu biasa, pintu geser akan terbuka sampai penuh sehingga akan membuat setiap penumpang lebih leluasa.

3. Nyaman Dikendarai

Hal sudah pasti akan kalian dapat ketika menjadikan Nissan Serena sebagai pilihan adalah kenyamanan saat dikendarai. Bagaimana tidak, mulai generasi kedua dan seterusnya Nissan sudah memilih untuk menggunakan suspensi jenis McPherson Strut Independen di bagian depan.

Sementara di sisi belakang menggunakan Rigid Axle dengan Torsion Beam. Penggunaan dua jenis suspensi terbaik tersebut otomatis akan menjadikan rasa nyaman berkendara akan semakin tinggi, bahkan ketika kalian melakukan perjalanan di medan tidak terlalu rata sekalipun.

4. Kompartemen Lengkap

Hadir sebagai mobil keluarga, Nissan Serena juga punya kelebihan lain di bagian kompartemen. Dimana sebanding harga mahalnnya, kompartemen dari Nissan Sereana begitu lengkap dan sudah bisa di pastikan akan menjadi bagian paling diperlukan bagi para penggunanya.

Beberapa kompartemen sudah pasti akan kalian dapat ketika menjadikan Nissan Serena sebagai pilihan antara lain seperti :

  • Glove box.
  • Console box di bagian bawah center cluster.
  • Console box di bagian tengah antara pengemudi & panumpang depan.
  • Cup holder.
  • Door pocket di tiap-tiap joknya

Sementara itu khusus model Nissan Serena HWS kompartemen tambahan berupa meja lipat disertai adanya arm rest di bagian jok baris pertama & kedua pun sudah dapat kalian peroleh. Nah itulah kelebihan dari Nissan Serena untuk bagian kompartemen.

5. Fitur Keselamatan Banyak

Dan yang jelas sebanding harga mahalnya, mobil MPV Nissan Serena juga memiliki begitu banyak kelebihan dari bagian fitur keselamatan. Dimana setara banderol harga mahalnya, mobil ini sudah dilengkapi beberapa fitur unggulan berupa:

  • Airbag
  • ABS+EBD
  • Brake Assist
  • Seat belt
  • Sensor parkir

Kekurangan Nissan Serena

Kekurangan Nissan Serena

1. Tampilan Interior Masih Kuno

Meski dari tampilan luar memiliki kesan begitu elegan, akan tetapi jika kita lihat dari bagian dalam, mobil ini memiliki kesan masih tertinggal meskipun berbagai macam teknologi canggih di bagian dashboard akan bisa kita temukan.

Namun jika memiliki ketertarikan dengan gaya klasik, mungkin tampilan interior Nissan Serena akan terlihat sangat cocok dijadikan sebagai pilihan. Namun jika kalian memiliki karakter lebih muda dan lebih modern, mungkin bagian dalam Nissan Serena akan kurang cocok untuk bisa kalian pilih.

2. Biaya Perawatan Mahal

Kekurangan Nissan Serena di balik banyaknya kelebihan seperti di atas kami sampaikan lainnya yaitu terletak pada bagian biaya perawatan yang terbilang cukup mahal. Hal terserbut pasalnya dikarenakan Nissan Sereana memiliki sparepart berkualitas.

Jadi ketika ada kerusakan pada bagian tertentu, mungkin untuk dapat memperbaikinya akan membutuhkan biaya cukup tinggi. Namun jika sekedar service rutin biaya di keluarkan masih tergolong terjangkau dan ramah di kantong.

3. Pemakaian Bahan Bakar Boros

Kekurangan atau kelemahan Nissan Serena lainnya juga akan terlihat pada bagian konsumsi bahan bakar atau BBM terbilang cukup boros. Kenapa? karena seperti kita ketahui mobil ini mempunyai dimensi atau desain cukup besar sehingg wajar bila pemakaian BBM terbilang boros.

Dari informasi yang kami dapat, berikut adalah detail konsumsi bahan bakar (BBM) Nissan Serena untuk 1 liter bahan bakar:

  • 5 – 8 km untuk pemakaian dalam kota
  • 11 – 12 km untuk model Nissan Serena CT A/T 2005, Serena c24 HWS 2010,dan Serena c26 2.0 HWS (pemakaian luar kota).
  • 5 – 6 km untuk model Nisan Serena CT 2009 di dalam kota.
  • 8 – 9 km untuk model Nisan Serena CT 2009 di luar kota.

4. Mudah Limbung di Kecepatan Tinggi

Lalu kekurangan atau kelemahan lain dari Nissan Serena yakni cukup mudah limbung atau oleng (miring) ketika berada di kecepatan tinggi. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan berkendara.

Apa saja bahaya mobil limbung? kalian dapat melihat penjelasan lengkapnya pada artikel tentang penyebab & bahaya mobil mengalami body roll / limbung. Jadi pastikan bahwa ketika ingin menjadikannya sebagai pilihan, pintar-pintarlah menggunakannya untuk meminimalisir hal satu ini.

Akhir Kata

Itulah kiranya penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan Nissan Serena dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah kami jelaskan di atas bisa menjadi referensi dan bisa menjadi bagian dari pemahaman mudah untuk di jadikan sebagai referensi sebelum membeli Nissan Serena.

Advertisements

Tags: , , ,