Kode Error 12 Aerox 155 : Penyebab dan Cara Mengatasi

Kode Error 12 Aerox 155 – Yamaha Aerox 155 merupakan salah satu motor matic yang memiliki cukup banyak peminat di Indonesia. Bukan hanya karena desain gagah dan spesifikasi mumpuni, namun juga karena beragam fitur canggih dan menarik telah disematkan pada motor matic ini. Salah satu contohnya adalah tampilan panel instrumen full digital.

Pada tampilan panel instrumen tersebut Yamaha telah menempatkan beragam informasi terkait kondisi motor baik itu sistem kelistrikan, sistem injeksi, kilometer, kecepatan saat motor berjalan dan juga indikator oli, bahan bakar serta jam digital. Dengan semua itu, tentu saja pengendara akan lebih mudah memantau kondisi motor.

Menariknya lagi, bukan hanya berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi utama seperti kami sebutkan di atas. Namun panel instrumen digital milik Yamaha Aerox 155 juga bisa menampilkan masalah yang sedang terjadi pada seluruh sistem elektronik yang ada. Hanya saja bukan dalam bentuk penjelasan lengkap, melainkan sebatas kode error.

Dari kode error tersebut kita sebagai pengguna bisa dengan mudah memahami problem atau masalah yang terjadi pada motor Yamaha Aerox 155. Nah bicara mengenai kode error tersebut, beberapa waktu lalu banyak para pengguna Yamaha Aerox 155 yang melihat adanya indikator kode error 12 pada panel instrumen tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Error 12 Aerox 155

Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Error 12 Aerox 155

Munculnya kode error 12 Aerox 155 pada panel instrumen pun membuat para pemilik sedikit kaget. Karena saat kode error 12 tersebut muncul,  mesin motor akan mati total dan membuatnya harus di dorong. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab munculnya kode error 12 pada Yamaha Aerox dan bagaimana cara mengatasinya?

READ  50 Harga Motor Ninja 4 Tak 2020 Baru dan Bekas Termurah

Kode Error 12 Aerox 155

Sebelum membahas lebih lanjut, tidak ada salahnya otoflik menjelaskan sedikit tentang arti dari kode error 12 yang muncul pada Aerox 155. Jika di lihat dari daftar kode error yang ada, kode error 12 sebenarnya mempunyai arti telah terjadi masalah pada bagian CPS atau Cranshaft Position Sensor.

Akan tetapi pada kenyataannya komponen CPS seharusnya sangatlah jarang mengalami kerusakan yang fatal. Lalu apa yang menjadi penyebab munculnya kode error 12  pada motor matic Yamaha Aerox 155 ini? nah dibawah ini akan otoflik.com jelaskan secara rinci.

Penyebab Muncul Kode Error 12 Aerox 155

Penyebab Kode Error 12 Yamaha Aerox

Melihat penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa munculnya kode error 12 bukan berasal dari kerusakan pada bagian CPS (Cranshaft Position Sensor) atau mungkin bisa saja terjadi karena hal tersebut, tetapi dengan persentase yang cukup kecil. Penyebab utama munculnya kode error 12 Aerox ternyata dikarenakan adanya kegagalan fungsi pada sistem kelistrikan.

Bahkan lebih celakanya lagi error 12 pada motor matic Yamaha Aerox ini bisa saja muncul secara tiba-tiba. Bahkan bisa saja terjadi ketika motor sedang kalian gunakan di jalan perkotaan. Dan biasanya ketika kode error 12 muncul, mesin motor akan secara tiba-tiba mati. Parahnya lagi bahkan tidak bisa sampai distarter yang membuat kalian harus mendorongnya.

Cara Mengatasi Kode Error 12 Aerox 155

Cara Mengatasi Kode Error 12 Aerox 155

Kegagalan sistem kelistrikan pada Yamaha Aerox yang mengakibatkan munculnya kode error 12 diketahui datang dari sambungan atau soket kabel spul dengan kabel bodi yang terbakar. Hal itu bisa terjadi karena adanya kegagalan fungsi dari komponen SGCU.

Yang dimana komponen SGCU dibuat dengan kemampuan untuk menampung arus listrik yang tidak terlalu berat. Ketika kalian melakukan modifikasi dengan menambah beberapa aksesoris kelistrikan lain, maka akan membuat daya tampung SGCU dari arus listrik yang ada semakin besar dan mengakibatnya panas berlebih.

READ  4 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk Lengkap & Terbaru 2020

Untuk itu salah satu cara paling pas untuk mengatasi munculnya kode error 12 pada Aerox 155 hanya dengan mengganti sambungan soket yang terbakar tadi. Atau jika kalian tidak menemukan soket sambungan tersebut, kalian bisa menyambungnya dengan meggunakan timah solder.

Tips Pencegahan Error Kode 12 Aerox 155

Tips Pencegahan Error Kode 12 Aerox 155

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi masalah kode error 12 yang muncul tiba-tiba pada panel instumen Yamaha Aerox. Namun seperti yang kami jelaskan diatas, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan atau munculnya kode error 12 ada baiknya jangan lakukan modifikasi pada bagian kelistrikan.

Nah sebagai pencegahan lainnya, kalian dapat meminta mekanik bengkel untuk memeriksa seluruh bagian kelistrikan pada saat melakukan service rutin. Dimana bagian terpenting pada saat dilakukan pengecekan adalah Coupler atau Soket sambungan.

Atau untuk tetap menjaga arus listrik tetap stabil dan tidak membuat kondisi kabel dan sambungan terlalu panas, kalian juga bisa menambahkan sebuah kapasitor pada kabel plus dan kabel minus aki motor dengan cara diparalel. Adapun spesifikasi kapasitor yang bisa digunakan adalah 10.000mF / 50V.

Selain akan mengamankan sistem kelistrikan, ternyata dengan memasang komponen kapasitor pada bagian aki motor juga akan membuat impresi yang cukup mengejutkan, mulai dari :

  1. Nyala lampu sein yang lebih terang.
  2. Suara klakson jadi lebih nyaring.
  3. Arus yang terdapat di dalam aki lebih tahan lama.
  4. Dan nyala lampu utama sedikit lebih terang.

Itulah sedikit impresi yang akan dapat kalian peroleh ketika memberikan atau menambah kapasitor pada bagian aki motor Yamaha Aerox 155. Dan semoga dengan adanya penjelasan diatas, kalian bisa mendapatkan informasi yang cukup jelas terkait penyebab munculnya kode error 12 Aerox 155 serta panduan cara mengatasinya. Semgoa bisa membantu.

Tags: , ,