6 Perbedaan Kawasaki H2 dan H2R, Pilih yang Mana?

Perbedaan Kawasaki H2 dan H2R – Generasi terbaru Kawasaki Ninja H2 dan H2R telah diluncurkan. Dua model terbaru ini sama-sama dipasarkan untuk mengisi kelas motor sport premium. Buat yang ingin membelinya tapi bingung pilih yang mana.

Advertisements

Dibawah ini sudah otoflik siapkan daftar perbedaan Kawasaki H2 dan H2R yang perlu kalian pahami dan ketahui. Menjadi pabrikan motor sport yang selalu sukses menarik perhatian publik dimanapun berada, sampai dengan saat ini sudah ada cukup banyak motor Kawasaki bisa kita beli.

Dua di antaranya adalah motor sport kelas premium Kawasaki Ninja H2 dan Ninja H2R. Mengusung sederet fitur berteknologi canggih serta membawa bahasa desain yang begitu khas, tidak bisa kita pungkiri Kawasaki H2 maupun H2R begitu menarik perhatian masyarakat di kalangan  atas.

Advertisements

Karena bukan hanya dari sisi tampilan yang dibuat begitu menarik, perbedaan Kawasaki H2 dan H2R dari sisi performa dapur pacu pun menjadi salah satu daya pikat yang di lirik masyarakat. Meski sama-sama dibuat untuk mengisi segmen motor sport premium.

Perbedaan Kawasaki H2 dan H2R Harga Desain Spesifikasi

Akan tetapi kedua motor sport Kawasaki ini benar-benar punya karakteristik yang begitu berbeda. Oleh karena itu, agar kalian tidak salah beli, tidak ada salahnya kalian simak daftar perbedaan Kawasaki H2 dan H2R berikut ini.

Daftar Perbedaan Kawasaki H2 dan H2R

Baik Kawasaki Ninja H2 maupun Ninja H2R semuanya mempunyai catatan performa tinggi yang mungkin tidak bisa kalian dapat di motor sport pasaran lainnya. Namun selain dari segi performa berikut adalah daftar perbedaan lain yang perlu kalian ketahui.

1. Beda Konsep Pemakaian

Seperti di atas kami sampaikan, secara keseluruhan dua motor sport premium yang ditawarkan Kawasaki ini memang menampilkan bahasa desain yang mungkin tidak jauh berbeda. Karena unsur sport benar-benar masih begitu terasa kental pada kedua motor ini.

Akan tetapi kedua motor ini ternyata punya perbedaan konsep penggunaan atau pemakaian. Yah, hal ini  mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Namun disini akan otoflik jelaskan secara rinci dan detail konsep pemakaian dari Kawasaki H2 dan H2R.

Kawasaki H2 dibuat secara khusus agar dapat digunakan sebagai kendaraan harian yang dapat melintasi jalan raya. Hal ini karena Kawasaki H2 memiliki kelengkapan layak jalan dan sesuai peraturan yang ditetapkan kepolisian.

Sementara itu Kawasaki H2R justru kebalikannya, dimana Kawasaki membuat motor sport ini lebih diperuntukkan sebagai motor khusus lintasan sirkuit balap. Dari perbedaan Kawasaki H2 dan H2R inilah secara keseluruhan desain serta spesifikasi pun dibuat berbeda.

2. Detail Desain

Desain Kawasaki H2 vs H2R

Mengacu pada konsep dasar Kawasaki H2 dan H2R yang berbeda. Tentunya perbedaan Kawasaki H2 dan H2R pun juga akan terlihat dari sektor desain yang dibawanya. Bahkan dari bahasa desain inilah perbedaan mungkin akan terlihat lebih banyak.

Pertama1 dari sisi depan, Kawasaki H2 memiliki Windshield yang sedikit lebih landai bila di bandingkan Kawasaki H2R. Kedua2 pada bagian depan Kawasaki H2 sudah dilengkapi adanya headlamp sebagai penerangan. Namun Kawasaki H2R sama sekali tidak ada headlamp di bagian depannya.

Advertisements

Perbedaan Kawasaki H2 dan H2R ketiga3 yaitu untuk model Kawasaki H2 secara default sudah dilengkapi dengan adanya spion untuk kelengkapan keamanan dalam berkendara. Sementara untuk Kawasaki H2R secara defaultnya memang tidak disediakan.

Perbedaan keempat4 pada Kawasaki H2 dan H2R dari sisi desain yakni, Kawasaki H2 tidak ada winglet dari pabrikan sementara untuk Kawasaki H2R sudah disertakan winglet secara default pada fairing depannya. Winglet pada H2R sendiri untuk menambah gaya tekan (downforce) saat melaju cepat.

3. Kemampuan Performa Mesin

Selain dari sisi desain seperti di atas kami sampaikan, perbedaan Kawasaki H2 dan H2R juga bisa kita lihat pada sektor dapur pacu atau performa mesin. Sebelum kita bahas, coba perhatikan tabel perbedaan spesifikasi mesin Kawasaki H2 dan H2R berikut ini.

DetailKawasaki H2Kawasaki H2R
Jenis MesinLiquid-cooled, 4-stroke In-Line Four, DOHC, 16 valvesLiquid -cooled, 4-stroke, In-Line Four, DOHC, 16-valve
Volume Silinder998 cc998 cc
Diameter x Langkah76.0 x 55.0 mm76.0 x 55.0 mm
Perbandingan Kompresi8.5:18.3:1
Power Maksimum210 HP296 HP
Torsi Maksimum146 Nm150 Nm

Meski sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc, akan tetapi kedua mesin tersebut sudah di buat dengan spesifikasi berbeda. Dimana untuk Kawasaki H2 hanya mampu menawarkan power sebesar 210 HP dengan torsi maksimum 146 Nm.

Tidak dengan Kawasaki H2R yang sudah dibuat jauh lebih bertenaga meski tipe mesin serta kapasitas yang dibawanya sama. Dimana dari tabel di atas bisa kita ketahui bahwa mesin 1.000 cc H2R mampu memuntahkan tenaga sebesar 296 HP dengan torsi puncak 150 Nm.

4. Sistem Pendinginan Mesin

Selanjutnya ketika kalian sedang mencari sisi perbedaan antara Ninja H2 dan Ninja H2R. Selain di atas sudah kami sebutkan mungkin banyak yang belum tahu bahwa perbedaan konsep seperti kami singgung sebelumnya juga membuat sistem pendinginan kedua motor ini beda.

Dimana pada Kawasaki Ninja H2R sistem pendinginan mesin tidak ada dukungan kipas radiator. Sementara di Ninja H2 kipas radiator masih tetap disematkan. Dengan begitu pemakaian H2R benar-benar harus di perhatikan agar mesin motor tidak overheat (panas berlebih).

5. Bobot / Berat

Perbedaan lain dari motor sport Kawasaki H2 dan H2R yang berikutnya adalah bobot keseluruhan tanpa adanya modifikasi sama sekali. Jika berkaca dari semua hal yang sudah kami sampaikan di atas, tentu bisa kalian tebak bawah bobot H2 akan lebih berat dari H2R.

Yah, tebakan kalian tentu saja benar. Karena mengutip langsung dari situs Kawasaki serta beberapa referensi yang ada, diketahui bahwa bobot atau berat keseluruhan tanpa modifikasi dari H2R sekitar 216 kg sedangkan Kawasaki H2 238 kg.

6. Harga Kawasaki Ninja H2 vs H2R

Perbedaan terakhir yang mungkin akan di dapat ketika menjadikan Kawasaki H2 maupun H2R sebagai pilihannya adalah banderol harga. Yah, dengan adanya fitur serta spesifikasi yang di sematkan Kawasaki pada kedua tipe motor sport terbarunya ini.

Otomatis harga jual yang ditawarkan pun sedikit berbeda. Buat kalian yang penasaran berikut tabel perbedaan harga Kawasaki H2 dan H2R yang bisa kalian jadikan sebagai gambaran.

Harga Kawasaki Ninja H2Harga Kawasaki Ninja H2R
Rp 760.000.000 (OTR Jakarta)USD$56,500 setara Rp 811 juta (Harga Perkiraan)

Harga akan dapat berubah sewaktu-waktu.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan detail yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait daftar perbedaan Kawasaki H2 dan H2R yang mungkin ingin kalian beli. Secara garis sekilas gaya bahasa desain yang dibawanya hampir sama.

Akan tetapi seperti di atas otoflik.com sampaikan, bisa kita ketahui bahwa desain keduanya pun berbeda. Kami rasa cukup sekian semoga bisa menjadi referensi menarik dan bermanfaat.

Advertisements

Tags: , , , , ,