√ Surat Perjanjian Over Kredit Motor : Contoh, Isi & Cara Membuat

Surat Perjanjian Over Kredit Motor – Membeli motor dengan cara take over atau over kredit memang menjadi salah satu cara yang cukup banyak dipilih masyarakat tanah air untuk dapat memperoleh sepeda motor cepat dengan harga terjangkau. Over kredit motor sendiri merupakan proses pemindahan fasilitas kendaraan cicilan.

Yang dimana proses pemindahan ini dilakukan dengan 3 pihak terkait, yakni lembaga keuangan sebagai perantaranya, serta pihak pemilik kendaraan dan pembeli. Dilakukannya over kredit sendiri dapat dilakukan dengan begitu banyak alasan.

Namun dari banyaknya alasan yang ada, tidak bisa membayar cicilan setiap bulan menjadi faktor utama proses over kredit terjadi atau berlangsung. Nah bicara mengenai proses over kredit motor, untuk dapat membuat proses over kredit motor berlangsung lancar, maka harus ada surat perjanjian over kredit motor.

Dimana dalam surat tersebut ada beberapa point penting yang menyatakan kesepakatan antara pihak pembeli, leasing dan juga penjual atau pemilik motor sebelumnya. Dan perlu dipahami proses over kredit motor sendiri mengharuskan pihak leasing mengetahuinya.

Surat Perjanjian Over Kredit Motor dari Contoh Isi Fungsi dan Cara Membuat

Karena jika tidak, ketika penerus cicilan mengalami kendala maka leasing akan meminta pertanggungjawaban kepada pemilik atau pembeli pertama. Dan itu justru akan membuat resiko yang cukup membahayakan bagi semua pihak. Maka dari itu diperlukanlah surat perjanjian over kredit motor.

Apa Itu Surat Perjanjian Over Kredit Motor?

Apa Itu Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Meski bukan lagi proses baru dalam jual beli kendaraan baik motor ataupun mobil. Akan tetapi masih ada banyak sekali masyarakat yang belum tahu apa yang sebenarnya dimaksud surat perjanjian over kredit motor. Jadi sebelum melangkah ke pembahasan lainnya, dibawah ini akan otoflik.com rangkum penjelasannya.

Secara garis besar surat perjanjian over kredit motor adalah surat resmi yang dapat dipertanggungjawabkan untuk semua laporan keuangan, tenor cicilan, nominal tagihan yang harus di bayar setiap bulannya, serta tanggal jatuh tempo pembayaran serta kesepakatan antara beberapa pihak terkait.

READ  7 Komponen Kaki Kaki Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap 2021

Atau mudahnya merupakan surat pernyataan terkait proses kredit motor yang sudah diambil alih oleh pihak lain (pembeli) dan membuat pihak pertama (penjual) tidak perlu lagi melakukan pembayaran angsuran tiap bulan serta tidak lagi bertanggung jawab atas motor tersebut.

Fungsi Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Fungsi Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Menilik penjelasan terkait apa itu surat perjanjian over kredit motor seperti di atas otoflik.com rangkum dan sampaikan. Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa surat perjanjian over kredit motor juga punya berbagai macam fungsi yang begitu penting serta kuat, beberapa di antaranya seperti:

  1. Mengurangi potensi masalah yang akan terjadi selanjutnya antara pihak pertama (pembeli) dan juga pihak leasing.
  2. Sebagai bukti kuat bahwa pertanggungjawaban pengkreditan motor sudah bukan lagi milik pihak pertama.
  3. Sebagai bukti kelengkapan surat pernyataan kepada pihak leasing agar mereka dapat mengetahui bahwa over kredit motor sudah dilakukan.
  4. Untuk pihak leasing, sebagai tanda bahwa mereka tidak akan menyerahkan surat atau dokumen kepemilikan motor selain kepada orang yang namanya tidak tercantum di dalam surat perjanjian over kredit motor tersebut.

Isi Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Isi Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Dengan mengikuti prosedur CARA OVER KREDIT MOTOR yang baik dan benar seperti pembahasan otoflik sebelumnya. Otomatis hal ini tidak akan merugikan pihak manapun, apalagi ditambah dengan adanya surat perjanjian over kredit motor yang terdapat beberapa isi atau poin penting di dalamnya, seperti halnya.

  1. Identitas pemilik motor pertama atau pihak pihak penjual motor yang sudah tidak lagi sanggup melakukan pembayaran atau alasan lainnya.
  2. Identitas calon pembeli motor yang sanggup meneruskan tunggakan tagihan atau cicilan motor tersebut.
  3. Isi dan maksud surat perjanjian tersebut dibuat.
  4. Tanda tangan kedua belah pihak, bila lebih sempurna ditambah identitas leasing dan juga tanda tangan penanggung jawab leasing.
  5. Materai resmi serta saksi yang menyaksikan pemindahtanganan pertanggungjawaban kepemilikan sepeda motor.
  6. Lalu identitas motor atau kendaraan yang akan di pindah tangankan.
READ  35 Merek Mobil Beserta Asal Negara Terbaik Indonesia & Dunia 2021

Cara Membuat Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Cara Membuat Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Secara garis besar cara membuat surat perjanjian over kredit motor sendiri tidak jauh berbeda dengan cara membuat SURAT JUAL BELI MOTOR dibawah tangan ataupun surat resmi lainnya. Dimana ada beberapa langkah yang harus dilakukan, beberapa langkah tersebut di antaranya seperti:

  1. Membuat lembar kerja baru pada aplikasi microsoft word dan membuat judul surat perjanjian over kredit motor. Usahakan pembuatan menggunakan font standar dan memakai ukuran font minimal 12.
  2. Setelah itu langkah berikutnya dalam membuat surat perjanjian over kredit yakni membuat pernyataan dari kedua belah pihak serta menjelaskan identitas lengkap mulai dari nama, pekerjaan, alamat, nomor KTP dan nomor HP.
  3. Jika sudah buatlah identitas untuk motor yang akan di pindah tangankan mulai dari jenis motor, nomor rangka motor, nomor mesin motor hingga penjelasan terkait sisa tagihan yang harus diteruskan dan kesepakatan lainnya.
  4. Apabila semua poin sudah di buat dan di tulis, maka tahap terakhir harus di cantumkan yakni membuat bagian penutup surat perjanjian dengan menyertakan tanda tangan pihak pertama, kedua, dan juga saksi di atas materai.

Contoh Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Contoh Surat Perjanjian Over Kredit Motor

Nah setelah mengetahui secara detail apa itu surat perjanjian over kredit motor, fungsi dan isi dan juga cara membuatnya. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian over kredit yang dapat kalian download dan gunakan dalam format doc dan juga pdf.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa contoh surat perjanjian over kredit motor dalam format doc dan juga pdf yang dapat kalian downlad serta edit untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan atau sekedar untuk contoh. Bagaimana apakah sudah cukup membantu? Semoga apa yang sudah otoflik.com sampaikan di atas bisa menjadi referensi yang membantu.

Tags: , , , ,