10 Contoh Surat Jual Beli Motor & Perjanjian Terbaru 2020

Contoh Surat Jual Beli Motor – Pembelian suatu barang dengan harga mahal akan lebih baik menggunakan surat perjanjian. Tujuan utamanya tentu untuk mengikat kedua belah pihak terkait barang yang akan ditransaksikan. Selain itu surat perjanjuin jual beli juga digunakan sebagai bukti kesadaran pihak penjual saat menjual barang tersebut.

Pada umumnya penggunaan surat perjanjian dapat kita temukan pada saat proses transaksi jual beli sepeda motor baik secara kredit ataupun tunai. Dan dengan adanya surat jual beli motor ini, memungkinkan proses transaksi akan lebih transparan. Sehingga tidak akan memberatkan salah satu pihak karena telah disepakati bersama-sama.

Adapun isi dari surat jual beli motor bisa dibilang cukup lengkap, karena seluruh informasi terkait identitas pemilik, penjual, pembeli serta detail motor akan dapat kita temukan. Bahkan hal paling mendasar seperti cara pembayaran yang akan digunakan baik secara angsuran atau tunai pun harus disertakan dengan nominal sesuai dengan kesepakatan.

Meski peranannya sangatlah penting. Namun dari semua piranti dalam proses transaksi jual beli motor kelengkapan surat seperti BPKB dan STNK tetap menjadi bagian yang paling utama dan harus ada. Terkecuali jika proses transaksi tersebut tanpa BPKB karena status motor masih dalam masa kredit leasing terkait.

Contoh Surat Jual Beli Motor & Perjanjian Terbaru

Contoh Surat Jual Beli Motor

Penggunaan surat jual beli motor sendiri sebenarnya sudah sangat umum digunakan di dalam masyarakat kita. Akan tetapi tidak sedikit orang yang masih bingung dengan contoh surat jual beli motor yang benar. Oleh karena itu, disini akan otoflik.com sampaikan beberapa poin penting dalam surat perjanjian jual beli motor.

READ  12 Semir Ban Mobil Terbaik & Tips Memilihnya 2020

Apa itu Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Surat perjanjian jual beli motor merupakan sebuah media yang dibuat dan digunakan untuk memberitahukan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli bahwa mereka telah melakukan kesepakatan proses transaksi. Yang dimana di dalam surat perjanjian tersebut diterangkan secara rinci hari dan tanggal transaksi dan juga harga yang telah di sepakati.

Selain itu, ada juga beberapa hal penting lain yang harus kalian pahami dalam pembuatan surat perjanjian. Mengingat surat perjanjian jual beli motor merupakan salah satu surat resmi layaknya surat kuasa pengambilan BPKB. Akan tetapi penggunaan surat ini biasanya akan lebih banyak kita jumpai pada transaksi jual beli motor bekas.

Pasalnya dalam pembelian motor baru lewat dealer, biasanya proses transaksi akan dilakukan sesuai dengan SOP dealer ketika mengeluarkan sebuah motor kepada pihak pembeli. Yang dimana sebagai salah satu bukti sahnya, biasanya dealer memberlikan surat pembelian lengkap kwitansi pembayarannya.

Harus Ada Dalam Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Seperti yang kami jelaskan diatas, surat jual beli motor merupakan salah satu surat remsi yang memiliki beberapa aturan atau ketentuan. Maka dari itu dalam pembuatannya ada beberapa hal penting yang harus dan wajib ada. Dimana hal-hal penting tersebut meliputi :

  1. Identitas Pihak Penjual
  2. Identitas Pihak Pembeli
  3. Identitas Kendaraan yang Dijual Belikan
  4. Kesepakatan Uang yang Dibayarkan
  5. Kesepakatan Metode Pembayarannya
  6. Kesepakatan Balik Nama Kendaraan
  7. Kesepakatan Kedua Pihak Jika Ada yang Tidak Dipenuhi
  8. Pernyataan Secara Sadar dan Tanpa Paksaan Penandatanganan
  9. Tanggal Kesepakatan dan Tanda Tangan Kedua Pihak

Fungsi Surat Jual Beli Motor

Secara keseluruhan, fungsi surat perjanjian jual beli motor yaitu sebagai media pengikat kedua belah pihak, yaitu pihak penjual dan pembeli. Selain itu surat resmi ini juga bisa digunakan oleh pihak pembeli untuk balik nama motor jika memang diinginkan.

READ  Contoh Plat Ganjil Genap : Peraturan, Rute, Sanksi & Jam Operasi

Selain itu kegunaan surat perjanjian jual beli motor juga dapat digunakan sebagai penjelasan bagaimana proses dan tata cara transaksi dilakukan. Terutama untuk bagian pembayaran yang dilakukan baik secara tunai atau kredit.

Contoh Surat Jual Beli Motor

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Apabila sudah paham apa itu surat perjanjian jual beli motor, fungsi dan juga hal-hal penting yang harus ada. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa contoh surat jual beli motor dalam format doc yang dibayarkan secara tunai dan juga yang dilakukan secara kredit atau angsuran.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Tunai

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Kredit

Apabila sudah kalian download contoh suarat perjanjian jual beli motor format doc diatas. Silahkan kalian sunting atau edit sesuai dengan kebutuhan kalian. Sesudah itu silahkan cetak dan isi semua bagian tanda tangan yang dibutuhkan dari pihak penjual dan pembeli lengkap dengan materai.

Tags: ,