4 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar Terbaru 2020

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil – Transaksi jual beli mobil yang sah secara hukum, biasanya harus dibubuhi adanya surat perjanjian jual beli yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Keberadaan surat tersebut bukan hanya menjadi penguat transaksi, namun juga bisa di jadikan dokumen penting saat mengurus berkas administrasi.

Hal tersebut dikarenakan isi dari surat perjanjian jual beli mobil adalah kontrak serta pasal-pasal yang memuat kewajiban serta hak dari masing-masing pihak. Oleh karena itu kedudukan surat perjanjian transaksi ini bisa dibilang sangat tinggi. Sehingga baik pihak pembeli ataupun pejuan benar-benar harus membaca keseluruhan isi yang tertuang di dalamnya.

Untuk pembelian mobil baru baik kredit ataupun pembelian lunas kalian tidak perlu khawatir, karena dari pihak dealer biasanya sudah membuatkan surat perjanjian tersebut. Atau dengan kata lain kalian sebagai pembeli hanya perlu membaca surat perjanjian yang di berikan kemudian memberikan tanda tangan diatas materai sebagai bukti sah.

Namun berbeda jika mobil tersebut berstatus second atau bekas. Karena tidak jarang para penjual tidak memberikan surat perjanjian tersebut, apalagi jika mobil bekas itu tanpa BPKB. Oleh karena itu sebagai pembeli, kalian bisa meminta kepada penjual untuk membuatkan atau bahkan bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti poin-poin penting di dalam surat perjanjian jual beli.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar

Meski bukan lagi menjadi hal baru dalam transaksi jual beli mobil atau jual beli motor. Terkadang masih banyak orang bertanya seperti apa kiranya contoh surat perjanjian jual beli mobil yang benar. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini otoflik.com akan menjelaskan secara detail, lengkap dengan contoh yang bisa kalian download dalam format doc ms word berikut ini.

READ  4 Motor Harley Mini Termurah dan Terbaru 2020

Apa itu Surat Perjanjian Jual Beli Mobil?

Sesuai dengan namanya, surat perjanjian jual beli mobil merupakan dokumen dengan kedudukan tinggi ketika ada transaksi jual beli kendaraan baik untuk mobil baru atau bekas. Atau bisa dibilang merupakan bentuk persetujuan pembelian mobil yang telah di sederhanakan dengan tetap mengindahkan unsur penting surat perjanjian dan telah disepakati oleh kedua belah pihak dengan ditandai adanya tanda tangan diatas materai.

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Dari penjelasan diatas tentu saja bisa kita tarik kesimpulan bahwa fungsi utama dari surat perjanjian jual beli mobil adalah media untuk mengikat antara pihak penjual dan pembeli yang mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing pihak. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Bagi Pembeli

  • Untuk memastikan bahwa transaksi jual beli tidak ada indikasi penipuan.
  • Untuk memastikan adanya jaminan dari penjual terkait kondisi mobil masih bagus.
  • Juga untuk memastikan spesifikasi mobil tersebut sama dengan spesifikasi yang tertulis serta diterangkan oleh pihak penjual.

Bagi Penjual

  • Digunakan untuk menghidari komplain atau gugatan dari pembeli diluar perjanjian yang sudah atau telah disepakati.
  • Menerangkan metode pembayaran baik kredit, tunai, dan atau over kredit.
  • Menerangkan keberadaan dokumen kendaraan lengkap, tanpa BPKB atau hanya STNK Only.
  • Memastikan pemindahan hak dan kewajiban kepemilikan mobil.

Harus Ada Dalam Perjanjian Jual Beli Mobil

Mengingat surat perjanjian jual beli mobil ini merupakan sebuah dokumen sah dan remsi secara hukum. Tentu saja penggunaan dan pembuatannya tidak sembarangan. Karena seperti penjelasan yang kami sampaikan diatas, di dalam surat ini harus beriskan beberapa poin penting meliputi :

  • Identitas Pihak Penjual Mobil.
  • Identitas Pihak Pembeli Mobil.
  • Identitas Mobil.
  • Kesepakatan Uang Dibayarkan.
  • Kesepakatan Metode Pembayaran.
  • Kesepakatan Balik Nama Mobil.
  • Kesepakatan Kedua Pihak Apabila Terdapat Poin yang Tidak Dipenuhi.
  • Pernyataan Secara Sadar dan Tanpa Paksaan Penandatanganan.
  • Tanggal Kesepakatan Transaksi Jual Beli.
  • Tanda Tangan Kedua Pihak Diatas Materai.
READ  Sistem Kemudi Mobil : Jenis, Fungsi dan Komponen 2020

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Penggunaan surat jual beli mobil menjadi hal yang paling penting ketika kalian ingin melakukan transaksi, terlebih lagi ketika membeli mobil bekas. Karena seperti kita semua ketahui, ada beberapa oknum memperjual belikan mobil bekas dengan kondisi tidak layak dengan harga mahal.

Dengan begitu, adanya surat perjanjian jual beli mobil ini juga menguatkan kalian sebagai pembeli untuk dapat melayangkan komplain apabila mobil tersebut memiliki kondisi bertentangan dengan isi dalam perjanjian. Sebagai contoh ketika kalian membeli mobil Toyota Avanza bekas dengan uang muka yang telah disepakati.

Namun pada saat transaksi sudah selesai, mobil memiliki cacat produk yang tidak disebutkan oleh pihak penjual. Dengan adanya surat tersebut maka kalian memiliki kekuatan hukum untuk melakukan komplain. Nah jika sudah paham, berikut beberapa contoh surat perjanjian jual beli mobil sederhana, padat, jelas yang bisa kalian download dalam format doc MS Word.

Bagi kalian yang membutuhkan surat perjanjian jual beli mobil, silahkan download salah satu dokumen MS Word yang sudah otoflik.com lampirkan diatas kemudian ubah atau isi data-data yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi dan waktu disaat membuatnya. Sekian dan semoga bisa membantu.

Tags: , ,