3 Contoh Surat Kuasa Balik Nama Motor yang Benar

Contoh Surat Kuasa Balik Nama Motor – Membeli sepeda motor dengan status second atau bekas mungkin telah menjadi hal biasa di tengah masyarakat kita. Selain karena memiliki peminat yang cukup banyak, transaksi jual beli motor bekas juga memberikan keuntungan yang besar bagi para pembeli.

Hal tersebut karena para pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan ketika membeli sepeda motor baru lewat dealer resmi. Namun dilain sisi pembelian motor bekas juga bisa menjadi boomerang apabila tidak mengetahui tips beli motor bekas yang baik dan benar.

Pasalnya dari beberapa kasus jual beli motor bekas, ada segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab dengan motor yang mereka jual. Nah bicara mengenai motor bekas, ada baiknya jika proses transaksi pembelian sudah selesai segeralah mengurus balik nama motor tersebut agar kedepannya kalian dapat mengurus pajak dengan mudah.

Jika ternyata kalian tidak memiliki waktu untuk mengurus proses balik nama motor tersebut, kalian bisa menyuruh orang lain untuk mengurusinya. Namun agar prosesnya lebih cepat serta tidak memakan waktu yang lama ada baiknya kalian membuat surat kuasa balik nama motor.

Contoh Surat Kuasa Balik Nama Motor yang Benar

Contoh Surat Kuasa Balik Nama Motor yang Benar

Adanya dokumen surat kuasa balik nama motor yang kalian buat secara benar lengkap dengan tanda tangan asli diatas materai, maka secara hukum kalian sudah menguasakan sepenuhnya proses balik nama motor kepada orang lain. Lalu bagaimana contoh surat kuasa balik nama motor yang benar? Berikut otoflik.com jelaskan secara lengkap.

READ  10 Jenis Truk Berdasarkan Bentuk, Kapasitas, Jumlah Sumbu & Roda 2020

Apa itu Surat Kuasa?

Surat kuasa merupakan salah satu surat resmi yang dibuat dengan isi untuk menjelaskan mengenai pemberian kewenangan dari pihak tertentu kepada pihak lain atas dasar kepercayaan. Pembuatan surat kuasa biasanya dilakukan ketika pihak pembuat tidak memiliki kesempatan atau waktu untuk mengurus suatu pekerjaan, masalah, dan tugas yang mereka miliki.

Dalam penggunaannya surat kuasa dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu surat kuasa formal serta surat kuasa non-formal. Dimana surat kuasa formal biasanya digunakan untuk hal-hal bersifat resmi, seperti pengambilan BPKB atau pengurusan balik nama kendaraan bermotor. Sementara surat kuasa non-formal lebih tertuju pada urusan yang bersifat pribadi.

Fungsi Surat Kuasa Balik Nama Motor

Lalu apa sih fungsi surat kuasa balik nama motor? Jika melihat penjelasan mengenai apa itu surat kuasa diatas. Dapat kita simpulkan bahwa surat kuasa balik nama motor merupakan suatu dokumen surat resmi yang dibuat sebagai bukti pernyataan dari pihak pemberi kuasa (pemilik kendaraan bermotor), bahwa pihak penerima memiliki kewajiban dan juga hak untuk bisa melakukan proses balik nama motor yang dimiliki oleh pihak pemberi kuasa.

Harus Ada Dalam Surat Kuasa Balik Nama Motor

Adapun dalam pembuatan surat kuasa balik nama motor atau mutasi motor yang baik dan benar harus ada beberapa poin penting didalamnya. Yang dimana beberapa poin penting tersebut meliputi:

  • Kepala Surat.
  • Nomor Surat.
  • Pemberi Kuasa.
  • Identitas Pemberi Kuasa.
  • Penerima Kuasa.
  • Identitas Penerima Kuasa.
  • Hal yang Dikuasakan (balik nama motor).
  • Waktu Pemberian Kuasa.
  • Tanda tangan penerima serta pemberi kuasa diatas materai.

Ciri Surat Kuasa Balik Nama Motor yang Baik & Benar

Jika mengacu pada unsur penting atau poin penting yang harus ada didalam suarat kuasa balik nama motor seperti kami sebutkan diatas. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa ciri surat kuasa untuk keperluan mutasi motor atau balik nama motor yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan surat kuasa balik nama motor menggunakan struktur bahasa Indonesia yang baku serta mudah dipahami.
  2. Pembuatan surat kuasa juga harus menggunakan bahasa serta kata-kata singkat, padat, terstruktur juga jelas.
  3. Memiliki isi mengenai pernyataan pengalihan hak dan kewajiban dari pemilik kendaraan kepada orang lain.
READ  105 Harga Motor Matic Terlaris Irit Murah Terbaru 2020

Contoh Surat Kuasa Balik Nama Motor

Contoh Surat Kuasa Balik Nama Motor

Jika sudah paham dengan penjelasan diatas, kiranya seperti apa contoh surat kuasa balik nama motor yang benar dan baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian bisa melihat beberapa contoh surat kuasa dalam format doc dibawah ini.

Bagi kalian yang membutuhkannya, silahkan download lalu buka lewat aplikasi Microsoft word untuk contoh surat kuasa balik nama motor format doc diatas. Kemudian ganti poin-poin penting yang ada sesuai dengan kebutuhan. Sekian semoga bisa bermanfaat.

Tags: ,