4 Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor & Cara Membuat 2020

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor – Membayar pajak kendaraan bermotor sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia. Dengan membayar pajak tahunan tersebut, selain akan mendapatkan pembaharuan administrasi kendaraan, kita juga sudah ikut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur jalanan di seluruh tanah air.

Pajak tahunan sendiri akan selalu dilakukan sesuai dengan tanggal atau batas masa berlaku yang tertera di dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. Bahkan dalam pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor ini kalian tidak perlu datang langsung ke kantor SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap.

Karena secara sistem, pajak tahunan bisa langsung kalian bayarkan di beberapa lokasi yang sudah disediakan oleh pihak SAMSAT. Seperti minimarket, toko online, atau bahkan di SAMSAT Cepat di daerah kalian masing-masing. Karena pada dasarnya pembayaran pajak tahunan tidaklah sama dengan pembayaran pajak lima tahunan saat ganti plat motor atau mobil.

Bahkan ketika kalian tidak memiliki waktu luang untuk melakukan pembayaran pajak motor dikarenakan kesibukan yang ada. Kalian bisa mewakilkan pembayaran pajak tersebut kepada orang lain. Namun untuk menguatkan data-datanya, kalian diharuskan untuk membuat surat kuasa bayar pajak motor untuk diberikan kepada orang tersebut.

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor & Cara Membuat

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Meski bisa diwakilkan, akan tetapi pembuatan surat kuasa bayar pajak motor benar-benar harus diberikan kepada orang yang kalian percaya seperti adik, kakak, paman, orang tua atau bahkan keponakan kalian. Hal tersebut tentu saja diperlukan agar bisa meminimalisir terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

READ  20 Kode Plat Nomor Belakang Seluruh Daerah di Indonesia 2020

Apa itu Surat Kuasa Bayar Pajak Motor?

Sesuai dengan namanya, surat kuasa pembayaran pajak motor merupakan dokumen resmi yang dibuat oleh pihak pemilik motor (pihak pertama) untuk diberikan atas dasar kepercayaan kepada pihak pelaksana (pihak kedua) untuk membantu pembayaran pajak motor kalian.

Fungsi Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Hampir sama seperti surat kuasa balik nama motor, fungsi utama surat kuasa pembayaran pajak motor yaitu sebagai bukti pernyataan kepada petugas pengurusan pajak kendaraan yang ada di daerah kalian. Bahwa pihak pemilik kendaraan memberikan kekuasaan hak dan kewajibannya kepada pihak penerima untuk melakukan pembayaran pajak tersebut.

Harus Ada Dalam Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Merupakan sebuah dokumen resmi, tentu saja pembuatan surat kuasa pembayaran pajak motor benar-benar harus dibuat dengan struktur yang benar dengan mengacu pada beberapa poin utama pembuatan surat kuasa. Dimana beberapa poin penting yang harus ada saat pembuatan surat kuasa tersebut meliputi:

  • Judul (Penjelasan Surat).
  • Kalimat pembuka berisi keterangan waktu.
  • Identitas lengkap pemberi dan penerima kuasa.
  • Jenis pemberian kuasa bersifat umum atau khusus.
  • Perihal atau keperluan dibuatnya surat kuasa.
  • Penutup surat kuasa.
  • Tanda tangan dari kedua belah pihak dan juga saksi dengan di lengkapi adanya materai.

Ciri Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Dengan mengacu pada poin penting yang harus ada di dalam surat kuasa pembayaran pajak sepeda motor diatas. Maka dibawah ini otoflik sampaikan beberapa ciri surat kuasa yang baik dan benar.

  1. Penggunaan kata atau kalimat padat dan jelas serta mudah dipahami.
  2. Menggunakan bahasa Indonesia baku.
  3. Memiliki penjelasan kuat atas pengalihan hak dan juga kewajiban dari pihak pemberi kuasa.
  4. Penggunaan bahasa dan kata benar-benar dibuat sesuai dengan peruntukannya.
  5. Terdapat tanda tangan asli dari kedua belah pihak lengkap beserta materai sebagai bukti surat kuasa yang sah.
READ  15 Charger Mobil Terbaik Aman dan Cepat 2020

Cara Membuat Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Menjadi salah satu dokumen remsi yang bisa dipertanggung jawabkan secara hukum. Tentu saja pembuatan surat kuasa pembayaran pajak motor benar-benar harus di lakukan secara baik dan benar. Bahkan dibuatanya surat kuasa ini juga tidak diperkenankan untuk asal-asalan. Lantas bagaimana cara membuat surat kuasa bayar pajak motor yang baik dan benar?

  1. Hal paling penting harus kalian sertakan dalam pembuatan surat kuasa ini adalah identitas dari pemberi kuasa dan juga penerima kuasa.
  2. Selain itu dalam pembuatan surat kuasa ini juga harus terdapat tulisan yang menjelaskan mengenai wewenang apa yang ingin diberikan kepada penerima kuasa.
  3. Selanjutnya pembuatan surat kuasa pembayaran pajak sepeda motor juga harus disertai dengan adanya materai 6.000 pada bagian tanda tangan kedua belah pihak.

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor yang Benar

Apakah sudah paham dan jelas mengenai detail cara membuat dan juga poin penting pada surat kuasa pembayaran pajak sepeda motor diatas? Apabila sudah jelas, berikut ini otoflik.com berikan beberapa contoh surat kuasa bayar pajak motor untuk bisa kalian download dalam format doc dan juga format pdf.

Bagi kalian yang saat ini sedang membutuhkan surat kuasa pembayaran pajak motor format doc atau pdf, silahkan download salah satu file diatas. Setelah itu silahkan isi data-data yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa berikan pula materai 6.000 untuk membuat surat tersebut sah dimata hukum.

Tags: ,