15 Tips Beli Motor Bekas Online Secara Aman 2020

Tips Beli Motor Bekas – Seperti kita ketahui bersama, motor atau kendaraan roda dua merupakan sebuah alat transportasi yang cukup banyak di mintai di Indonesia. Selain mudah untuk di gunakan, bepergian menggunakan sepeda motor juga di anggap lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mobil. Maka tidak heran banyak sekali orang yang menginginkan motor baru.

Akan tetapi dengan mahalnya harga motor baru sekarang ini membuat banyak orang ragu untuk membelinya dengan alasan terbentur biaya. Hal inilah yang membuat calon pembeli motor berpindah haluan dengan membeli motor bekas. Salah satu alasan yang paling kuat kenapa banyak orang memilh membeli motor bekas adalah harga yang lebih murah.

Namun tidak bisa dipungkiri, dengan semakin banyaknya para penjual motor bekas yang ada sekarang ini membuat kita juga harus pintar dan jeli ketika ingin beli motor bekas. Karena tidak sedikit oknum yang menjalani bisnis jual beli motor bekas dari hasil kejahatan hanya demi meraup keuntung sendiri.

Oleh karena itu sebelum anda beli motor bekas, terutama jika anda membelinya secara online. Ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa tips cara membeli motor bekas yang baik dan benar agar anda tidak tertipu. Bahkan dengan mengetahui tips yang akan otoflik bagikan kali ini, anda juga bisa mendapatkan motor bekas dalam kondisi yang masih bagus.

Tips Beli Motor Bekas Online Secara Aman

Tips Beli Motor Bekas

Membeli motor bekas untuk melengkapi kebutuhan transportasi sekarang ini memang menjadi jalan pintas bagi mereka yang tidak memiliki budget lebih. Akan tetapi memilih motor bekas pun tidaklah mudah, terlebih bagi anda yang masih awam dengan kondisi motor. Maka dari itu anda harus tahu beberapa tips beli motor bekas agar anda terhindar dari penipuan dan juga bisa mendapatkan kondisi motor yang bagus serta prima berikut ini.

1. Pilih Tipe Motor yang Akan Dibeli

Bagi flikermania yang akan membeli motor bekas secara online, pastikan terlebih dahulu tipe motor yang ingin anda beli. Hal ini untuk menghemat waktu anda mencari motor bekas yang akan di beli. Motor bekas dari berbagai jenis, seperti motor bebek, motor sport, atau motor trail pun bisa anda temui. Tetapi saran kami anda sudah memiliki pilihan jenis dan tipe motor.

2. Memilih Penjual yang Benar

Cari Penjual yang Benar

Memilih penjual yang benar ketika akan beli motor bekas menjadi tips gampang-gampang susah. Pasalnya seperti kami singgung diatas, sekarang ini tidak sedikit penjual nakal yang hanya bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi. Jadi sebelum anda beli motor bekas, ada baiknya cari terlebih dahulu penjual motor bekas yang sudah memiliki reputasi baik atau bisa lewat teman yang memiliki koneksi ke para penjual motor bekas.

READ  Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok, Begini Cara Mengatasinya

3. Cek Kondisi Fisik

Setelah mengetahui penjual dan menyanyakan tipe serta jenis motor bekas yang ingin anda beli. Sebaiknya anda datangi lokasi penjual untuk mengecek kondisi fisik. Hal ini bisa di lakukan baik anda membelinya secara online ataupun offline. Beberapa bagian fisik motor yang harus anda cek antara lain, kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Usahakan anda mencari motor bekas yang seluruh bagiannya masih parts original.

4. Cek Rangka atau Sasis Motor

Kemudian tips beli motor bekas yang selanjutnya adalah mencek bagian rangka atau sasis. Hal ini biasanya bisa di lakukan dengan melihat kelurusan roda bagian depan dan belakang. Pastikan kondisi kedua ban tersebut dalam keadaan yang lurus. Atau bisa juga dengan menjalankan motor dengan kecepatan 40km/jam lalu lakukan rem secara mendadak. Ini berguna untuk mendeteksi lurus atau tidaknya sasis dan juga poros setang dari motor tersebut.

5. Cek Kebocoran

Cek Kebocoran Oli

Setelah anda menemukan tipe motor yang anda cari secara online, kami sarankan anda untuk mendatangi lokasi penjual. Setelah itu lakukan pengecekan secara keseluruhan termasuk juga cek kebocoran pada bagian mesin atau knalpot. Hal ini bisa anda lakukan dengan menyalakan motor dan menutup knalpot. Serta menjalankan motor kemudian cek pada bagian sela-sela mesin apakah ada oli yang bocor dan air radiator untuk tipe motor yang menggunakan sistem pendingin radiator.

6. Cek Kondisi Roda

Hal yang juga tidak kalah pentingnya ketika anda membeli motor bekas adalah mengecek kondisi roda karena kita tahu roda merupakan salah satu bagian vital yang ada pada sebuah kendaraan. Pasatikan saat pengecekan, anda mendapati velg dalam keadaan yang baik tanpa benkong atau pecah. Serta pastikan pula posisi roda depan dan belakang lurus.

7. Ketahui Harga Pasaran Motor

Membeli motor bekas juga harus mengetahui harga pasaran motor yang ingin anda beli tersebut. Baik itu akan di lakukan secara online ataupun secara offline. Untuk melakukan pengecekan anda dapat mencarinya dari berbagai sumber, seperti koran, majalah, toko online, ataupun juga dari media lain yang membahas seputar harga motor baik baru ataupun bekas.

8. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Hal paling penting ketika anda beli motor bekas adalah mengecek semua surat-surat kelengkapan kendaraan. Anda harus melihat semua surat seperti BPKP dan juga STNK, setelah itu anda dapat cek plat nomor motor tersebut secara online baik dari situs resmi samsat ataupun juga lewat format SMS. Hal ini untuk mengurangi kecurigaan kita terhadap motor bekas yang akan kita beli apakah dari hasil pencurian atau bukan.

9. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Tidak hanya sampai disitu, anda juga harus mencecek nomor rangka dan juga nomor mesin dari motor bekas yang akan anda beli. Untuk pengecekannya, anda harus melihat seara langsung pada motor bekas tersebut dan sesuaikan atau samakan dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tertulis pada STNK ataupun BPKB.

READ  5 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Dokumen Yang Dibutuhkan

10. Cek Kondisi Oli Mesin

Tips beli motor bekas yang selanjutnya adalah melihat kondisi oli mesin. Hal ini bisa dikatkaan merupakan hal yang cukup penting, karena banyak penjual yang sengaja mengisi oli secara berlebih agar membuat mesin motor bisa lebih halus saat di nyalakan. Padahal jika oli mesin sesuai dengan takaran, mesin tersebut sebenarnya kasar dan berisik. Jadi sebelum anda menyalakan mesin pastikan terlebih dahulu anda membuka tutup oli dan lakukan pengukuran.

11. Cek Fungsi Speedometer

Meski merupakan motor bekas, namun tidak ada salanya anda cek bagian speedometer. Jika memungkinkan carilah motor bekas yang akan anda beli dengan kondisi speedometer berfungsi normal. Selain itu pastikan juga jumlah kilometer yang masih dalam batas wajar sebagai motor bekas. Jika sudah melebihi 20.000 ribu kilometer kami sarankan jangan anda ambil. Hal ini karena bisa saja anda harus mengganti beberapa komponen mesin untuk kedepannya.

12. Hidupkan Mesin

Menghidupkan mesin motor bekas yang akan anda beli juga menjadi tips yang cukup penting. Usahakan anda hidupkan secara otomatis menggunakan elektrik starter dan juga secara manual dengan mengayuh kick starter. Pastinya keduanya berfunsi secara normal.

13. Cek dan Rasakan Perpindahan Giginya

Cek Perpindahan Gigi

Setelah anda berhasil menghidupkan mesin dan anda cek tidak terjadi masalah yang fatal baik dari sektor mesin ataupun elektrik dan kick starternya. Kami juga menyarankan anda untuk mencoba perpindahan gigi motor tersebut. Jika saat anda melakukan perpindahan gigi terasa kasar, itu berarti anda harus mengganti kampas koplingnya. Usahakan cari motor bekas yang bagian kampas kopling masih bagus.

14. Pastikan Sistem Kelistrikan Normal

Kemudian periksa pula pada bagian sistem kelistrikan motor tersebut. Pastikan lampu-lampu seperti lampu depan, lampu belakang, lampu rem, lampu sen berfungsi dengan baik. Selain itu pastikan pula klakson bisa berbunyi dan lampu speedometer menyala. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah hidupkan motor dengan elektrik starter. Apabila semua berfungsi dengan baik maka kondisi kelistrikan dan juga aki motor tidak ada masalah.

15. Tanyakan ke Penjual Motor Pernah Kecelakaan atau Tidak

Untuk hal yang satu ini bisa anda langsung tanyakan kepada penjualnya. Namun jika anda ragu anda dapat mengeceknya sendiri dengan cara mendirikan motor menggunakan standar ganda dan perhatikan pada bagian roda depan dan belakang yang harus lurus. Serta pastikan pula posisi setang sejajar dengan bodi dan juga roda.

Nah itulah kiranya tips beli motor bekas secara aman yang kali ini dapat kami bagikan untuk flikermania. Pastikan jika anda ingin membeli sebuah motor bekas untuk membawa seseorang yang memang sudah mengetahui kondisi-kondisi sebuah motor. Hal ini untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan ketika anda mengecek motor bekas tersebut. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Tags: