32 Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Lengkap dan Paling Benar 2020

Surat Perjanjian Sewa Mobil – Sewa menyewa mobil sudah menjadi hal yang cukup lumrah di Indonesia. Bahkan sewa menyewa mobil bisa dilakukan untuk kebutuhan pribadi, kebutuhan usaha, ataupun juga perusahaan. Dengan begitu ketika kalian sedang membutuhkan sebuah kendaraan apapun jenisnya bisa memanfaatkan jasa tersebut.

Meski bukan lagi menjadi bisnis baru di Indonesia, tetapi popularitas bisnis yang satu ini masih tetap eksis sampai dengan saat ini. Tentu saja karena memang persewaan mobil akan dapat memberikan keuntungan bagi para calon penyewa atau yang menggunakan mobil tersebut.

Hanya saja apapun bentuknya, baik pribadi ataupun usaha, sewa menyewa mobil membutuhkan surat perjanjian untuk mengikat kedua belah pihak dengan landasan hukum yang kuat. Dengan begitu hak dan juga kewajiban masing-masing pihak akan cukup jelas.

Sehingga ketika ada salah satu pihak yang melanggar atau tidak mengindahkan peraturan yang tertulis di dalam surat perjanjian tersebut akan bisa di pidanakan. Terlebih lagi kekuatan hukum dari surat perjanjian sangatlah tinggi mengingat pembuatan surat perjanjian biasanya di bubuhi dengan adanya tanda tangan diatas materai.

Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Lengkap dan Paling Benar

Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Lengkap dan Paling Benar

Dengan adanya surat perjanjian tersebut maka usaha rental mobil akan dapat berjalan dengan begitu mudah meski pemilik usaha memiliki sistem lepas kunci atau sistem penyewaan mobil tanpa sopir dari jasa rental. Lalu bagaimana contoh surat perjanjian sewa mobil yang baik dan benar? Berikut otoflik berikan beberapa contoh yang dapat kalian download dan gunakan.

Apa Itu Surat Perjanjian Sewa Mobil?

Pada dasarnya semua surat perjanjian yang ada dalam usaha apapun memiliki artian yang sama. Yaitu sebagai dokumen kesepakatan yang sah dan tertulis dengan rinci terkait hak dan kewajiban yang harus masing-masing pihak penuhi.

Perbedaan mendasar dari setiap surat perjanjian terlihat dari fungsi dan tujuan serta barang yang di sewakan. Dengan begitu surat perjanjian sewa mobil adalah dokumen resmi berlandaskan hukum kuat yang berisikan perjanjian sewa menyewa mobil.

READ  10 Kamera Mundur Mobil Terbaik dan Harga Murah 2020

Penggunaan surat perjanjian tersebut dapat dipakai untuk urusan pribadi seperti liburan, acara keluarga atau yang lainnya. Serta dapat digunakan untuk urusan perusahaan seperti untuk grab atau kerjasama antar perusahaan dengan jangka waktu yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan baik harian, bulanan atau tahunan.

Fungsi Surat Perjanjian Sewa Mobil

Apabila ditanya apa fungsi surat perjanjian sewa mobil, tentu saja fungsi utama surat tersebut untuk mengikat antara kedua belah pihak baik pihak penyewa dan pihak yang menyewakan. Selain itu juga untuk memperjelas hak dan kewajiban masing-masing pihak sehingga tidak ada kerancuan antara kedua belah pihak.

Sebagai contoh ketika kalian sedang membutuhkan truk untuk kebutuhan angkut pasir atau batu, maka kalian bisa melakukan sewa truk pada penyedia rental dengan menyepakati surat perjanjian kontrak mobil truk sehingga kalian tahu apa saja yang harus dilakukan selama menyewa truk tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, adanya surat perjanjian kontrak sewa mobil juga bisa difungsikan sebagai:

  1. Pencipta rasa tentang untuk kedua pihak yang terkait dalam kerjasama sewa menyea mobil.
  2. Mengetahui secara pasti batas hak dan kewajiban sesuai dengan isi dari perjanjian tersebut.
  3. Menghindari terjadinya perselisihan yang mungkin muncul atau timbul.
  4. Sebagai acuan untuk menyelesaikan perselisihan atau perkara yang terjadi antara kedua belah pihak terkait.

Harus Ada Dalam Perjanjian Sewa Mobil

Jika dilihat dari fungsi utamanya, tentu saja isi atau poin penting harus ada di dalam surat perjanjian sewa menyewa mobil tidak jauh berbeda dengan surat perjanjian jual beli mobil. Pasalnya didalam surat perjanjian kontrak mobil tersebut harus tertera dengan jelas poin-poin berikut ini.

  • Judul kontrak yang dibuat singkat, padat, dan jelas.
  • Identitas pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan surat perjanjian tersebut.
  • Latar belakang kesepakatan perjanjian.
  • Tujuan utama atau isi dilakukannya perjanjian sewa menyewa mobil.
  • Mekanisme pembayaran yang akan dilakukan.
  • Identitas kendaraan harus lengkap baik itu untuk kendaarn jenis truk, mobil pribadi, minibus atau yang lainnya.
  • Tanda tangan kedua belah pihak diatas materai 6.000.
  • Tanda tangan saksi seabgai penguat surat perjanjian.
  • Kesepakatan jangka waktu sewa mobil baik harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.
READ  12 Cara Melepas Dinamo Starter Mobil & Memasangnya Kembali

Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil

Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil

Dengan mengacu poin utama diatas, maka bisa dikatakan bahwa surat perjanjian dapat digunakan sebagai bukti otentik dan memiliki kekuatan hukum yang tinggi. Nah bagi kalian yang saat ini sedang membutuhkan contoh surat perjanjian sewa mobil, berikut otoflik.com berikan beberapa contoh yang dapat kalian download dengan format doc MS Word atau pdf.

Jika sudah download surat perjanjian sewa mobil dengan format .pdf atau .doc diatas, silahkan buka dan edit isi yang tertulis didalam untuk disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan surat perjanjian kontrak mobil yang akan kalian lakukan. Dan pastikan sebelum mencetak surat tersebut pastikan poin-poin penting diatas sudah benar-benar kalian lengkapi.

Tags: , ,