√ Warna Kabel Kiprok Motor Honda, Yamaha, Suzuki & Fungsi

Warna Kabel Kiprok Motor – Di dalam satu unit sepeda motor ada begitu banyak komponen penting. Mulai dari komponen transmisi, komponen mesin, komponen pengapian hingga komponen kelistrikan. Semua itu akan saling terhubung dan saling melengkapi untuk bisa membuat motor bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Perawatan menjadi hal utama agar semua komponen utama dalam sepeda motor dapat bertahan lama dan tetap mampu memberikan kinerja maksimal. Dari sekian banyaknya bagian yang bisa dibilang begitu penting, mungkin Kiprok motor menjadi bagian yang cukup berperan penting dalam SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR.

Memiliki peran sebagai regulator untuk membuat arus listrik dari spul ke aki motor lebih stabil. Komponen ini terkadang sering mengalami kerusakan. Umumnya ketika umur pemakaian motor sudah cukup lama. Kerusakan pada bagian kiprok motor sendiri bisa menyebabkan cukup banyak masalah dalam sepeda motor.

Termasuk membuat aki motor cepat soak, LAMPU MOTOR CEPAT PUTUS serta lain sebagainya. Jika kondisi ini mungkin sedang kalian alami, mau tidak mau kita harus mengganti kiprok motor tersebut dengan kiprok baru sesuai dengan tipe dan jenis motornya. Nah dalam proses penggantian inilah ada hal yang perlu diperhatikan.

Warna Kabel Kiprok Motor Yamaha Honda Suzuki Kawasaki

Yakni terkait warka kabel kiprok motor. Seperti kita ketahui bersama, dalam satu unit kiprok motor terdapat beberapa soket yang harus dihubungkan dengan kabel. Setiap pabrikan motor seperti Honda, Yamaha, Suzuki hingga Kawasaki memiliki uraian warna kabel kiprok yang umumnya berbeda-beda.

Warna Pada Kabel Kiprok Motor

Warna Pada Kabel Kiprok Motor

Pemasangan soket dan warna kabel pada kiprok motor harus benar-benar tepat. Jika tidak, bukan hanya akan membahayakan kiprok itu sendiri. Melainkan juga akan membuat komponen lain seperti aki, lampu motor dan juga sistem kelistrikan lainnya bisa terpengaruhi akibat kesalahan pemasangan soket dan warna kabel.

Jika merujuk pada pembahasan singkat diatas, meski bisa dikatakan setiap pabrikan motor memiliki warna kabel kiprok motor berbeda-beda. Namun umumnya warna kabel pada satu pabrikan motor akan dibuat seragam dan sama. Hal ini dimungkinkan untuk mempermudah para mekanik atau montir dalam memperbaikinya.

READ  7 Perbedaan PCX 150 dan 160 : Desain, Fitur, Spek & Harga

Hal ini dapat kita lihat pada JALUR KIPROK MOTOR GRAND, dimana  dalam susunan warna kabel kiproknya. Warna kuning akan selalu digunakan untuk menuju jalur penerangan. Hal ini sama seperti motor Honda Mega Pro dan juga beberapa tipe motor Honda lainnya. Termasuk di antaranya motor BeAT, Vario serta lainnya.

Buat flikermania yang belum tahu, dalam susunan warna kabel kiprok motor. Setidaknya setiap pabrikan akan melengkapi sistem kelistrikan dengan minimal 4 warna kabel yang akan digunakan untuk jalur kiprok. Nah keempat warna kabel yang biasanya dipakai antara lain.

  • Merah
  • Putih
  • Kuning
  • Hitam
  • Hijau (hanya ada di beberapa pabrikan motor).
  • Putih garis merah
  • Kuning garis putih
  • Merah garis putih

Setiap warna yang ada pada jalur kiprok tersebut tentu memiliki fungsi dan perananan yang berbeda. Untuk itulah, seperti tertulis pada judul di atas, dibawah ini akan otoflik.com rangkum dan jelaskan secara detail susunan warna kabel kiprok semua motor, mulai dari Yamaha, Honda, Suzuki hingga Kawasaki.

Warna Kabel Kiprok Motor

Meski memiliki susunan yang berbeda-beda antara pabrikan sepeda motor. Akan tetapi jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya hampir rata-rata jalur tersebut memiliki kesamaan. Baik itu digunakan untuk penerangan, pengisian atau massa (ground).

Namun untuk lebih jelasnya mengenai susunan warna kabel pada jalur kiprok motor setiap pabrikan tersebut. Berikut ini sudah otoflik siapkan penjelasan detail arti serta fungsi warna kabel kiprok motor Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki.

1. Yamaha

Warna Kabel Kiprok Motor Yamaha

Untuk flikermania yang saat ini menjadikan motor Yamaha sebagai motor harian. Berikut ini adalah susunan warna kabel kiprok yang wajib dan harus kalian ketahui. Agar saat proses penggantian dapat dilakukan dengan benar dan meminimalisir terjadinya kesalahan serta kegatalan fungsi.

Warna KabelFungsi Kabel
KuningBerfungsi untuk penghubung pin kiprok ke lampu (beban).
PutihAkan digunakan sebagai penghubung kaki kiprok ke spul pengisian.
MerahBerguna sebagai jalur yang menuju ke battery (aki) dengan tegangan keluar sebesar 12 Volt (+).
HitamDipakai untuk penghubung jalur ground (massa).

2. Honda

Warna Kabel Kiprok Motor Honda

Sementara untuk para pengguna MOTOR HONDA, ada sedikit perbedaan yang ada di dalam susunan jalur warna kabel kiprok motor Honda. Perbedaan tersebut ada pada warna kabel yang terhubung ke jalur ground atau massa. Untuk detailnya, dapat kalian lihat di bawah ini.

READ  √ Kode Busi Motor Yamaha 2021 : Standar, Iridium & Platinum
Warna KabelFungsi Kabel
KuningWarna yang akan digunakan untuk penghubung kiprok ke beban, seperti klakson, speedometer, lampu dan juga soket USB pengisian baterai gadget.
PutihAkan menjadi penghubung arus out pengisian dari koil atau alternator.
MerahKabel untuk penghubung soket kiprok yang menuju ke baterai sebagai jalur pengisian.
HijauKabel ground atau massa.

3. Suzuki

Warna Kabel Kiprok Motor Suzuki

Sementara untuk jenis motor Suzuki, secara kasat mata hampir sama dengan warna kabel kiprok motor Yamaha. Namun jika dilihat secara dekat ada beberapa perbedaan warna pada kabel yang dipakai. Nah berikut adalah detail lengkap jalur warna kabel kiprok di motor Suzuki.

Warna KabelFungsi Kabel
Putih garis merahTerhubung ke arus pengisian dari bagian koil motor atau alternator.
Kuning garis putihKabel yang dipakai untuk menuju ke bagian beban termasuk lampu dan juga klakson.
MerahSebagai kabel out dari kiprok ke baterai (+) sebagai bagian untuk proses pengisian.
HitamKabel ground atau massa yang terhubung ke bodi motor.

4. Kawasaki

Warna Kabel Kiprok Motor Kawasaki

Berbeda dari ketiga susunan jalur kiprok motor di atas, khusus untuk motor Kawasaki (tertentu) tidak ada jalur warna kabel yang akan digunakan untuk pengisian baterai. Karena jalur ini akan langsung ke terminal spul atau stator di alternator. Berikut detail lengkapnya.

Warna KabelFungsi Kabel
Merah garis putihBerguna sebagai jalur ke arus pengisian.
KuningKabel yang keluar dari kiprok menuju bagian beban lampu atau speedometer dan lain sebagainya.
PutihBiasanya digunakan untuk dihubungkan ke spul alternator agar dapat membangkitkan medan magnet pada stator.
HitamJalur warna kabel yang dipakai sebagai jalur massa (ground).

Akhir Kata

Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa hampir semua vendor sepeda motor selalu memiliki warna kabel kiprok motor yang berbeda-beda. Maka dari itu dengan adanya informasi yang telah otoflik.com sampaikan di atas, setidaknya akan membuat kalian lebih paham dan jelas dengan susunan jalur kiprok pada sepeda motor.

Tags: , , ,