√ 1 Ampere Berapa Watt ? Ini Tabel & Cara Menghitung

1 Ampere Berapa Watt – Dalam dunia otomotif, banyak sekali hal yang bisa kita bahas. Bukan hanya akan bertemu dengan urusan mesin, transmisi, serta sistem pembakaran. Tetapi juga akan berjumpa serta berurusan dengan sistem kelistrikan.

Dimana sistem kelistrikan pada kendaraan sendiri bisa dibilang menjadi hal cukup penting. Sebab baik motor ataupun mobil akan membutuhkan sistem kelistrikan untuk menghidupkan berbagai macam komponen elektronik yang terdapat di dalamnya.

Termasuk untuk kelengkapan SISTEM PENERANGAN yang dibutuhkan ketika kendaraan berjalan di malam hari atau di kondisi tertentu. Selain itu, sistem kelistrikan pada kendaraan juga berfungsi untuk kebutuhan menyuplai arus listrik di dalam sistem entertainment seperti audio atau lainnya.

Nah bicara mengenai hal tersebut, kita tahu bahwa semua kebutuhan tersebut akan di supply oleh komponen bernama Aki atau Accu. Sistem kelistrikan kendaraan bermotor pun tidak terlepas dari tiga jenis satuan yakni Volt, Ampere dan juga Watt.

1 Ampere Berapa Watt dari Tabel dan Cara Menghitung

Ketiga jenis tersebut memang bukan hanya bisa kita jumpai dalam PLN saja, tetapi satuan tersebut akan tetap kita butuhkan dalam kendaraan bermotor. Jadi pertanyaannya disini 1 Ampere berapa Watt?

Pengertian Satuan Watt & Ampere

Jika kalian masih penasaran 1 Ampere berapa Watt, maka tepat sekali berada disini. Sebab sesuai judul otoflik akan membahas secara detail persamaan nilai Ampere serta Watt di dalam sistem kelistrikan kendaraan bermotor.

Namun sebelum itu, tidak ada salahnya kita pahami serta kenali dulu ketiga jenis satuan tersebut yakni Ampere, Watt, dan juga Volt. Karena kami yakin masih ada banyak para pecinta otomotif yang masih belum paham dengan istilah satuan kelistrikan tersebut.

Ampere (A)

Ampere

Melihat ke dalam dunia fisika, Ampere merupakan sebuah satuan untuk melambangkan jumlah arus listrik yang mengalir di dalam sebuah rangkaian kelistrikan.

Baik itu pada rumah (PLN) ataupun pada kendaraan bermotor. Umumnya satuan Ampere ini dilambangkan menggunakan simbol “A” atau juga sering disingkat “amp”.

Adapun rumus menghitung 1 Ampere berapa Watt yakni:

  • P = V x I

Keterangan:

  • P = daya listrik (watt)
  • V = tegangan listrik (Volt)
  • I = kuat arus listrik (ampere)

Watt (W)

Watt W

Sementara Watt sendiri merupakan sebuah satuan listrik yang digunakan untuk menyatakan besaran daya atau power di dalam beban seperti peralatan rumah tangga atau juga pada sebuah komponen di dalam kendaraan bermotor

READ  9 Arti Lampu Indikator Mobil Avanza Terlengkap 2021

Satuan Watt sendiri merupakan penemuan bersejarah bernama James Watt. Pada umumnya penggunaan satuan ini dilambangkan dengan simbol “W” serta diletakan di akhir nilai di dapat.

Sementara rumus menentukan besaran nilai Watt sendiri digunakan rumus :

  • P = I x R x I
  • P = I² x R
  • P = V x I

Keterangan:

  • P : Daya (Watt)
  • V : Tegangan (Volt)
  • I : Ampere (Arus)
  • R : Hambatan (Ohm)

Voltase (V)

Voltase atau Volt

Dan satuan terakhir sering dijumpai pada sistem listrik kendaraan bermotor yakni Volt atau Voltase. Untuk flikermania yang belum tahu, Volt / Voltase adalah sebuah satuan listrik untuk digunakan menentukan nilai tegangan listrik.

Sampai dengan saat ini satuan Volt sendiri digunakan untuk dua macam jenis tegangan listrik yakni arus AC (bolak-balik) dan arus DC (searah). Penggunaan satuan Volt sendiri lebih sering disimbolkan dengan lambang “V”.

Rrumus menghitung satuan Voltase (V) sendiri digunakan rumus:

  • V = I x R

Keterangan:

  • V : Tegangan (Volt)
  • I : Ampere (Arus)
  • R : Hambatan

Persamaan Nilai Ampere & Watt

Persamaan Nilai Ampere Watt

Setelah mengetahui masing-masing satuan kelistrikan diatas, lantas apa sih persamaan nilai Ampere dan Watt itu? Jika kalian bertanya hal tersebut, maka bisa kita jelaskan bahwa.

Antara kuat arus serta daya listrik merupakan dua hal berbeda. Dengan begitu nilainya tidak akan bisa di konversi layaknya perhitungan Gram dan Kilogram.

Akan tetapi untuk daya listrik yang sanggup serta mampu di supply 1 Ampere saat arus mengalir, kita bisa dengan mudah menghitungnya. Sehingga kita bisa tahu 1 Ampere itu berapa Watt.

Nah untuk mengetahui hal tersebut, dibawah ini sudah otoflik.com rangkum serta jelaskan secara rinci perhitungan 1 Ampere berapa Watt. Jadi bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahuinya, simak hingga akhir.

Perhitungan 1 Ampere Berapa Watt

Perhitungan 1 Ampere Berapa Watt

Nah dari penjelasan diatas, jadi 1 Ampere berapa Watt? Jawaban pastinya yakni “Bervariasi tergantung pada tegangan listrik awal yang digunakan sebagai sumbernya”. Dengan demikian jika ditanya 1 Ampere itu berapa Watt, kita harus tahu dulu tegangan listriknya.

Kelistrikan Rumah (PLN)

Seperti di atas kami jelaskan, besaran satuan Ampere sangat bergantung pada besar kecilnya arus tegangan listrik awal. Jadi jika 1 Ampere listrik rumah (PLN) umumnya memiliki tegangan 220 Volt, maka daya bisa di supply 1 Ampere yakni sebesar:

  • P = V x I
  • P = 220 x 1
  • P = 220 watt
READ  √ Apa Itu Fogging Mobil : Manfaat, Biaya, Keuntungan & Kerugian

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa 1 Ampere untuk tegangan listrik rumah sebesar 220 Watt.

Kelistrikan Kendaraan (Aki)

Lalu 1 Ampere berapa Watt untuk kelistrikan kendaraan bermotor? Nah jika ditanya berapa? kita kembali lagi bahwa umumnya tegangan dimiliki satu buah Aki / Accu sebesar 12 Volt.

Jadi 1 Ampere berapa Watt untuk aki tersebut akan punya nilai berbeda bila dibandingkan dengan listrik rumah. Untuk mengetahuinya kita perlu menghitung dengan rumus:

  • P = V x I
  • P = 12 x 1
  • P = 12 watt

Dari perhitungan tersebut, kita bisa tahu berapa Watt untuk 1 Ampere sebuah aki dengan tegangan awal sebesar 12 Volt. Dari perhitungan tersebut, didapati bahwa 1 Ampere kelistrikan kendaraan bermotor sama dengan 12 Watt.

Tabel Ampere ke Watt

Tabel Ampere ke Watt

Apabila 1 Ampere sama dengan 200 Watt seperti otoflik.com jelaskan diatas. Maka berikut ini adalah tabel Ampere ke Watt untuk dapat flikermania pelajari.

AmpereWatt
1 Ampere220 Watt
2 Ampere440 Watt
4 Ampere880 Watt
6 Ampere1320 Watt
8 Ampere1760 Watt
10 Ampere2200 Watt
12 Ampere2640 Watt
14 Ampere3080 Watt
16 Ampere3520 Watt
18 Ampere3960 Watt
20 Ampere4400 Watt

Kesimpulan

Kesimpulan 1 Ampere Berapa Watt

Dari pembahasan diatas, apa sih yang bisa kita tarik sebagai kesimpulannya? Sebenarnya sudah kita jelaskan secara rinci, namun sebagai tambahan informasi bahwa kuat arus dan daya listrik itu tidaklah sama.

Kalau boleh diibaratkan, apabila ada sebuah air di penampungan akan dipindahkan ke bak penampungan lain dengan kecepatan sama namun menggunakan selang berukuran beda yakni 12 cm dan 220 cm.

Maka mana yang lebih banyak dan mana lebih cepat penuh? Jawabannya jelas bak penampungan yang menggunakan selang berukuran 220 cm. Karena debit arus yang melalui selang tersebut lebih besar.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor juga demikian. Meskipun arus yang mengalir sama yakni 1 Ampere, namun karena tegangannya berbeda, maka keluaran daya listriknya pun berbeda.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya penjelasan yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan serta jelaskan terkait pertanyaan 1 Ampere berapa Watt. Apakah kini sudah paham dan jelas dengan adanya pembahasan diatas?

Semoga saja apa yang telah otoflik rangkum mengenai penjelasan 1 Ampere itu berapa Watt diatas bisa dan mudah untuk kalian pahami. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Tags: , , ,