√ Adaptor Velg Mobil : Pengeritan, Fungsi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Adaptor Velg Mobil – Modifikasi atau mengubah bagian pada kendaraan merupakan hal yang sudah lumrah kita temui. Ada banyak sekali alasan mengapa banyak orang ingin melakukan perubahan pada bagian kendaraan mereka.

Salah satunya yakni untuk membuat tampilan kendaraan jauh lebih menarik dan lebih terlihat keren. Bicara mengenai modifikasi kendaraan, saat ini laju perkembangan teknologi yang semakin pesat juga menambah daya gebrag pada lini modifikasi.

Tidak hanya memunculkan banyak akseoris baru, namun juga membuat praktek modifikasi mobil dan motor semakin menghangat. Tidak jarang banyak para pecinta modifikasi rela merogoh kocek begitu dalam hanya untuk membuat tampilan kendaran mereka begitu sempurna.

Dalam dunia modifikasi mobil, perubahan paling banyak di lakukan para pemilik mobil yakni mengganti tampilan velg dengan menggunakan velg aftermarket. Hal ini dianggap mampu membuat tampilan mobil terasa lebih keren dan lebih bergaya.

Adaptor Velg Mobil Mulai dari Pengerian Fungsi dan Kelebihan serta Kekurangan

Meski merubah tampilan velg mobil dapat dilakukan dengan mudah, namun, ada kalanya hal ini sulit di lakukan. Terutama saat ingin mengganti velg standar dengan velg aftermarket yang punya spek PCD (Pitch Circle Diameter) atau jarak terjauh dari baut roda ke baut roda lainnya beda.

Apa Itu Adaptor Velg Mobil?

Apa Itu Adaptor Velg Mobil

Jika hal tersebut dialami kalian, maka mau tidak mau kalian harus menggunakan adaptor velg mobil. Pernahkan mendengar aksesoris modifikasi velg mobil yang satu ini?.

Bila belum pernah mendengarnya, maka kalian wajib simak artikel terbaru otoflik satu ini. Sebab disini akan kami jelaskan secara rinci apa itu adaptor velg mobil, fungsi dan juga kelebihan serta kekurangan adaptor velg.

Jadi adaptor velg mobil adalah sebuah lempengan plat berukuran 17 mm sampai 20 mm. Biasaya dipakai untuk menambah jumlah lubang baut serta PCD dari velg standar menjadi sesuai dengan kebutuhan.

READ  43 Harga Power Steering Original Murah dan Terbaru 2021

Fungsi Adaptor Velg Mobil

Fungsi Adaptor Velg Mobil

Itulah yang dimaksud dengan Adaptor velg mobil, lantas apa sih fungsi dari aksesoris modifikasi yang satu ini? Berikut kiranya ada beberapa macam fungsi adaptor velg mobil yang harus kelian ketahui.

Pengubah PCD (Pitch Circle Diameter)

Seperti sebelumnya sudah otoflik singging, fungsi utama dari adaptor velg mobil yakni sebagai pengganti velg atau pelek mobil dengan jumlah baut dan PCD (Pitch Circle Diameter) yang berbeda jauh dari velg standar.

Misalnya, saat ingin melakukan pengantian velg standar pada jenis mobil yang kalian pakai. Namun jumlah lubang baut pada velg baru dan velg standar tidaklah sama.

Maka untuk mengatasi masalah tersebut digunakanlah aksesoris bernama adaptor velg mobil. Jadi kalian bisa memasang velg aftermarket dengan 5 buah baut roda ke 4 buah buat roda resmi dari standar pabrikan.

Pengatur Posisi Velg

Tidak hanya sampai disitu, ada juga fungsi lain dari  adaptor velg mobil yang perlu kalian ketahui. Fungsi lain tersebut yakni sebagai pengatur posisi velg kendaraan.

Hal ini bisa dilakukan apabila adanya spesifikas offset yang tidak sesuai. Pengatur posisi yang dimaksud disini yaitu  jarak antar velg dengan bodi kendaraan. Alhasil tampilan velg dan juga ban akan bisa lebih menjorok keluar.

Kelebihan Kekurangan Adaptor Velg Mobil

Kelebihan Kekurangan Adaptor Velg Mobil

Bagaiman, apakah sudah paham dan jelas dengan apa yang dimaksud adaptor velg mobil serta fungsi dan kegunaannya? Jika sudah, berikut ada beberapa info terkait kelebihan dan kekurangan aksesoris adaptor velg pada kendaraan roda epat.

Kelebihan

  • Bisa membuat tampilan mobil terlihat lebih modern dan sporty.
  • Bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap panjang pendeknya ukuran velg keluar dari dudukan semestinya.
  • Aksesoris yang satu ini memiliki banyak ukuran yang dipasarkan mulai dari 3 cm hingga 5cm.
  • Penambahan adaptor velg mobil tidak akan mempengaruhi pivot poit atau tumpu roda disaat mobil di belokan.
READ  12 Air Purifier Mobil Terbaik untuk Udara Segar di Kabin

Kekurangan

  • Membuat bobot mobil terasa lebih berat, sebab satu adaptor memiliki bobot yang cukup berat karena biasanya adaptor ini terbuat dari material yang kokoh dan kuat.
  • Penentuan velg harus tepat dan benar agar terhindar dari masalah saat mobil di jalankan.
  • Harga adaptor velg mobil bisa dibilang cukup bervariasi dan mahal.

Harga Adaptor Velg Mobil

Harga Adaptor Velg Mobil

Apabila sudah paham dan tahu apa saja kelebihan serta kekurangan aksesoris modifikasi yang satu ini. Berikut adalah daftar harga adaptor PCD velg mobil terbaru dan terlengkap yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Model / TipeHarga
Adaptor Velg PCD Velg Racing 3cm 2 pcsRp 950.000
Adaptor Velg PCD 2.5cm 2 pcsRp 500.000
Adaptor Velg PCD 2.5 4 pcsRp 1.000.000
Adaptor Velg PCD 4 x 114 3cm 1 pcsRp 600.000
Adaptor Velg PCD 5 x 127 5cm 1 pcsRp 360.000
Adaptor Velg PCD 5 x 114 5cm 1 pcsRp 350.000
adaptor Velg PCD 5 x 120 2cmRp 1.900.000
Adaptor Velg PCD 5 x 127 3cm 1 pcsRp 350.000
Adaptor Velg PCD 4cm 2 pcsRp 600.000
Adaptor Velg PCD 3cm 2 pcsRp 550.000
Adaptor Velg PCD Megazome Lubang 6 5cmRp 1.250.000
Adaptor Velg PCD Bloxsport 5cm Aluminium HubcentricRp 2.750.000

Harga diatas dapat berubah sekwatu-waktu karena kami dapat dari berbagai sumber termasuk dari toko online. Serta kemungkinan akan ada perbedaan harga di setiap daerahanya.

Itulah kiranya penjelasan detail dan singkat terkait adapter velg mobil yang kali ini dapat otoflik.com rangkum serta sampaikan. Semoga dengan adanya informasi diatas, kalian bisa lebih paham dengan salah satu aksesoris modifikasi mobil yang satu ini.

Tags: , ,