10 Jenis Aliran Modifikasi Mobil Wajib Kalian Tahu!

Aliran Modifikasi Mobil – Pingin punya mobil dengan tampilan dan gaya yang unik memang menjadi impian hampir semua orang. Hal tersebut karena semua produsen otomotif utamanya kendaraan roda 4 selalu menawarkan tampilan yang kurang lebih sama.

Hal ini jelas membuat kalian yang menginginkan sedikit inovasi akan sulit mendapatkan mobil standar dengan gaya dan desain yang nyentrik. Maka dari itu pilihan paling tepat ketika ingin mendapatkan semua harapan tersebut ya dengan melakukan modifikasi.

Menjadi solusi paling tepat, modifikasi mobil bukan sekedar hanya hobi semata. Melainkan juga pengembangan imajinasi dan juga kreativitas yang bisa kalian tuang ke dalam mobil untuk membuat tampilan desain, serta kesan gaya yang berbeda.

Untuk bisa melakukan modifikasi pada mobil kesayangan sendiri bisa kita sesuaikan dengan budget yang ada. Hal tersebut karena sampai dengan saat ini setidaknya ada begitu banyak aliran modifikasi mobil yang bisa kita pilih. Namun nyatanya tidak banyak pecinta otomotif yang paham dengan hal ini.

Jenis Aliran Modifikasi Mobil Terlengkap

Oleh karena itu, sesuai dengan judul di atas. Kali ini otoflik akan membagikan dan menjelaskan secara rinci opsi pilihan aliran modifikasi mobil yang bisa kalian terapkan jika memang ingin membuat suasana baru dan berbeda.

Jenis Aliran Modifikasi Mobil

Jika bicara modifikasi mobil, memang ini bisa kita lakukan tanpa harus tahu aliran apa yang akan diterapkan. Karena modifikasi sendiri punya feel yang berbeda-beda setiap orangnya. Namun jika hal tersebut justru membuat bingung.

Kami sarankan untuk melihat dan mencoba beberapa list daftar jenis aliran mobil yang akan otoflik.com rangkum dan sampaikan di bawah ini agar kalian bisa lebih maksimal. Terutama juga akan dapat menghemat budget karena perubahan pada aliran-aliran ini sudah tersusun.

1. Stance

Modifikasi Mobil Stance

Jenis aliran modifikasi mobil pertama yang dapat kalian aplikasikan yakni aliran Stance. Pada aliran modifikasi ini nantinya akan membuat mobil tampil benar-benar berbeda. Pasalnya kendaraan akan dibuat dengan ground clearance sangat rendah atau bisa dibilang modifikasi mobil ceper.

Apabila memilih aliran modifikasi mobil ini, maka semua pekerjaan modifikasi hampir terfokus pada bagian kaki-kaki, termasuk diantaranya velg, ban, dan juga shock. Namun jika memilih aliran ini, sebaiknya jangan terlalu ceper yah, karna konstruksi jalan di Indonesia masih belum rata.

READ  Evaporator AC Mobil Bocor dari Ciri, Penyebab & Cara Memperbaiki

2. Sleeper

Modifikasi Mobil Sleeper

Aliran modifikasi mobil berikutnya bernama Sleeper. Saat melihat mobil dengan mengusung konsep modifikasi ini mungkin kalian akan menganggap seperti biasa saja. Yah, itu memang karena aliran ini lebih terfokus pada sisi mesin atau dapur pacunya.

Jadi bagian desain eksterior maupun interior akan tetap biasa. Perubahan yang dilakukan di bagian mesin bahkan bisa dibilang sangat besar. Karena secara teknis, mesin akan dibuat dengan kinerja begitu powerfull bahkan bisa lebih dari batas maksimal tenaga mesin mobil itu sendiri.

3. Ratrod & Hotrod

Modifikasi Mobil Ratrod Hotrod

Hal paling penting apabila ingin menerapkan aliran modifikasi mobil ini yakni harus menggunakan basis MOBIL KLASIK. Pasalnya modifikasi yang akan dilakukan hampir akan mengarah ke aliran retro. Hanya saja ada beberapa perbedaan baik pada aliran Ratrod maupun Hotrod.

Apabila memilih aliran modifikasi Ratrod, nantinya bagian paling diperlihatkan yaitu sisi mesin. Karena umumnya modifikasi ini akan membuat mesin berada di atas kap mesin serta akan punya velg berwarna chrome.

Dilain sisi ban yang dipakainya pun akan dibuat dengan memakai ukuran ban lebih besar. Sementara aliran modifikasi Hotrod akan mengusung konsep serupa, namun jenis mobil yang dipakai biasanya mobil-mobil lama yang sudah tua dan berkarat dengan tujuan nilai klasik lebih dapat.

4. Street Racing

Modifikasi Mobil Street Racing

Selain ketiga aliran modifikasi mobil yang sudah otoflik sampaikan di atas. Kalian juga bisa melakukan modifikasi dengan gaya Street Racing. Modifikasi ini akan membuat mobil benar-benar sempurna untuk dikatakan mobil sporty.

Hampir semua jenis mobil baik itu MOBIL MPV, SUV atau bahkan Hatchback juga bisa diubah ke model aliran ini. Bagian paling sering diubah jika menerapkan modifikasi gaya Street Racing yakni pada sisi desain yang lebih mengarah ke mobil sporty layaknya mobil ajang balap.

5. VIP

Modifikasi Mobil VIP

Berbeda dengan jenis aliran modifikasi yang sudah kami singgung di atas. Aliran modifikasi VIP biasanya hanya akan dilakukan pada jenis mobil mahal seperti Toyota Alphard, mobil keluaran BMW atau mobil premium keluaran terbaru.

Dengan sudah mahalnya harga asli mobil yang akan di modifikasi, pada aliran ini ubahan yang paling sering dilakukan yakni pada sisi interior. Umumnya dengan ditambah mini bar, penambahan TV, mengubah jok dengan jok mahal dan lain sebagainya.

6. Hellaflush

Modifikasi Mobil Hellaflush

Kemudian, referensi aliran modifikasi mobil yang berikutnya dapat flikermania gunakan yaitu aliran bernama Hellaflush. Hampir sama seperti aliran Stance, uabahan yang akan dilakukan ada pada sektor kaki-kaki, hanya saja ubahan dilakukan dengan cukup gila / ekstrim.

READ  4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasi 2021

Memasang jenis velg offset dengan dipadukan ground clearance yang begitu rendah menjadi ciri khas aliran modifikasi mobil Hellaflush. Namun modifikasi ini akan jarang kita jumpai di Indonesia. Sebab, jalanan di tanah air masih belum memadai.

7. Retro

Modifikasi Mobil Retro

Salah satu jenis aliran modifikasi mobil yang paling banyak diinginkan yakni aliran modif model retro. Dimana sesuai dengan namanya, aliran modifikasi ini akan mengutamakan kesan klasik yang lebih menonjol.

Tetap mengutamakan penggunaan part original menjadi hal yang akan selalu diterapkan pada modifikasi ini. Namun untuk mempertahankan aliran ini untuk mobil-mobil tertentu justru akan memakan budget tinggi, karena part yang dipakai memang full original.

8. Japanese Domestic Market (JDM)

Modifikasi Mobil JDM

Meski bisa dibilang begitu populer di Indonesia, akan tetapi masih ada banyak pecinta modifikasi mobil yang belum tahu APA ITU MOBIL JDM. Sesuai namanya yakni Japanese Domestic Market / JDM, aliran modifikasi mobil ini paling banyak digemari anak muda.

Pasalnya melalui aliran ini, hampir semua keinginan bisa terpenuhi. Sebab tidak hanya akan membuat tampilan begitu sporty, pada modifikasi mobil JDM hampir semua sparepart dan juga aksesoris akan bisa dimasukkan sesuai dengan kebutuhan.

9. Camber

Modifikasi Mobil Camber

Tidak berbeda jauh dari aliran modifikasi mobil yang lainnya, Melakukan ubahan mobil dengan cukup ekstrim juga akan kita temui pada jenis aliran ini. Salah satu ciri modifikasi mobil jenis camber adalah roda yang keluar dari fender serta velg dibuat miring dengan menyetel sudut geometri roda.

Dengan melakukan perubahan tersebut, tentunya akan sedikit membuat rasa nyaman berkendara berkurang. Karena untuk menggunakan modifikasi ini, kalian harus bisa membawa mobil dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi agar stabil di jalanan.

10. DUB Style

Modifikasi Mobil DUB Style

Aliran modifikasi mobil yang terakhir bisa kalian gunakan atau terapkan yakni aliran modifikasi DUB Style. Untuk melakukan modifikasi ini hampir rata-rata dilakukan dengan mengedepankan kesan mewah dan elegan. Tidak heran apabila modifikasi model ini membutuhkan budget lebih.

Salah satu ciri modifikasi model ini yaitu penggunaan UKURAN VELG besar antara 20-26 inci. Tidak hanya sampai disitu, ciri pasti modifikasi mobil model ini yakni akan selalu adanya audio system dengan menggunakan Sound Pressure Level (SPL).

Akhir Kata

Dengan mengetahui apa saja jenis dan juga style aliran modifikasi mobil yang ada. Tentunya untuk menerapkan aliran tersebut kalian tidak akan mengalami kesulitan karena hampir rata-rata sudah banyak orang yang menggunakannya.

Tags: ,