√ Apa Itu Mobil JDM : Jenis, Syarat, Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkap

Apa Itu Mobil JDM – Menggeluti hobi di dunia otomotif memang menjadi hal menarik bagi sebagian besar orang. Bahkan tak jarang ada saja orang yang sampai begitu fanatik, sehingga mereka rela mengeluarkan budget besar hanya untuk memenuhi hobi tersebut.

Tidak tanggung-tanggung penggemar otomotif juga terkadang rela melakukan import brand-brand ternama dari luar negeri dalam jangka waktu lama. Dengan tujuan hanya untuk melengkapi semua kebutuhan dalam kegemarannya terhadap dunia otomotif.

Sayangnya dari begitu banyaknya penggemar otomotif, terutama mobil. Masih ada beberapa diantara mereka tidak paham dengan istilah-istilah dalam dunia otomotif. Padahal sebagai penggila mobil, tentunya sudah sewajarnya mengetahui berbagai macam istilah.

Seperti halnya apa itu Overhaul mobil atau apa itu Spooring dan Balancing serta berbagai macam istilah lainnya, termasuk istilah mengenai apa itu mobil JDM. Yaps, mungkin sebagian besar orang sudah mengenal apa itu mobil JDM.

Apa Itu Mobil JDM dari Jenis Syarat Cici Ciri dan Penjelasan Lengkap

Tapi kami juga yakni masih ada beberapa orang mungkin belum mengetahui istilah tersebut. Padahal mengenal mobil JDM bisa dikatakan cukup penting, agar kalian tidak salah kaprah dalam mengartikannya. Nah apakah kalian sudah tahu tentang apa itu mobil JDM?

Mengenal Apa Itu Mobil JDM

Mengenal Apa Itu Mobil JDM

Apabila belum, tidak perlu khawatir. Karena sesuai dengan judul diatas otoflik.com akan menjelaskannya secara detail dalam artikel berikut ini. Jadi silahkan simak baik-baik penjelasan tentang apa itu mobil JDM, ciri-ciri mobil JDM serta syarat sebuah mobil masuk dalam kategori JDM.

Mobil JDM atau “Japanese Domestic Market” adalah sebuah mobil yang diproduksi oleh pabrikan Jepang dan hanya dipasarkan di dalam negeri. Atau dengan kata lain tidak akan bisa kita dapatkan di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Pada umumnya mobil mobil termasuk ke dalam jajaran Japanese Domestic Market atau JDM punya keunggulan tersendiri. Salah satunya dalam hal performa serta kecapatan super tinggi. Hal itulah yang membuat mobil JDM tak bisa di dapat di pasar luar Jepang.

READ  √ Katalis Knalpot Mobil ? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Bahaya

Alasannya karena setiap negara tentu punya regulasi tersendiri terhadap mobil yang akan mengaspal di jalanan. Dengan alasan inilah membuat masyarakat di Indonesia banyak melakukan modifikasi untuk beberapa jenis mobil agar punya tampilan mirip Mobil JDM.

Pengertian Salah Tentang Mobil JDM

Pengertian Salah Tentang Mobil JDM

Seperti itu kiranya penjelasan terkait apa itu Mobil JDM untuk dapat flikermania pahami agar tidak salah kaprah dalam mengartikan tentang mobil JDM.

Sebab dari beberapa kasus, banyak sekali orang masih salah mengartikan terkait apa itu mobil JDM. Nah beberapa kesalahan pemahaman tersebut diantaranya seperti:

Mobil Merk Jepang

Pertama, banyak orang salah dalam mengartikan istilah mobil JDM, karena mereka menganggap bahwa semua mobil keluaran pabrikan Jepang adalah mobil JDM.

Memakai Part Mobil Tuner Jepang

Kemudian pengartian mobil JDM juga seringkali disalah artikan banyak orang mengaggap bahwa semua mobil yang memakai part mobil tuner keluaran Jepang seperti HKS, Enkei, atau Tanabe merupakan mobil JDM.

Mobil CBU atau Built Up Jepang

Selain diatas, kesalahan lain dalam pengartian mobil JDM yakni saat banyak orang menganggap bahwa ini merupakan mobil CBU atau Built Up langsung di impor secara utuh atau per part langsung dari Jepang.

Menggunakan Part Mobil JDM

Hanya menggunakan part dari mobil JDM juga tak bisa membuat mobil tersebut kita namai JDM. Melainkan hanya mirip atau hanya bergaya JDM. Alasannya kuatnya, karena mobil JDM sendiri merupakan mobil yang dipasarkan dan di produksi di Jepang.

Syarat & Ciri-Ciri Mobil JDM

Nah setelah kalian mengetahui apa itu mobil JDM serta beberapa pengertian yang masih salah kaprah tentang mobil Japanese Domestic Market seperti otoflik.com jelaskan diatas. Berikut syarat dan juga cici-cici sebuah mobil bisa disebut JDM atau Japanese Domestic Market.

Punya Warna Dasar Simple

Punya Warna Dasar Simple

Syarat dan ciri-ciri mobil agar bisa disebut sebagai mobil JDM adalah memiliki warna dasar simple dan tidak terlalu ramai. Bahkan umumnya mobil JDM lebih lekat dengan warna hitam ditempatkan dibagian kap mesin.

READ  √ Apa Itu Flo Tol ? Fungsi, Daftar, Pesan, Lokasi & Kelebihan

Punya Stiker Khusus

Ciri-ciri dan syarat sebuah mobil untuk dapat dikatakan sebagai mobil JDM paling penting yakni terdapatnya stiker khusus yang hanya dimiliki mobil-mobil JDM. Dimana striker khusus ini punya dua ciri khas yakni :

Wakaba

Wakaba

Pertama ada stiker bernama Wakaba, stiker ini punya warna kuning dan hijau. Penggunannya untuk para pengemudi masih baru bisa mengendari mobil. Dan stiker Wakaba ini memiliki warna kuning dan hijau.

Koreisha

Koreisha

Kedua ada stiker bernama Koreisha, berbeda dengan Wakaba. Stiker ini dimiliki mobil JDM dengan pengemudi sudah terampil dan andal mengendari mobil. Warna dari stiker Koreisha sendiri adalah kuning dan orange.

Punya Body Spesial

Punya Body Spesial

Selain warna dasar simple, syarat dan ciri mobil JDM berikutnya adalah punya body spesial dan terkesan punya bodi mobil  mengarah ke jenis mobil drift atau sport.

Warna Velg

Pilihan Warna Velg

Kemudian mobil JDM juga memiliki bagian velg yang biasanya dibuat memiliki perpaduan warna kontras dengan warna bodi. Semisal mobil memiliki bodi warna hitam, emas, atau karbon. Maka akan lebih cocok jika warna velg patut digunakan adalah bronze karena akan terlihat mewah, kokoh dan mahal.

Jenis Aliran Mobil JDM

Tipe dan Jenis Aliran Mobil JDM

Penjelasan terakhir pada artikel mengenai apa itu mobil JDM ini adalah jenis aliran JDM. Dimana dari beberapa info yang otoflik.com dapatkan, mobil JDM punya dua aliran yang patut untuk kita ketahui, kedua aliran tersebut yaitu:

Pure JDM

Dimaksud jenis pure JDM karena mobil ini memiliki bagian-bagian termasuk part komponen serta lainnya yang diproduksi langsung di negara Jepang. Atau dengan kata lain jenis aliran Pure JDM merupakan jenis mobil JDM produk asli dari negara Jepang.

JDM Style (OEM)

Sementara untuk jenis aliran JDM Style atau OEM (Original Equipment Manufacturer) artinya mobil JDM ini merupakan mobil yang dibuat di Jepang, tetapi masih ada beberapa komponen mobil yang berasal dari luar Jepang.

Itulah kiranya penjelasan yang dapat otoflik.com sampaikan dan jelaskan pada kesempatan kali ini terkait apa itu mobil JDM mulai dari jenis, fungsi, syarat, ciri-ciri serta beberapa pengartian salah tentang mobil JDM. Semoga dengan adanya penjelasan diatas kalian bisa lebih paham.

Tags: , , , ,