√ Apa Itu Engine Brake : Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Engine Brake – Dalam begitu banyaknya rangkaian komponen di dalam sebuah kendaraan tentu ada rangkaian komponen yang berfungsi untuk membantu kita dalam mengurangi kecepatan. Rangkaian tersebut adalah rangkaian sistem pengereman.

Kondisi sistem pengereman yang bagus serta baik tentu saja akan menjadi bagian dari keselamatan dalam berkendara. Tidak heran apabila kami selalu mengatakan bahwa perawatan menjadi sebuah keharusan yang penting untuk terus dilakukan.

Tujuannya agar semua bagian tersebut terus bisa memberi pengaplikasian yang maksimal saat kita pakai. Akan tetapi, seperti kita semua ketahui meskipun kondisi rem dalam keadaan baik. Terkadang menginjak atau menekan pedal rem saja masih di rasa kurang.

Oleh karena itu, baik motor ataupun mobil perlu tambahan pengereman ekstra untuk dapat membuat laju kendaraan dapat menurun. Nah dalam kondisi seperti itu, maka engine brake menjadi solusi serta menjadi salah satu alternatif untuk dapat kita gunakan untuk dapat memperlambat laju kendaraan.

Apa Itu Engine Brake dari Arti Fungsi Kelebihan Kekurangan

Mungkin sudah sudah sering kita lakukan yang namanya engine brake saat membawa motor atau mobil. Hanya saja, secara teknis mungkin masih belum banyak yang tahu apa itu engine brake, fungsi, serta kelebihan serta kekurangannya. Maka dari itu, berikut ini akan kami sajikan beberapa info mengenai hal tersebut.

Apa Itu Engine Brake?

Apa Itu Engine Brake

Buat flikermania yang bertanya-tanya apa itu engine brake, tepat sekali berada pada artikel ini. Sebab seperti di atas kami singgung, di kesempatan kali ini akan otoflik rangkum pengertian dan penjelasan mengenai apa itu engine brake.

Engine Brake merupakan sebuah teknik untuk memperlambat kecepatan motor atau mobil dengan cara mengendalikan putaran mesin ke transmisi pada saat kita menurunkan gigi ke rasio lebih kecil atau lebih rendah. Secara garis besar, teknik ini benar-benar dapat membantu meringankan kinerja rem.

READ  20 Komponen Rem Cakram dan Fungsi-Fungsinya

Bahkan teknik simple ini pun seringkali dipakai para pembalap di sirkuit saat melakukan akselerasi di tikungan. Selain itu, pemanfaatkan engine brake pada motor atau mobil juga dapat dilakukan pada jalanan ekstrem atau jalanan menurun tajam dan panjang.

Untuk melakukan engine brake sendiri bisa dibilang sangat mudah, karena pengendara atau pengemudi kendaraan hanya perlu menurunkan dan melepas gas lalu melakukan penurunan gigi ke level lebih rendah. Dengan begitu putaran mesin otomatis akan menurun dan membuat laju kendaraan melambat.

Fungsi Engine Brake

Fungsi Engine Brake

Setelah mengetahui apa itu engine brake seperti di atas sudah otoflik rangkum serta jelaskan. Pertanyaannya apa sih fungsi utama dari engine brake pada mobil dan motor?. Mengacu pada penjelasan mengenai apa yang dimaksud engine brake di atas.

Tentu dapat kita tarik kesimpulan bahwa  fungsi utama teknik engine brake yakni salah satu teknik sangat dianjurkan untuk membantu memperlambat rpm mesin dengan memaksa gigi transmisi kita turunkan ke rasio paling rendah. Dengan begitu sistem pengereman akan terbantu untuk segera memperlambat serta menghentikan laju kendaraan.

Seberapa Efektif Teknik Engine Brake?

Seberapa Efektif Teknik Engine Brake

Dari penjelasan mengenai arti apa itu engine brake di atas beserta fungsi utamanya. Seberapa efektifkah teknik pengereman yang satu ini?. Jika dilihat dari manfaatnya, efektivitas engine brake bisa dikatakan sangatlah tinggi.

Bahkan teknik pengereman dan penurunan putaran mesin yang satu ini di klaim membantu hingga 50% saat teknik ini dilakukan. Hanya saja saat melakukan teknik ini ada baiknya para pengemudi wajib serta harus memperhatikan RPM pada panel speedometer motor atau mobil.

Dimana ketika ingin melakukan engine brake, pastikan posisi RPM berada di putaran rendah. Kenapa? karena hal ini perlu dilakukan untuk tetap menjaga keamanan bagi mesin serta bagi para pengemudi dan pengendara untuk melakukan apa itu engine brake.

READ  √ Apa Itu Blind Spot Pada Mobil : Penyebab & Cara Mengatasi

Kelebihan & Kekurangan Engine Brake

Kelebihan Kekurangan Engine Brake

Meski sangat dianjurkan untuk melakukan engine brake pada kondisi tertentu, namun tidak disarankan teknik ini dilakukan setiap saat. Karena ada beberapa efek samping bisa diakibatkan ketika terlalu sering melakukan engine brake. Meski begitu ada juga beberapa keuntungan bisa di dapat.

1. Kelebihan Engine Brake

Seperti kami singgung sebelumnya, mengenai apa itu engine brake. Sebenarnya ada beberapa manfaat serta keuntungan bisa kita dapatkan ketika memanfaatkan metode ini. Beberapa di antaranya seperti:

  1. Sangat membantu dalam mengurangi beban pengereman kendaraan.
  2. Membuat perlambatan laju kendaraan terasa lebih halus.
  3. Tetap membuat akselerasi motor atau mobil tetap terjaga.
  4. Lalu bisa juga membantu penghematan penggunaan kampas rem.
  5. Disakselerasi lebih cepat karena memanfaatkan rem depan, belakang serta rem mesin (engine brake).

2. Kekurangan Engine Brake

Namun disamping dapat membantu pengereman dengan sempurna, akan tetapi pemakaian teknik engine brake juga memberi sedikitnya beberapa efek buruk atau bisa dibilang kekurangan. Adapun beberapa kekurangan tersebut antara lain:

  1. Membuat pengendara dan pengemudi kecenderungan menggunakan teknik engine brake saat ingin menghentikan serta memperlambat laju kendaraan.
  2. Jika dilakukan saat putaran mesin tinggi akan sangat berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan jika pengemudi dan pengendara tidak siap.
  3. KOMPONEN TRANSMISI mobil ataupun motor akan cepat mudah mengalami kerusakan.

Akhir Kata

Dari penjelasan mengenai apa itu engine brake yang telah otoflik.com sampaikan di atas, bisa dipastikan bahwa penggunaan serta pemanfaatan teknik engine brake memang sangat dianjurkan untuk bisa menghentikan serta memperlambat laju kendaraan. Akan tetapi pemakaiannya pun harus tetap menghiraukan berbagai macam hal, termasuk keselamatan dan juga keamanan mesin kendaraan itu sendiri.

Nah kiranya sekian dulu informasi penting dan menarik seputar arti engine brake pada motor dan mobil yang bisa kami rangkum serta sampaikan. Semoga apa yang kami tulis dan jelaskan di atas bisa menjadi referensi menarik untuk sobat flikermania semua.

Tags: , , ,