√ Apa Itu Flo Tol ? Fungsi, Daftar, Pesan, Lokasi & Kelebihan

Apa Itu Flo Tol – Teknologi yang terus berkembang sampai dengan saat ini membawa cukup banyak perubahan di berbagai bidang. Termasuk halnya dalam urusan pembayaran tol karena baru-baru ini PT Jasa Marga sentar menyuarakan serta mensosialisasikan sistem pembayaran tol baru.

Sistem pembayaran baru tersebut memanfaatkan stiker Radio Frequency Identification (RFID). Hadirnya inovasi dalam pembayaran tol, tentu banyak memberi keuntungan bagi para pengemudi yang ingin melewati jalur bebas hambatan.

Nantinya setiap mobil yang sudah terintegrasi ke stiker RFID akan dapat terus melaju ketika memasuki pintu gerbang tol tanpa harus memberhentikan mobil terlebih dahulu. Integrasi ini tentu mengaplikasikan sistem serta teknologi canggih dan masih terus di kembangkan.

Meski masih berstatus uji coba, namun banyak masyarakat mengapresiasi pemakaian sistem pembayaran tol nirsentuh atau touch-less transaction Single Lane Free Flow (SLFF). Sebab ada banyak keuntungan bisa dirasakan pengemudi ketika sudah mengaktifkannya.

Apa Itu Flo Tol dari Fungsi Cara Daftar Pesan dan Keuntungannya

Dalam masa uji coba pengaplikasian Flo Tol, saat ini PT Jasa Marga telah meletakan sensor untuk sistem baru pembayaran tol di beberapa lokasi gerbang tol. Bagi flikermania yang ingin tahu lokasi tersebut, serta penasaran dengan apa itu flo tol, fungsi serta kelebihannya simak pembahasan otoflik dibawah ini.

Apa itu Flo Tol ?

Apa itu Flo Tol

Apa itu Flo Tol? Secara garis besar, Flo Tol merupakan sistem pembayaran tol prabayar yang digadang-gadang akan memberi kemudahan bagi para pengemudi mobil agar bisa masuk ke jalur bebas hambatan tanpa harus memberhentikan mobil.

Basis pengoperasian teknologi ini ada pada aplikasi mobile
di Android dan iOS serta stiker Radio Frequency Identification (RFID) dan sudah memakai source of fund serta mengadopsi basis Voucher Elektronik (VE).

Dalam menggunakan teknologi ini, setiap pengemudi harus mendaftar aplikasi Flo Tol (Let It Flo) agar mendapatkan stiker RFID serta harus dipasang pada lampu utama sebelah kanan. Serta harus memiliki saldo yang dapat kalian isi lewat dompet digital terintegrasi yakni LinkAja.

Lebih menariknya lagi, hampir sama seperti aplikasi dompet digital pada umumnya, Flo Tol juga memungkinkan setiap pengguna bisa melihat rekam jejak history. Baik itu history pembayaran ataupun history isi ulang atau top up.

READ  3 Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Harus Anda Ketahui

Fungsi Flo Tol

Fungsi Flo Tol

Lantas apa sih fungsi utama dari Flo Tol? Secara garis besar sebenarnya sudah kami singgung sedikit terkait kegunaan Flo Tol sendiri. Namun biar lebih memperjelasnya lagi, berikut akan kami sampaikan dibawah ini.

Jadi fungsi Flo Tol paling utama yakni sebagai media pembantu pembayaran gerbang tol tanpa pengemudi harus memberhentikan mobil, membuka kaca serta menempelkan kartu. Dengan adanya sistem ini tentu tumpukan kemacetan di gerbang tol akan dapat di minimalisir.

Meski secara sistem tergolong begitu mudah, tetapi agar bisa menggunakan Flo Tol guna membayar gerabng tol, setiap pengguna wajib memiliki saldo mencukupi dan sudah minimal menggunakan kecepatan 20 – 40 km/jam demi alasan keamanan.

Kelebihan Flo Tol

Kelebihan Flo Tol

Meski masih dalam tahap uji coba, namun respon masyarakat terhadap pengembangan Flo Tol sebagai alat pembayaran gerbang tol ini cukup banyak di apresiasi. Karena seperti diatas kami jelaskan, ada banyak sekali kelebihan bisa di dapat ketika menggunakan Flo Tol.

  1. Mudah digunakan karena kalian hanya perlu download aplikasi Flo Tol di android atau iPhone kemudian pesan stiker RFID, pasang dan sinkronisasi stiker dengan aplikasi Flo Tol (Let It Flo).
  2. Pengemudi tidak perlu memberhentikan mobil saat melewati pintu tol.
  3. Pengemudi tidak perlu melakukan tapping kartu ke alat khusus di pintu tol.
  4. Pengisian saldo atau top up saldo bisa dilakukan dengan mudah.
  5. Pengisian saldo bisa dilakukan kapanpun, dimanapun flikermania berada karena sudah terintegrasi dengan banyak lembaga perbankan serta dompet digital terutama LinkAja.

Lokasi Uji Coba Flo Tol

Lokasi Uji Coba Flo Tol

Lantas dimana saja lokasi uji coba Flo Tol yang dilakukan oleh PT Jasa Marga? Sekarang, pengetesan atau uji coba pembayaran Flo Tol bisa kalian temui di beberapa lokasi berada di wilayah DKI Jakarta termasuk untuk jalur tol trans Jawa.

Untuk lebih lengkapnya berikut daftar pintu tol uji coba pengaplikasian Flo Tol yang harus kalian ketahui.

  • Gerbang Tol Cengkareng
  • Pintu Tol Kamal 4
  • Gerbang Tol Kapuk
  • Pintu Tol Slipi 2
  • Pintu Tol Senayan
  • Pintu Tol Kuningan 1
  • Gerbang Tol Tebet 1
  • Gerbang Tol PD Ranji Sayap
  • Pintu Tol Halim
  • Pintu Tol Dukuh 2
  • Gerbang Tol Bogor 1
  • Gerbang Tol Bekasi Barat 1
  • Pintu Tol Bekasi Barat 1 Satelit
  • Gerbang Tol Pulogebang
  • Pintu Tol Bekasi Timur 1
  • Pintu Tol Bekasi Timur 2
  • Gerbang Tol Jati Asih 2

Cara Daftar Flo Tol

Bagaimana, apa sudah paham dengan Flo Tol dari fungsi serta keuntungan bisa didapat? Jika sudah, bagaimana cara daftar Flo Tol? Bagi kalian yang tertarik, berikut otoflik rangkum bagaimana cara daftar Flo Tol di aplikasi untuk android ataupun iPhone.

READ  10 Jenis Kopling Pada Kendaraan Beserta Penjelasannya 2021

Buka Aplikasi Flo Tol

Pertama download aplikasi Flo Tol di Google Play Store dan App Store, kemudian buka aplikasi tersebut lalu pilih Daftar.

1 Buka Apliaksi Flo Tol

Masukan Nomor HP

Setelah itu, lanjutkan dengan memasukan nomor HP kalian dengan benar lalu tap Kirim.

2 Masukan Nomor HP

Masukan Kode OTP

Nantinya akan ada kode OTP masuk ke SMS nomor HP tersebut, silahkan masukan 4 digit kode OTP tersebut kemudian tap Konfirmasi.

3 Masukan Kode OTP

Buat PIN

Jika sudah kalian akan diminta untuk membuat 6 digit PIN kombinasi angka dan mengkonfirmasinya. Silahkan buat sesuai kebutuhan lalu tap Konfirmasi.

4 Buat PIN

Buat Pertanyaan

Sampai disini, silahkan buat pertanyaan dan jawaban untuk keamanan akun. Jika sudah silahkan konfirmasi.

5 Buat Pertanyaan

Lengkapi Data Diri

Kemudian halaman aplikasi meminta untuk memasukan data diri atau identitas lalu konfirmasi. Beberapa identitas dibutuhkan seperti:

  • Nama Lengkap
  • Alamat email
  • Jenis Kartu
  • Nomor Identitas (NIK)
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
  • Alamat

6 Lengkapi Data Diri

Setujui Ketentuan Layanan

Untuk menyelesaikan proses daftar pembuatan akun Flo Tol, silahkan setujui ketentuan layanan dengan cara checklist kotak kecil lalu tap Setuju.

7 Setujui Ketentuan Layanan

Pendaftaran Berhasil

Bila sudah maka proses pendaftaran akun Flo Tol pun berhasil, untuk mencoba login silahkan tap menu Login di halaman tersebut.

8 Pendaftaran Berhasil

Cara Pesan Stiker RFID Flo Tol

Cara Pesan Stiker RFID Flo Tol

Setelah akun berhasil dibuat, maka tahap selanjutnya harus dilakukan yakni memesan stiker Flo Tol. Untuk langkah serta caranya bisa flikermania lihat dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Flo Tol kemudian pilih tombol pesan RFID.
  2. Pada halaman pemesanan, silahkan tap menu Tambah Pesanan.
  3. Sampai disini silahkan input data kendaraan mulai dari Plat Nomor, Jenis Golongan, Warna dan beberapa keterangan lain. Jika sudah silahkan tap menu Tambah.
  4. Kemudian lanjutkan dengan memilih lokasi fitments center untuk tempat pemasangan stiker RFID.
  5. Sampai disini, silahkan lakukan pembayaran sesuai harga tertera dengan menggunakan kartu ATM ataupun memanfaatkan dompet digital LinkAja.
  6. Selesai, silahkan ikuti petunjuk diberitahukan pihak Flo Tol lewat SMS ataupun lewat aplikasi untuk proses pemasangan stiker.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya penjelasan terkait apa itu Flo Tol yang dapat otoflik.com sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya penjelasan terkait apa itu Flo Tol, fungsi, cara daftar, cara pesan, lokasi penggunaan serta kelebihan Flo Tol bisa menjadi wacana menarik untuk kalian simak.

Tags: ,