√ Apa Itu Mobil Hybrid ? Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Mobil Hybrid – Kendaraan masih menjadi bagian gaya hidup yang begitu fungsionalitas. Bukan sekedar dapat membuat tampilan lebih menarik. Kendaraan sekarang juga lebih dibuat untuk bisa melengkapi berbagai macam kebutuhan.

Berbagai macam fitur baru serta teknologi canggih disematkan untuk membuatnya lebih berfungsi. Masih di pertengahan tahun 2021, produktivitas pabrikan mobil di berbagai negara mungkin sedang mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19.

Namun hal tersebut bukan berarti keberagaman dalam industri otomotif menurun. Sebab, sejak beberapa waktu lalu sampai dengan sekarang ini telah banyak pabrikan otomotif yang mengembangkan produk elektrifikasi. Salah satu produk elektrifikasi tersebut adalah mobil hybrid.

Mendengar nama tersebut, mungkin sebagian besar orang sudah cukup paham dengan apa itu mobil hybrid. Namun tidak bisa kita pungkiri, meski bukanlah istilah baru di dalam industri otomotif namun masih banyak pula masyarakat yang belum paham dengan apa itu mobil hybrid.

Mengenal Apa Itu Mobil Hybrid dari Kelebihan Kekurangan Fiture Cara Kerja

Maka dari itu buat kalian yang masih penasaran dengan apa itu mobil hybrid, serta apa saja jenis, cara kerja serta kelebihan dan kekurangannya. Tepat sekali berada disini, karena di bawah ini akan otoflik rangkum serta jelaskan secara rinci apa yang dimaksud mobil hybrid itu.

Apa Itu Mobil Hybrid?

Apa Itu Mobil Hybrid

Mobil Hybrid atau Hibrida merupakan sebuah jenis kendaraan roda empat yang dibuat dan diproduksi dengan menggunakan dua tipe mesin dalam satu mobil yaitu tipe mesin berteknologi bensin serta tipe mesin yang digerakan oleh MOTOR LISTRIK bertenaga baterai.

Penggunaan dua tipe penggerak roda tersebut, di klaim untuk dapat membuat penggunaan tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar semakin irit. Di lain sisi, penggunaan motor penggerak tersebut juga disebut untuk bisa membuat mobil semakin ramah lingkungan.

Dan perlu juga diketahui setiap mesin atau motor penggerak di dalam rangkaian mobil hybrid akan bekerja pada situasi tertentu. Umumnya ketika mobil berjalan lambat, maka roda akan digerakan oleh motor listrik. Namun ketika baterai habis, maka secara otomatis sistem akan merubah ke mesin bensin konvensional.

READ  13 Motor Listrik Terbaik, Terkeren dan Nyaman Terbaru 2021

Jenis Mobil Hybrid

Mengenal Jenis Mobil Hybrid

Sampai dengan saat ini setidaknya mobil hybrid sudah memiliki beberapa jenis sejak mulai diperkenalkan dan di produksi beberapa tahun silam. Yang dimana hampir semua jenis mobil hybrid itu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Buat kalian yang bertapa apa saja sih jenis mobil hybrid? Berikut adalah beberapa daftar dan deretan jenis – jenis mobil hybrid yang bisa kita ketahui.

1. Sistem Hybrid Series

Untuk jenis pertama yakni sistem hybrid series. Pada jenis ini, nantinya listrik yang digunakan untuk menyuplai tenaga motor listrik akan dihasilkan langsung dari mesin bensin. Sementara itu roda penggerak hanya akan digerakan melalui sistem penggerak motor listrik saja.

2. Sistem Hybrid Paralel

Kemudian pada jenis yang kedua ada mobil sistem hybrid paralel. Pada jenis ini nantinya mobil hanya akan digerakan oleh motor listrik untuk efisiensi bahan bakar. Penggunaannya biasanya pada saat mobil berjalan pelan di rpm rendah atau pada saat output mesin bensin lebih lemah.

3. Sistem Hybrid Series-Paralel

Sesuai dengan namanya yakni hybrid series-paralel. Tentu saja apa yang dimiliki masing-masing jenis akan bisa dimanfaatkan pada jenis ini. Maksudnya listrik dari mesin konvensional maupun baterai hybrid akan dapat sama-sama dipakai menggerakan mobil.

Bahkan seperti kami sampaikan di atas. Pada jenis mobil ini setiap pengguna dapat mengontrol dengan mudah sumber daya ganda. Otomatis hal ini dapat menjadikan energi listrik jauh lebih hemat serta mampu membuat kinerja motor listrik bisa bekerja dengan maksimal.

Cara Kerja Mobil Hybrid

Setelah mengetahui secara pasti apa itu mobil hybrid serta apa saja jenis-jenisnya. Buat flikermania yang penasaran bagaimana sistem serta cara kerja mobil hybrid. Berikut akan kami sampaikan serta jelaskan di bawah ini apa saja hal penting untuk dipahami.

1. Proses Menghidupkan Mesin

Proses Menghidupkan Mesin

Apa yang terjadi saat mobil hybrid di hidupkan pertama kalinya?. Pada saat pertama kali mobil dihidupkan, kebutuhan pasokan aliran listrik untuk berbagai macam komponen elektronik didalamnya akan secara otomatis tenaga serta daya akan diambil dari baterai. Mesin hanya akan  hidup ketika kondisi baterai membutuhkan daya tambahan.

2. Saat RPM Rendah

Kinerja Saat RPM Rendah

Pada saat kondisi mobil hybrid berjalan pada kecepatan rendah atau sekitar 20 km/jam. Maka secara otomatis tenaga dipakai berasal dari motor listrik dengan baterai sebagai suplai tenaga utamanya. Lalu bagaimana dengan mesin bensinnya?. secara otomatis akan dimatikan oleh sistem.

READ  17 Harga Mobil Jeep Bekas Dibawah 50 Juta Terbaik dan Terbaru 2021

3. Saat RPM Tinggi

Kinerja Saat RPM Tinggi

Sebaliknya, disaat kondisi mesin berada pada rpm tinggi dan akselerasi sudah mulai di dapat. Secara perlahan dan otomatis mesin bensin konvensional akan hidup dan akan bekerja secara bersamaan dengan motor listrik. Hasil dari itu akan membuat tenaga lebih maksimal.

4. Saat Menyalip

Saat Menyalip

Tidak seperti mobil bensin konvensional, ada hal menarik saat mobil hybrid di bawa mendahului atau menyalip kendaraan di depannya. Hal menarik itu adalah penggunaan motor dan mesin bensin yang maksimal. Dengan begitu akselerasi puna kan semakin bisa di dapat.

5. Saat Pengereman

Saat Pengereman

Disaat melakukan pengereman pun ada hal menarik. Dimana saat pengemudi menginjak sistem rem. Maka putaran motor listrik akan secara otomatis di balik. Sehingga aliran listrik akan membuat baterai terisi kembali. Unik, tapi memang itu sistem kerja mobil hybrid.

6. Saat Mobil Berhenti

Saat Mobil Berhenti

Sementara pada saat berhenti, mesin full hybrid akan secara otomatis mati sehingga dapat membuat penggunaan daya baterai lebih irit. Dengan begitu pada saat berada pada lampu merah otomatis akan menjadikan mobil semakin efisien.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Ketika sudah memahami apa itu mobil hybrid serta cara kerja dan juga beberapa jenis mobil hybrid seperti yang sudah otoflik sampaikan di atas. Berikut ini adalah penjelasan lengkap apa saja kelebihan serta kekurangan mobil hybrid untuk perlu kalian ketahui.

#Kelebihan

  • Sudah pasti lebih irit dalam urusan penggunaan bahan bakar.
  • Memiliki performa serta akselerasi maksimal.
  • Lebih ramah lingkungan.
  • Mesin mobil tidak berisik, bahkan terdengar senyap
  • Minim getaran sehingga berkendara memakai mobil hybrid jauh lebih nyaman.

#Kekurangan

  • Bila dibandingkan harga mobil konvensional, HARGA MOBIL HYBRID lebih mahal.
  • Membutuhkan sistem perawatan yang ekstra agar semua sistem kerja mobil hybrid bisa tetap normal.

Akhir Kata

Itu tadi penjelasan singkat mengenai apa itu mobil hybrid yang bisa otoflik.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya penjelasan di atas buat flikermania yang bertanya bagaimana cara kerja mobil hybrid serta apa saja kelebihan dan kekurangannya bisa terjawab sudah.

Tags: , , , ,