4 Jenis Mobil Listrik dari Cara Kerja, Konstruksi & Contoh

Jenis Mobil Listrik – Keberadaan mobil listrik masih terus menjadi perbincangan banyak orang. Bukan hanya soal kemampuannya untuk memberi kenyamanan kepada para pengguna, namun juga soal teknologi canggih yang terus di sematkan.

Dengan seiring perkembangan teknologi yang terus meningkat, kini ragam pilihan jenis mobil listrik pun sudah bisa kita temui. Bahkan, dalam industri otomotif, jenis-jenis kendaraan listrik berbentuk mobil ini mulai akrab di telinga masyarakat dunia termasuk Indonesia.

Sayangnya masih banyak para pecinta otomotif yang masih minim pengetahuan tentang mobil listrik. Baik itu, jenis, konstruksi ataupun prinsip cara kerja dari mobil listrik.

Menyikapi masalah tersebut, sesuai dengan judul diatas. Kali ini otoflik akan menjelaskan secara rinci dan lengkap tentang prinsip cara kerja, konstruksi, ragam pilihan jenis mobil listrik dan juga beberapa contoh mobil listrik sesuai dengan jenisnya.

Mengenal Jenis Jenis Mobil Listrik Arsitektur Cara Kerja dan Contoh

Oleh karena itu, bagi flikermania yang penasaran. Tidak ada salahnya simak penjelasan otoflik.com dibawah ini. Mengingat sesuai kabar yang beredar, mobil listrik akan menjadi tipe mobil masa depan yang memungkinkan polusi udara dapat dihindari.

Mengenal Mobil Listrik

Mengenal Mobil Listrik

Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama terkait jenis jenis mobil listrik. Tidak ada salahnya kita kenali dulu apa sebenarnya itu mobil listrik.

Jadi mobil listrik adalah sebuah kendaraan roda empat yang sebagian dan sepenuhnya sudah digerakan oleh motor listrik (dinamo). Dimana sumber tenaganya berasal dari battery yang didesain untuk dapat di charger atau isi ulang.

Jenis Mobil Listrik

Secara garis besar, sampai dengan saat ini setidaknya telah ada beberapa tipe model dan jenis mobil listrik di pasaran, baik di pasar Indonesia ataupun pasar global. Beberapa jenis tersebut meliputi:

  • Battery Electric Vehicle (BEV)
  • Hybrid Electric Vehicle (HEV) / Hybrid
  • Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) / Hybrid
  • Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Untuk lebih jelas terkait masing-masing jenis dan tipe mobil listrik sesuai konstruksi atau bentuknya. Berikut sudah otoflik.com rangkum secara rinci semua penjelasan terkait masing-masing jenis dan tipe kendaraan listrik tersebut.

Battery Electric Vehicle (BEV)

Jenis Mobil Listrik Battery Electric Vehicle BEV

Jenis mobil listrik yang pertama disebut Battery Electric Vehicle atau BEV atau juga biasanya disebut All-Electric Vehicle (AEV). Untuk tipe mobil listrik satu ini, umumnya sudah mengusung teknologi motor listrik sepenuhnya.

Bahkan dalam pembuatanya, mobil listrik jenis BEV sudah tidak lagi mempunyai mesin pembakaran (ICE). Untuk urusan sumber tenaga, mobil listrik tipe ini mengusung battery pack yang dapat diisi saat terhubung ke jaringan listrik PLN memakai Charge Mobil Listrik khusus.

READ  √ Motor Matic Gredek ? Ini 8 Penyebab dan Cara Mengatasi

Prinsip kerja dari mobil listrik BEV sendiri bisa dibilang sangat simple, karena disaat Daya dikonversi dari aki dalam bentuk arus DC ke AC melalui inverter, otomatis akan langsung mengaktifkan motor listrik. Disaat bersamaan, akselerator akan mengirim sinyal ke control module.

Tujuannya untuk dapat menyesuaikan kecepatan dengan cara mengubah frekuensi daya AC dari inverter ke motor. Setelah itu motor akan langsung berputar dan memutar roda melalui roda gigi. Sementara saat rem aktif, putaran motor listrik akan diubah menjadi arus DC untuk pengisian battery.

Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Jenis Mobil Listrik Hybrid Electric Vehicle HEV

Lalu jenis mobil listrik kedua yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) atau juga umum di juluki paralel hybrid. Hal tersebut dikarenakan jenis ini punya dua buah sistem penggerak yakni mesin pembakaran (dari BBM) dan motor traksi dari tenaga battery.

Selama mobil listrik jenis ini berjalan, secara bersamaan mesin pembakaran dan motor traksi akan memutar transmisi untuk menggerakan roda. Namun battery yang dibawanya hanya dapat diisi oleh putaran mesin, mengingat mobil jenis ini tak punya charging port.

Adapun untuk cara kerja mobil listrik jenis Hybrid Electric Vehicle memanfaatkan tangki pemasok bahan bakar yang disalurkan ke mesin seperti halnya mobil pada umumnya. Namun pada tipe ini terdapat satu set battery guna mengaktifkan dan menjalankan motor listrik (traksi).

Meski sama-sama bergerak memutar transmisi, akan tetapi tidak jauh berbeda dengan jenis mobil listrik BEV. Disaat mobil dihentikan atau adanya gaya pengereman, maka motor listrik tersebut berubah menjadi generator dan mengubah putaran menjadi arus DC untuk pengisian battery.

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Jenis Mobil Listrik Plug in Hybrid Electric Vehicle PHEV

Lanjut pada jenis mobil listrik ketiga, disini ada tipe Plug-In Hybrid Vehicle (PHEV). Hampir sama seperti jenis HEV, mobil listrik tipe ini punya dua penggerak mesin yakni mesin sistem pembakaran berbahan bakar BBM serta motor traksi (motor listrik).

Menariknya, battery yang tertanam di dalamnya dapat diisi melalui port charger yang terhubung ke arus listrik PLN langsung. Sementara mesin bakarnya dapat ditenagai oleh bensin ataupun biodiesel atau bahkan battery. Selain itu biasanya jenis mobil listrik ini dapat beroperasi dalam dua mode yakni:

  • All-electric mode : pada mode ini hanya listrik pada baterai sebagai energi untuk menjalankan mobil.
  • Hybrid mode : dimana listrik dan bensin digunakan bersamaan untuk mengaktifkan mesin dalam menggerakan transmisi.

Secara garis besar, cara kerja mobil listrik jenis Plug-In Hybrid Vehicle akan memanfaatkan mode All-electric mode saat pertama kali mobil dijalankan. Saat battery habis, penggerak akan otomatis berganti dari All-electric mode ke Hybrid mode untuk memanfaatkan mesin bensin/diesel sebagai penggeraknya.

READ  √ Charge Mobil Listrik : Tarif, Lokasi & Ideal Daya Listrik Rumah 2021

Bahkan untuk beberapa model jenis mobil listrik ini dapat berganti secara otomatis ketika berjalan pada kecepatan stabil 60 – 70 km/jam. Sampai saat ini ada cukup banyak tipe mobil listrik yang masuk ke dalam kategori jenis mobil listrik PHEV baik di Indonesia ataupun di pasar Global.

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Jenis Mobil Listrik Fuel Cell Electric Vehicle FCEV

Dan jenis mobil listrik yang terakhir yaitu Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Mobil roda empat ini umumnya telah memiliki kemampuan untuk tidak menghasilkan gas emisi sama sekali. Tidak heran jika jenis mobil listrik ini disebut juga mobil Zero Emission.

Pada prinsipnya, mobil Zero Emission ini memanfaatkan teknologi fuel-cell sebagai penghasil listriknya. Kemudian, listrik itulah yang digunakan untuk memutar motor traksi dan menjalankan mobil.

Secara garis besar prinsip kerja mobil listrik jenis Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) tidak jauh berbeda dengan jenis HEV, hanya saja pada tipe ini sistem yang dipakai yakni konversi kimia pada fuel-cell dijadikan sebagai tegangan listrik. Dan jenis mobil listrik ini belum banyak beredar di pasar Indonesia.

Contoh Mobil Listrik Sesuai Jenis

Contoh Mobil Listrik Sesuai Jenis

Nah saat ini ada banyak sekali tipe mobil listrik yang ada di pasar Indonesia ataupun pasar Global. Salah satu diantaranya adalah mobil listrik Hyundai, selain itu ada pula beberapa tipe mobil listrik lain yang bisa kita miliki dengan mengacu pada jenis sistem penggerak yang digunakan pada mobil listrik tersebut. Beberapa diantaranya dapat flikermania lihat dibawah ini.

Jenis Mobil ListrikContoh Mobil Listrik
Mobil Listrik BEVBMW i3
Chevy Bolt
Volkswagen e-Golf
Tesla Model 3
Hyundai Ioniq
Karma Revero
Kia Soul
Toyota Rav4
Tesla X
Chevy Spark
Nissan LEAF
Ford Focus Electric
Mitsubishi i-MiEV
Mobil Listrik HEVToyota Prius Hybrid
Toyota Camry Hybrid
Honda Civic Hybrid
Honda Civic Hybrid
Mobil Listrik PHEVPorsche Cayenne S E-Hybrid
Chevy Volt
Ford C-Max Energi
Chrysler Pacifica
Ford Fusion Energi
Audi A3 E-Tron
BMW 330e
X5 xdrive40e
BMW i8
Mobil Listrik FCEVToyota Mirai
Riversimple Rasa
Honda Clarity Fuel Cell
Hyundai Nexo
Hyundai Tucson FCEV

Itulah beberapa jenis mobil listrik lengkap dengan konstruksi dan cara kerja untuk tiap-tiap jenisnya serta beberapa contoh mobil listrik yang sudah ada sesuai dengan jenisnya. Semoga dengan adanya informasi yang telah otoflik.com sampaikan diatas, kalian lebih paham lagi dengan calon kendaraan masa depan ini.

Tags: ,