√ Charge Mobil Listrik : Tarif, Lokasi & Ideal Daya Listrik Rumah 2021

Charge Mobil Listrik – Penggunaan jenis kendaraan mobil dan motor listrik mulai mengalami peningkatan cukup tinggi, dengan minat yang tinggi ini harus dibarengi dengan tempat pengisian daya listrik khusus untuk kendaraan listrik.

Seperti yang diketahui semua pihak, penggunaan mobil listrik dengan daya full memiliki jarak tempuh yang disesuaikan dengan kapasitas baterai tertanam. Contoh saja mobil listrik Tesla X varian 75D yang mana salah satu kendaraan yang digunakan oleh perusahaan taxi Blue Bird Grup, mobil tersebut memiliki kapasitas baterai sebesar 75 kWh atau 75.000 wat.

Dengan demikian pengemudi harus tahu kapan waktu pengisian kembali dan harus tahu beberapa lokasi charge mobil listrik yang sudah ada saat ini. Adapun wajib mengetahui berapa jarak tempuh maksimal dengan kondisi baterai di cas full, jadi disini anda dapat mengetahui jarak yang ditempuh semisal daya mulai habis.

Bagi anda yang berminat memiliki salah satu mobil listrik terbaik, kami sarankan pahami terlebih dahulu secara keseluruhan baik itu lokasi pengisian umum maupun juga daya ideal charge mobil di rumah seberapa besar. Untuk mengetahui itu semua, dapat simak langsung saja pembahasan dari Otoflik.com sebagai berikut.

Charge Mobil Listrik Tarif, Lokasi & Ideal Daya Listrik Rumah

Charge Mobil Listrik Tarif Lokasi Ideal Daya Listrik Rumah

Pengembangan kendaraan listrik tidak hanya terfokus pada mobil saja, ada beberapa perusahaan yang mengembangkan produk motor listrik seperti Gesits salah satu contohnya. Kedepannya pasti bakalan muncul kendaraan listrik dengan harga yang terjangkau, oleh karena itu anda wajib untuk mengetahui informasi lengkap akan charge mobil listrik.

Tarif Charge Mobil Listrik

Tarif Charger Mobil Listrik

Saat ini tidak hanya mobil yang menggunakan listrik saja, beberapa jenis motor juga demikian contoh saja Gesits, Viar Q1, Ecgo 2 dan lainnya. Sebagai pengguna kendaraan yang menggunakan tenaga listrik wajib untuk mengetahui biaya cas yang dikenakan oleh PT PLN (Persero), tidak hanya itu saja pengguna juga wajib mengetahui pemakaian daya sesuai dengan jarak tempuh agar tahu kapan harus melakukan charge kembali. Berikut ini kami informasikan tarif yang dikenakan dalam pengisian mobil listrik maupun motor listrik.

  • Tarif Charge Mobil Listrik di SPKLU sebesar Rp 2.467 per kWh secara umum, sedangkan atrif di wilayah DKI Jakarta sebesar Rp 1.300 kWh.
  • Tarif Charge Mobil Listrik di rumah sebesar Rp 1.352 per kWh dengan daya diatas 1.300 sampai 6.600 VA keatas sesuai dengan golongan R-1/TR sampai R-3/TR
READ  Cara Hilangkan Karat Pada Rantai Motor yang Mudah dan Cepat

Lokasi SPKLU

Lokasi SPKLU

Dengan semakin banyaknya minat mobil lsitrik, PT Perusahaan Listrik Negeri (Persero) menyediakan cukup banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Menurut Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana terkait SPKLU direncanakan pembangun di beberapa tempat. Nah, berikut ini beberapa lokasi SPKLU yang sudah beroperasi dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

  • Jabodetabek : Senayan City, Pondok Indah Mall, TangCity Mall dan Supermall Karawaci
  • Bandung : PLN UP3 Bandung dan PLN Gedung Sate Bandung
  • Surabaya : PLN ULP Embong Wungu
  • Makassar : PLN Rayon Mattoangin
  • Bali : Kantor PLN Kawasan Denpasar

Perhitungan Charge Mobil Listrik

Perhitungan Charge Mobil Listrik

Setiap pemilik mobil dapat melakukan charge bisa dilakukan rumah sendiri maupun lewat SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), kedua cara tersebut, masing-masing memiliki biaya yang berbeda-beda. Tarif tersebut juga akan dibedakan dengan jenis mobil dan kapasitas yang dimiliki dan untuk mengetahui perhitungannya dapat simak seperti berikut.

Perhitungan Tarif di SPKLU

Saat ini ada cukup banyak lokasi pengisian daya listrik bagi pengguna mobil, untuk perhitungan jika charge di SPKLU disesuaikan dengan tarif yang berlaku yakni sebesar Rp 2.467 per kWh. Sedangkan untuk daerah DKI Jakarta PLN mematok biaya sebesar Rp 1.300 kWh.

Jadi perhitungannya begini, kami contohkan saja pengisian pada mobil Hyundai loniq yang memiliki kapasitas baterai sebesar 38,3 kWh. Apabila anda memulai charger dari 8,3 kWh sampai daya full, maka biaya yang dikenakan 30 kWh x Rp 1.300 = Rp39.000, jadi anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 39.000 saja.

Perhitungan Tarif di Listrik Rumah

Jika anda melakukan charge di rumah, maka perhatikan terlebih dahulu tarif yang dikenakan karena setiap golongan daya listrik memiliki tarif yang berbeda-beda dari R-1/TR sampai R-3/TR dikenakan biaya Rp 1.444,70 kWh untuk daya 1.300 sampai 6.600 VA, lalu daya 900 VA akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.352 per kWh.

READ  Harga TVS iQube 2021 : Review, Spesifikasi, Fitur & Warna

Perhitungan begini, daya listrik 900 VA dikenakan biaya tarif sebesar Rp 31.781,6 per kWh untuk pengisian dari nol sampai penuh. Sedangkan golongan daya listrik R-1/TR sampai R-3/TR sebesar Rp 55.332,01 per kWh.

Ideal Daya Listrik Rumah

Ideal Daya Listrik Rumah

Meski kini terdapat cukup banyak stasiun pengisian kendaraan listrik umum, tak sedikit para pemilik mobil listrik sering melakukan charge di rumah. Hal ini dikarenakan untuk menjaga daya pada mobil ketika hendak digunakan, contoh saja mobil dari Tesla setidaknya membutuhkan satu jam pengisian dengan jarak ditempuh aejauh 11 kilometer. Pasalnya pengisian charger Tesla Wall Connectors setidaknya membutuhkan 2.8 kW.

Jadi, ketika ada keniatan untuk membeli sebuah mobil listrik maka pastikan terlebih dahulu daya listrik dirumah anda seberapa besar, setidaknya untuk pengisian 1.300 watt dan daya ini hanya untuk kendaraan saja. Jadi ideal daya listrik rumah harus lebih 1.300 watt dengan minimal 2.200 watt, namun lebih baik lagi lebih dari 2.200 watt untuk memenuhi kebutuhan barang elektronik.

Bagaimana? Sampai disini anda sudah paham belum mengenai charge mobil listrik mulai dari tarif, perhitungan hingga lokasi stasiun charge mobil listrik. Mungkin cukup sekian informasi yang dapat disampaikan oleh Otoflik.com seperti diatas dan semoga saja pembahasan kali ini dapat membantu dan memberikan informasi tentang mobil listrik.

Tags: , , , ,