15 Mobil Listrik Terbaik dan Termurah di Dunia

Mobil Listrik – Dunia otomotif memang terus menerus mengalami perkembangan dari setiap segi, tak terkecuali dalam menciptakan berbagai jenis mobil dimana perlu kalian ketahui bahwa saat ini telah hadir jenis mobil listrik yang sangat ramah terhadap lingkungan. Mobil jenis ini digadang-gadang bisa menjadi mobil masa depan, pasalnya dengan tidak menggunakan bahan bakar minyak otomatis akan lebih mengurangi polusi udara yang ditimbulkan.

Di Indonesia sendiri bisa dikatakan masyarakatnya masih enggan menggunakan mobil ini, melainkan mereka masih setia menggunakan mobil-mobil berbahan bakar bensin dan solar, hal ini mungkin karena performa yang dimiliki lebih tangguh dibandingkan mobil listrik dan harganya yang lebih murah. andai saja masyarakat Indonesia lebih menyadari akan fungsi dari mobil ini mungkin daerah-daerah perkotaan padat penduduk seperti Jakarta dan Surabaya akan terbebas dari polusi udara berlebih.

Bahkan perlu kalian ketahui jika beberapa anak bangsa telah berhasil menciptakan sebuah mobil listrik yang memiliki kecanggihan teknologi dengan produkan luar negeri, hanya saja untuk kesuksesan mobil listrik Indonesia kami rasa kurang diperhatikan, terutama dalam hal produksi dan pemasaran, pasalnya pemerintah seperti mempersulit akan hal tersebut.

Mobil Listrik Terbaik dan Termurah di Dunia

Mobil-Listrik-Toyota-Prius-Plug-In-Hybrid

Mobil-Listrik-Terbaik dan Termurah di Dunia

Salah satu mobil listrik Indonesia yang cukup terkenal adalah Selo, merupakan dari karya Ricky Nelson yang memiliki desain tampilan mirip dengan mobil sport, berdasarkan informasi yang kami peroleh mobil ini memiliki tenaga maksimal sebesar 182 Hp 130 Kw, disamping itu mobil ini juga membutuhkan wakut kurang lebih 4 jam untuk mengisi ulang baterai agar bisa dikendarai sejauh 250 kilometer. Selain Selo, ada beberapa mobil listrik karya anak bangsa dan luar negeri yang selengkapnya bisa kalian simak pada ulasan mengenai 15 Mobil Listrik Terbaik dan Termurah di bawah ini.

1. Tucuxi 

Mobil-Listrik-Tucuxi

Mobil-Listrik-Tucuxi

Pertama, mobil listrik karya Danet Surayatama ini diproduksi pada tahun 2012, desain tampilan mobil listrik Tucuxi cukup unik, dimana pada bagian depan tampak seperti wajah lumba-lumba. Mobil ini merupakan karya anak bangsa yang memiliki mesin cukup tangguh dengan tenaga maksimal sebesar 268 Horsepower, yang berarti dirinya mampu bersaing dengan mobil konvensional dengan mesin berkapasitas 3.000 cc. Kemudian untuk harga mobil listrik Tucuxi ini dibanderol kisaran 1.5 milyar rupiah.

2. Gendhis 

Mobil-LIstrik-Gendhis

Mobil-LIstrik-Gendhis

Selain Tucuxi, Indonesia juga memiliki mobil listrik Gendhis yang mana mobil ini termasuk kedalam jenis mobil MPV karena desain tampilannya yang jika dilihat sepintas tampak seperti mobil MPV premium Toyota Alphard. Mobil  ini merupakan hasil karya anak bangsa bernama Dasep Ahmadi pada tahun 2013, disamping itu mobil ini juga didukung dengan beragam teknologi canggih, misal pada pintu yang telah mengusung konsep sliding door, kemudian bahan bakar yang digunakan adalah biodiesel yang terbukti ramah terhadap lingkungan.

3. Selo 

Mobil-Listrik-Selo

Mobil-Listrik-Selo

Selanjutnya kita memiliki mobil listrik Selo yang merupakan hasil karya dari Ricky Nelson, 14 tahun menimba ilmu di Jepang dan telah menemukan belasan teknologi motor penggerak listrik yang telah dipatenkan di Jepang, kemudian ilmu tersebut di kembangkan lagi hingga akhirnya terciptalah mobil ini. Untuk urusan performa, mobil ini kabarnya memiliki mesin yang mampu menghadirkan tanaga maksimal 182 horsepower dan untuk pengisian ulang baterai Selo membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam agar bisa dikendarai dengan jarak tempuh 250 kilometer.

4. Evina

Mobil-Listrik-Evina

Mobil-Listrik-Evina

Selain berhasil menciptakan mobil listrik Gendhis, Dasep Ahmadi juga memiliki inovasi mobil listrik lainnya bernama Evina, nama Evina sendiri merupakan singkatan dari Eletric Vehicle Indonesia, mobil ini memiliki konsep city car dengan lima buah pintu, 4 pintu di samping kanan kiri, dan satu pintu di bagian belakang. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan motor listrik 20 kWh dan menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 21 kWh yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat, dengan demikian mobil ini mampu menghadirkan daya maksimal sebesar 50 Horsepower dan bisa dikendarai hingga jarak tempuh 135 km dalam satu pengisian baterai.

READ  85 Harga Mobil Murah 100 Jutaan Terbaik Untuk Keluarga 2018

5. Hevina 

Mobil-LIstrik-Hevina

Mobil-LIstrik-Hevina

Selanjutnya kita juga memiliki mobil listrik bernama Hevina yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mobil ini kabarnya telah ditenagai dengan motor listrik yang mampu menghadirkan daya maksimal 62 Hp dengan torsi maksimal 156 Nm. Selain ittu mobil juga memiliki catatan top speed 140 km/jam. Akan tetapi berdasarkan informasi yang kami peroleh, mobil ini belum akan diproduksi secara massal dikarenakan satu dan lain hal, walaupun mobil listrik Hevina pertama kali dikenalkan pada umum di tahun 2013.

6. Si Elang

Mobil-Listrik-Si-Elang

Mobil-Listrik-Si-Elang

Selain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang telah mengembangkan mobil listrik Hevina, beberapa mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Tidar juga berhasil membuat mobil ramah lingkungan yang diberi nama Si Elang, desain tampilan mobil ini juga cukup unik dan lain daripada yang lain. Mobil ini memiliki motor listrik berkapasitas 350 watt yang menjadikannya melesat hingga kecepatan 40 km/jam, namun untuk daya tahan baterai mobil ini hanya mampu bertahan selama 3 jam, jadi hingga saat ini mereka masih terus mengembangkan kualitas mobil listrik Si Elang.

7. Chevrolet Volt 

Mobil-Listrik-Chevrolet-Volt

Mobil-Listrik-Chevrolet-Volt

Selain dari dalam negeri, mobil listrik terbaik juga datang dari luar negeri, salah satunya adalah Chevrolet Volt. Mobil yang digarap oleh pabrikan mobil asal Detroit, Amerika ini memiliki spesifikasi yang sangat baik disetiap sektornya, misal untuk urusan performa mobil ini menggunakan tenaga listrik dan mesin Hyvbrid yang diklaim mampu memberikan kualitas performa mengagumkan. Kemudian desain tampilan yang dimilikinya juga keren, minimalis dan juga elegan, sedangkan untuk harga mobil Chevrolet Volt dibanderol kisaran 660 juta rupiah.

8. Tesla Roadster 

Mobil-Listrik-Tesla-Roadster

Mobil-Listrik-Tesla-Roadster

Selaib Chevrolet, Tesla juga memiliki mobil listriik bernama Tesla Roadster yang didalamnya telah tertanam mesin listrik yang mampu memberikan daya makismal sebesar 53 kWh. Bukan hanya itu, mobil listrik Tesla Roadster juga mampu menempuh jarak hingga 393 km ketika baterai terisi penuh. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Tesla telah menjual kurang lebih 2000 unit mobil lTesla Roadster dalam kurun waktu 3 tahun sejak awal kemunculannya di tahun 2008, kemudian untuk harganya sendiri mobil ini dibanderol 1,1 milyar rupiah.

9. Fisker Karma

Mobil-Listrik-Fisker-Karma

Mobil-Listrik-Fisker-Karma

Salah satu perusahaan otomotif asal Finlandia bernama Fisker Automotive dan Valmet Automotive berhasil menciptakan sebuah mobil listrik bernama Fisker Karma. Mobil ini memiliki desain tampilan minimalis dan juga elegan, kemudian untuk urusan performa mobil ini telah dibekali mesin konsep hybrid plug-in yang dipadukan dengan dua unsur bahan bakar, yakni listrik dan bahan bakar minyak, sedangkan untuk harga mobil Fisket Karma ini dibanderol 1.5 milyar rupiah, hampir sama dengan harga mobil sport Mercedes Benz-AMG C 43 Estate

10. Ford Focus Electric

Mobil-Listrik-Ford-Focus-Electric

Mobil-Listrik-Ford-Focus-Electric

Seakan tak mau ketinggalan, Perusahaan mobil asal negeri Paman Sam, Ford juga merilis mobil listrik yang bernama Ford Focus Electric. Termasuk dalam kategori mobil listrik terbaik tentunya Ford Focus Electric memiliki kualitas serta kuantitas yang mumpuni sebagai mobi listrik, salah satunya adalah berkat kecanggihan teknologi yang dimiliki mobil ini mampu membawa pulang penghargaan “Green Vision Car Award” pada tahun 2011. Selain itu, dari segi dapur pacu Ford Focus Electric juga terbilang Oke, pasalnya Ford tela mendukungnya dengan berbagai aspek yang akan menunjang kualitas performanya. Kemudian untuk harga mobil ini dibanderol dengan tarif 442 jutaan.

READ  15 Motor Touring Terbaik di Dunia Murah Untuk Harian 2018

11. Nissan LEAF

Mobil-Listrik-Nissan-LEAF

Mobil-Listrik-Nissan-LEAF

Seperti yang kita ketahui Jepang bisa dikatakan sebagai gudangnya perusahaan mobil ternama, salah satunya adalah Nissan dimana pada tahun 2010 silam telah menciptakan mobil listrik bernama Nissan LEAF , mobil ini masuk dalam jenis kendaraan City Car, sehingga sangat cocok untuk dikendarai di daerah perkotaan yang rentan terjadi kemacetan. Untuk urusan performa mobil ini telah ditenagai dengan baterai berkapasitas 80 kWh lithium-ion yang mana jika baterai terisi penuh mobil ini mampu menempuh jarak hingga 117 km. Nah bagi kalian yang beriminat memiliki mobil Nissan LEAF kalian wajib menyiapkan budget kurang lebih 390 juta rupiah.

12. Mitsubishi i-MiEV

Mobil-Listrik-Mitsubishi-i-MiEV

Mobil-Listrik-Mitsubishi-i-MiEV

Selain Nissan, perusahaan mobil asal Jepang Mitsubishi juga mengeluarkan mobil listrik bernama Mitsubishi i-MiEV, desain tampilan yang dimiliki mobil ini sangat minimalis dan lebih mengutamakan urusan irodinamis dan efisiensi pemakaian. Mobil Mitsubishi i-MiEV pertama kali diperjualbelikan pada tahun 2009 dan ternyata mendapat respon positif dari masyarakat luas. Mobil garapan Mitsubishi yang satu ini dibanderol kisaran 295 juta rupiah, dan untuk urusan kualitas dan kuantitasnya kami rasa tidak perlu diragukan lagi.

13. Renault Fluence Z.E

Mobil-Listrik-Renault-Fluence-Z.E

Mobil-Listrik-Renault-Fluence-Z.E

Mobil listrik terbaik selanjutnya hadir dari negara Perancis, yakni Renault Fluence Z.E yang dibanderol dengan tarif cukup mahal, 1.1 milyar, namun dengan harga tersebut bisa dipastikan mobil ini memiliki kualitas terbaik di setiap sektornya, misal untuk urusan performa mobil listrik Renault Fluence Z.E telah dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 22 kWh yang membuat mobil ini mampu menempuh jarak hjngga 160 km dengan kualitas performa yang mumpuni.

14. Toyota Prius Pluig-in Hybrid 

Mobil-Listrik-Toyota-Prius-Plug-In-Hybrid

Mobil-Listrik-Toyota-Prius-Plug-In-Hybrid

Mobil listrik terbaik yang selanjutnya kembali datang dari negeri Sakura, Jepang dimana kali ini giliran Toyota yang unjuk gigi dengan mobil listrik bernama Toyota Prius Plug-in Hybrib. Berdasrakan informasi yang kami peroleh, Toyota berhasil menjual kuran lebih 24.700 unit mobil listrik Toyota Prius Plug-in Hybrid hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Kemudian untuk urusan bahan bakar mobil ini menggunakan dua jenis bahan bakar, yakni bensin dan beterai berkapasitas 4,4 kWh. Sedangkan untuk harga mobil listrik ini dibanderol dengan 449 juta rupiah.

15. BMW i3 

Mobil-Listrik-BMW-i3

Mobil-Listrik-BMW-i3

Mobil listrik terbaik yang terakhir hadir dari Munich, Jerman yang diproduksi oleh salah satu raksasa produsen mobil berkualitas bernama BMW yang berhasil menciptakan mobil listrik BMW i3. Mobil listrik terbaik yang satu ini mampu dikendarai dengan jarak tempuh maksimal mencapai 183 km dalam kondisi baterai full. Nah sampai disini apakah kalian berminat untuk memiliki salah satu dari 15 mobil listrik terbaik yang telah kalian simak diatas ?

Mobil listrik sejatinya merupakan mobil yang ramah terhadap lingkungan, pasalnya sebagian besar dari mereka menggunakan bahan bakar berupa baterai bukan bensin atau semacamnya, namun ada beberap mobil listrik yang mengkombinasikan 2 jenis bahan bakar seperti listrik dan bensin, hal ini bertujuan agar kualitas performa yang dimiliki lebih powerfull.

Kemudian untuk harga mobil listrik terbaik yang telah kalian simak diatas rata-rata dibanderol ratusan hingga milyaran rupiah. Namun perlu kalian ketahui jika harga yang ditawarkan oleh setiap mobil listrik terbaik itu cukup sebanding dengan keunggulan dan spesifikasi yang ditawarkan, dan yang terpenting adalah teknologi canggih yang dimiliki setiap mobil diatas tidak mungkin bisa kalian temukan pada mobil pada umumnya. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.