Apa Itu Odometer Pada Mobil : Fungsi dan Cara Kerja 2020

Apa Itu Odometer Pada Mobil – Melihat panel instrument cluster pada mobil mungkin akan dilakukan setiap orang ketika ingin menggunakannya. Pasalnya didalam instrumen cluster tersebut akan ada banyak sekali bagian-bagian penting berupa indikator yang akan memberitahu kondisi mobil yang akan kita gunakan.

Dan pada umumnya peletakan panel instrumen cluster sendiri ditempatkan dibalik setir atau pada bagian tengah dashboard untuk beberapa tipe mobil yang ada dipasaran sekarang ini. Dan didalam panel instrumen cluster tersebut setidaknya ada beberapa macam panel indikator yang harus benar-benar kalian kuasai.

Atau dalam artian benar-benar kalian pahami tiap-tiap panel tersebut. Karena kami yakin tidak sedikit pengguna mobil yang mungkin tidak tahu maksud dan arti dari panel instrumen tersebut. Bicara mengenai hal tersebut, mungkin info seputar arti lampu indikator mobil Avanza yang sebelumnya kami sampaikan bisa jadi referensi kalian.

Selain ada panel indikator berupa lampu yang akan menyala ketika ada masalah pada bagian tertentu. Ternyata didalam panel instrument cluster tersebut juga ada beberapa bagian lain seperti Tachometer, Speedometer dan juga Odometer. Yang diman ketiga bagian tersebut merupakan beberapa komponen penting didalam mobil.

Apa Itu Odometer Pada Mobil : Fungsi dan Cara Kerja

Apa Itu Odometer Fungsi dan Cara Kerja

Akan tetapi seperti tertulis pada judul diatas, kali ini yang akan kita bahas yaitu Odometer pada mobil. Apa itu Odometer ? dan apa saja fungsi Odometer pada mobil serta bagaimana cara kerja Odometer tersebut ? Untuk memahami hal tersebut silahkan simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

READ  Sistem Kemudi Mobil : Jenis, Fungsi dan Komponen 2020

Apa Itu Odometer Pada Mobil

Apa Yang Dimaksud Odometer

Tidak bisa dipungkiri banyak para pengguna mobil yang mungkin sampai dengan saat ini belum mengetaui apa sebenarnya Odometer itu. Jadi, secara singkat, Odometer adalah alat yang digunakan sebagai petunjuk jarak tempuh sebuah kendaraan.

Yang dimanam posisi dari Odometer ini terletak pada bagian panel meter dashboard mobil. Atau lebih tepatnya berada dekat dengan bundaran informasi mengenai Speedometer atau alat pengukur kecepatan mobil dan Takometer atau alat pengukur putaran mesin mobil.

Fungsi Odometer Pada Mobil

Fungsi Odometer Pada Mobil

Jika ditanya apa sih fungsi odometer pada mobil ? sebenarnya fungsinya tidak banyak, namun fungsi utama dari Odometer pada mobil sendiri sebagai media atau alat yang akan memberikan kita petunjuk tentang berapa jarak tempuh yang sudah dilalui oleh mobil tersebut.

Sehingga ketika kalian ingin membeli mobil bekas, maka kalian bisa menjadikannya sebagai acuan. Selain itu, dengan melihat penjelasan apa itu Odometer diatas. Pada penggunananya Odometer biasanya juga dijadikan sebagai indikator untuk jangka waktu serivce atau penggantian oli secara berkala.

Dan didalam penggunanany  Odometer menggunakan satuan berupa kilometer (km). Jadi ketika ada sebuah mobil pada panel Odometer menunjukan angka 30579. Maka mobil tersebut bisa diartikan sudah menempuh jarak sejauh 30.579 km.

Cara Kerja Odometer Pada Mobil

Jika bica mengenai Odometer, dalam duani otomotif ada dua mekanisme atau cara kerja yang digunakan Odometer pada mobil yaitu cara mekanik atau analog dan ccara elektronik. Seperti apa maksudnya, berikut kami jelaskan secara lengkap.

1. Odometer Mekanik (Analog)

Odometer Mekanik

Cara kerja odometer pada mobil yang pertama yaitu odometer mekanik atau alalog. Yang dimana pada sisitem kerjanya Odometer akan bisa berfungsi karena adanya gaya putar yang diterima dari kabel fleksibel yang terhubung ke bagian lain.

READ  Cara Kerja Kampas Kopling Motor dan Fungsi Utamanya

Odomenter mekanik sendiri memiliki sifat rewindabel, yang dimana ketika mobil berjalan maju atau mundur maka Odometer akan mengikutinya. Jadi ketika mobil mundur, maka Odometer pun akan menghitung mundur karena terjadi akibat gigi dan gear penggerak.

2. Odometer Elektronik

Odometer Elektronik

Sementara ada juga Odometer Elektronik, yang dimana Odometer jenis atau tipe yang satu ini akan bekerja dengan sistem komputerisasi. Dimana komputer akan menghitung tegangan yang terjadi sebagai acuan untuk menentukan dan menghitung jarak yang telah ditempuh oleh mobil tersebut.

Bukan hanya sampai disitu, untuk menunjang kinerja pada sistem kerja Odometer Elektronik ini pun dilengkapi dengan magnet khusus yang diletakan pada salahs atu frame roda kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memberikan sinyal agar dapat menghitung jarak yang ditempuh.

Nah seperti itulah kirana informasi yang kali ini dapat kami sampaikan seputar apa itu Odometer, fungsi Odometer, dan cara kerja Odometer pada mobil. Semoga apa yang sudah otoflik.com rangkum diatas bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin membeli sebuah mobil bekas atau sekedar memperlajari apa yang dimaksud dengan Odometer.

Tags: , ,