4 Cara Reset ECU Mobil : Alasan, Keuntungan & Waktu Paling Tepat

Cara Reset ECU Mobil – Mobil menjadi salah satu jenis kendaraan yang begitu banyak diinginkan sebagian besar orang. Hal ini karena jenis kendaraan ini memiliki banyak sekali manfaat. Namun untuk dapat memiliki satu saja mobil keluaran terbaru, kita membutuhkan budget yang cukup besar.

Mengingat hampir rata-rata kebanyakan mobil keluaran baru-baru ini dibanderol dengan kisaran harga di atas 100 juta rupiah. Mahalnya harga tersebut pun tidak terlepas adanya begitu banyak fitur, fasilitas serta teknologi canggih yang disematkan di dalamnya.

Namun dari sekian banyaknya teknologi serta fitur unggulan yang disematkan, komponen yang tidak akan pernah tertinggal di dalam mobil keluaran terbaru yakni sistem ECU atau Electronic Control Unit. Komponen ini punya peran begitu penting di dalam rangkaian mobil terbaru.

Dimana sesuai dengan namanya, fungsi utama ECU sendiri untuk mengatur pembukaan serta volume bahan bakar pada injektor, mengatur waktu penyalaan busi sesuai kondisi mesin, mengatur timing pembukaan katup dan lain sebagainya.

Cara Reset ECU Mobil dari Alasan Keuntungan Waktu Paling Tepat

Akan tetapi kondisi ECU yang terus menerus digunakan. Tentu saja akan membuat kualitasnya menurun dan membuat sistem pembacaannya tidak tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut satu-satunya jalan yakni dengan melakukan reset ECU mobil.

Kenapa Harus Reset ECU Mobil?

Kenapa Harus Reset ECU Mobil

Namun sebelum masuk ke pembahasan utamanya, mungkin ada dari flikermania yang belum paham kenapa harus melakukan reset ECU mobil. Jadi sebelum membahas bagaimana cara reset ECU mobil, berikut ada beberapa alasan kenapa Electronic Control Unit harus di reset.

  1. Untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem ECU itu sendiri.
  2. Menghilangkan dan menghapus kode error atau Diagnosis Trouble Code (DTC) yang tampil pada bagian panel indikator.
  3. Kemudian memperbaiki kesalahan sinyal yang terjadi pada ECU.

Itulah alasan kenapa komponen ECU mobil harus di reset ketika mengalami kendala atau masalah. Dengan melakukan reset inilah, semua permasalahan bisa saja diperbaiki termasuk permasalahan terkait kesalahan sinyal ECU itu sendiri.

READ  10 Tips Aman dan Nyaman Naik Bus Antar Kota & Antar Provinsi

Cara Reset ECU Mobil

Setelah mengetahui alasan kenapa harus melakukan reset ECU mobil seperti di atas otoflik.com sampaikan. Pertanyaannya bagaimana cara reset ECU mobil agar berbagai macam permasalahan yang ada bisa diperbaiki?. Untuk melakukan reset ECU mobil sebenarnya cukup mudah.

Bahkan bisa dibilang jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan REMAP ECU MOTOR yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan. Bahkan saat ini untuk melakukan reset ECU Mobil sendiri ada dua metode untuk bisa kita gunakan.

Menghentikan Supply Arus Rangkaian Listrik

Menghentikan Supply Arus Rangkaian Listrik

Cara pertama dapat digunakan untuk reset ECU mobil yakni dengan menghentikan seluruh supply arus listrik di dalam mobil itu sendiri. Dengan cara ini otomatis ECU mobil akan secara otomatis berhenti bekerja dan akan secara otomatis pula melakukan reset. Adapun langkah perlu di lakukan jika memakai metode ini yaitu:

  • Memastikan dengan pasti kunci kontak mobil berada pada posisi OFF.
  • Jika sudah kemudian buka kap mobil dan lepaskan konektor aki mobil.
  • Namun perlu diperhatikan pada cara ini kalian cukup lepas kabel atau kutub (-) negatif.
  • Setelah terlepas dari dudukan, tunggu setidaknya sampai 20-30 detik.
  • Sampai disini lanjutkan dengan memasang kembali kabel baterai pada dudukan.

Meski cara ini cukup mudah dilakukan untuk berbagai macam tipe mobil seperti Honda, Avanza, Yaris dan Hyundai. Akan tetapi di balik mudahnya cara reset ECU mobil ini ada pula beberapa kekurangan. Dimana kekurangan tersebut yaitu memaksa kita untuk mengatur atau reset ulang jam serta frekuensi radio seperti awal.

Memutus Arus Listrik ke Sistem Injeksi (EFI)

Memutus Arus Listrik ke Sistem Injeksi

Kemudian cara kedua yang bisa kalian gunakan untuk reset ECU mobil yaitu dengan memutus aliran arus listrik yang khusus menuju sistem injeksi atau EFI. Untuk memudahkan pemutusan aliran arus listrik tersebut, kami sarankan untuk melepas sekering. Dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama silahkan posisikan kunci kontak pada posisi OFF.
  2. Selanjutnya cabut sekering yang bertuliskan EFI atau ECU.
  3. Setelah itu cukup tunggu kurang lebih 20 – 30 detik hingga aliran arus benar-benar hilang.
  4. Jika sudah dirasa cukup, langsung pasang kembali sekering tersebut sesuai dudukannya.
  5. Bila sudah, langsung hidupkan mesin dan lihat indikator ECU pada panel instrument.
READ  7 Cara Membuat STNK Mobil Listrik 2021 : Syarat & Biaya

Walau sepintas tidak jauh berbeda dengan cara di atas, akan tetapi menggunakan metode ini pun memiliki kelebihan tersendiri. Yang dimana kelebihan tersebut yaitu tidak perlu melakukan reset ulang jam dan frekuensi radio. Sebab arus yang diputus hanyalah arus menuju ke sistem ECU saja.

Keuntungan & Manfaat Reset ECU Mobil

Keuntungan Manfaat Reset ECU Mobil

Dengan melakukan reset ECU mobil seperti cara di atas, setidaknya kalian akan bisa mendapatkan cukup banyak keuntungan serta manfaat. Nah beberapa keuntungan serta manfaat reset ECU mobil sendiri antara lain.

  1. Memperbaiki sistem kerja ECU mobil yang mengacu pada pembacaan SENSOR MOBIL agar kinerja ECU kembali normal.
  2. Indikator masalah pada panel instrumen akan hilang.
  3.  Membuat semua fungsi  sensor dapat terbaca dengan baik, tetap dan sesuai.
  4. Mengembalikan performa mesin mobil.

Seperti itulah kiranya beberapa kelebihan atau manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika berhasil melakukan reset ECU mobil menggunakan cara atau metode yang sudah otoflik.com rangkum di atas.

Waktu Paling Tepat Reset ECU Mobil

Waktu Paling Tepat Reset ECU Mobil

Selesai dengan pembahasan cara reset ECU mobil beserta manfaat dan keuntungannya. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang waktu  paling tepat untuk kita sebagai pemilik mobil melakukan reset ECU mobil.

  1. Reset ECU mobil sebaiknya dilakukan ketika mobil dirasa punya tarikan yang kurang maksimal.
  2. Reset dilakukan ketika mobil telah digunakan oleh orang lain, mengingat gaya berkendara setiap orang tentu berbeda-beda.
  3. Ketika kalian baru beralih penggunaan bahan bakar baik dari pertamax ke premium atau sebaliknya.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan yang dapat otoflik.com sampaikan mengenai cara reset ECU mobil lengkap dengan informasi alasan kenapa harus reset ECU mobil dan waktu paling tepat melakukan reset ECU mobil. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi menarik.

Tags: , ,