15 Cara Membersihkan Kaca Helm yang Mudah dan 100% Bersih

Cara Membersihkan Kaca Helm – Kaca helm juga biasa disebut dengan visor, yang mana visor memiliki fungsi untuk melindungi mata dan wajah pengguna motor dari debu, sinar matahari dan juga air hujan. Ketika kaca helm atau visor kotor pastinya akan sangat mengganggu pandangan kita ketika berkendara, maka dari itu kita harus mengetahui bagaimana cara membersihkan kaca helm yang mudah dan bersih. Sebenarnya ada banyak sekali cara mencuci helm dan membersihkan kaca helm yang dapat kita lakukan, baik menggunakan cairan atau hanya sekedar lap bersih.

Berbicara mengenai metode membersihkan kaca helm, metode yang paling dasar atau umum digunakan adalah dengan membersihkan kaca helm menggunakan cleaning kit. Akan tetapi perlu kalian ketahui, membersihkan visor juga tidak harus menggunakan cairan pembersih atau visor cleaning kit, kalian juga dapat menggunakan cairan lain seperti hand sanitizer atau minyak kayu putih. Penggunaan alat tersebut memang cukup nyleneh, akan tetapi bisa dicoba dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Kebersihan helm juga menjadikan hal yang wajib kita perhatikan, karena disamping berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi kecelakaan, helm juga dapat dijadikan sebagai aksesoris motor yang cocok untuk bergaya. Maka dari itu kebersihan helm kita harus tetap dijaga. Dan berbicara mengenai cara membersihkan kaca helm, ada beberapa langkah-langkah yang harus kalian ikuti dan perhatikan, karena jika salah langkah maka yang ada kaca helm milik kalian malah jadi buram.

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Mudah dan 100% Bersih

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Mudah dan 100% Bersih

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Mudah dan 100% Bersih

Cairan pembersih kaca helm juga dapat kalian dapatkan di toko online atau di bengkel yang menyediakan cairan pembersih tersebut. Pembersih kaca helm juga biasanya dapat digunakan untuk membersihkan kaca mobil baret dan juga sebagai pembersih jamur pada kaca mobil. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membersihkan kaca helm yang mudah dan 100% bersih yang telah kami siapkan berikut ini.

READ  15 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis dan Ciri-Cirinya

Persiapkan alat dan bahan

Sebelum membersihkan kaca helm, kita terlebih dahulu mempersiapkan alat dan juga bahan yang nantinya digunakan untuk membersihkan helm dan kaca helm.

  • Kaca helm yang sudah kusam
  • Hand sanitizer, Visor cleaner dan lainyya
  • Kain halus/lap bersih untuk hand sanitizer
  • Kain halus/lap bersih untuk mengeringkan
  • Air

Cara Membersihkan Kaca Helm

1. Lepas kaca helm

Lepas Kaca Helm

Lepas Kaca Helm

Hal pertama yang kita lakukan adalah dengan cara melepas kaca helm terlebih dahulu. Jika kaca helm sudah lepas, langkah untuk membersihkan juga lebih mudah karena kita dapat membersihkan kaca helm di berbagai sudut dan bagian helm lainnya juga tidak akan basah terkena air.

2. Jangan gunakan lap kering terlebih dahulu

Yang kedua adalah jangan pernah menggunakan lap kering untuk mengelap kaca helm, hal ini terkadang kita lakukan, namun hal ini malah menjadikan kaca helm menjadi kusam atau bahkan tergores karena debu yang menempel di kain kering tersebut.

3. Gunakan kain mikrofiber

Kain Microfiber

Kain Microfiber

Cara membersihkan kaca helm yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kain mikrofiber. Kain mikrofiber memang kerap digunakan untuk membersihkan kaca helm dan juga jenis kaca lainnya, hal ini karena kain ini dapat menyerap berbagai partikel kotoran. Akan tetapi jangan pernah gunakan kain mikrofiber yang kotor, karena nantinya malah akan membuat kaca helm kita tergores. Jika kalian tidak memiliki kain mikrofiber, kalian juga dapat menggunakan kain katun yang lembut.

4. Basahi kain lap terlebih dahulu

Gunakanlah kain mikrofiber yang bersih kemudian basahi dengan air dan barulah digunakan untuk mengelap kaca helm yang kotor tersebut. Penggunaan air juga perlu diperhatikan, karena kaca helm biasanya memiliki lapisan pelindung sinar UV dan anti kabut, jadi alangkah baiknya untuk menggunakan air hangat untuk membasahinya. Gosok dibagian kaca helm yang kotor dan bernoda sampai bersih. Kalian juga dapat membersihkan kaca helm dibawah air mengalir untuk mencegah goresan.

5. Visor cleaner

Visor Cleaner

Visor Cleaner

Cara membersihkan kaca helm yang kelima adalah dengan menggunakan pembersih khusus untuk kaca helm. Produk pembersih kaca helm yang baik adalah yang dibuat dari alkohol based karena tidak meninggalkan noda dan menguap. Biasanya produk pembersih kaca helm tersebut berbentuk botol spray atau krim botol. Penggunaan cairan tersebut dapat digunakan untuk membersihkan kaca helm yang bernoda bandel. Cara penggunaanya juga cukup mudah, yakni dengan menyemprot atau menuangkan cairan tersebut ke noda pada kaca helm dan diamkan beberapa saat kemudian lap dengan kain mikrofiber yang bersih.

READ  10 Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau Mati Total Paling Ampuh

6. Pembersih kaca jendela

Selain dapat menggunakan visor celaner khusus dan juga hand sanitizer, kalian juga dapat menggunakan pembersih kaca jendela untuk membersihkan kaca helm. Pembersih jendela juga biasanya sering digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Penggunaan cairan pembersih jendela juga kabarnya cukup ampuh untuk membersihkan kaca mobil, jadi apa salahnya dicoba bukan?

7. Shampoo bayi

Shampoo bayi

Shampoo bayi

Cara membersihkan kaca mobil menggunakan shampoo bayi memang cukup ampuh. Selain digunakan untuk membersihkan kaca helm, shampoo bayi juga dapat digunakan untuk membersihkan batok helm yang sudah kusam dan kotor berdebu.

8. Sikat gigi

Penggunaan kain mikrofiber untuk membersihkan kaca helm juga dapat kita ganti dengan sikat gigi. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat lembut dan dengan harga yang terjangkau. Sikat gigi akan membantu membersihkan celah-celah kaca helm yang tidak dapat dijangkau oleh kain mikrofiber.

9. Air kompresor

Air Kompresor

Air Kompresor

Tips yang selanjutnya yakni dengan menggunakan air kompresor. Kalian dapat menggunakan air kompresor kalengan yang dilengkapi dengan corong panjang dan tipis seperti sedotan yang berfungsi untuk mengalirkan udara.

10. Tisu

Cara membersihkan kaca helm yang terakhir adalah dengan menggunakan tisu. Penggunaan tisu juga dapat kita manfaatkan, namun sebaiknya pilihlah tisu yang lembut dan dibasahi dengan air kemudian barulah dilap ke bagian kaca helm yang kusam dan kotor berdebu.

Nah itulah beberapa langkah-langkah, alat yang digunakan untuk membersihkan kaca helm. Cara membersihkan kaca helm dapat kita lakukan ketika ada waktu senggang dengan menggunakan alat-alat yang telah kami sampaikan diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara membersihkan kaca helm yang mudah dan 100% bersih, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

Tags: ,