√ Motor Keluar Asap Putih ? Ini 12 Penyebab & Cara Mengatasinya

Motor Keluar Asap Putih – Penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi sepertinya masih belum tergantikan dengan moda transportasi lainnya. Tak hanya memberi kemudahan bagi para pengguna, sepeda motor juga punya sistem perawatan yang lebih mudah bila dibandingkan dengan mobil.

Membandingkannya dengan mobil, selain mudah digunakan. Motor juga punya beberapa kelebihan yang bisa menjadi acuan kenapa dipilih sebagai moda transportasi banyak masyarakat. Diantaranya pertimbangan penggunaan bahan bakar, kelincahan disaat bermanuver serta harga yang lebih terjangkau.

Walaupun ada banyak hal yang menjadi faktor utama melejitnya sepeda motor sebagai kendaraan atau transportasi pribadi. Namun untuk tetap bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat mengoperasikannya, tentu saja sebagai pemilik kita harus rutin dan teratur merawatnya.

Tujuannya agar performa serta kondisi motor tetap bisa stabil dan prima serta tidak mudah mengeluarkan asap putih dari knalpot. Yah keluarnya asap putih bisa menjadi penanda bahwa kondisi motor sedang tidak baik. Terjadinya hal ini tentu ada banyak faktor yang menjadi pemicunya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Keluar Asap Putih

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Keluar Asap Putih

Dan umumnya setiap pemicu motor keluar asap putih, tentu saja ada solusi yang bisa menjadi penengahnya. Lantas apa saja sih faktor penyebab keluarnya asap putih dari knalpot motor dan bagaimana cara mengatasinya? dibawah ini akan otoflik.com rangkum beberapa diantaranya.

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Munculnya asap putih dari knalpot motor yang kami maksud merupakan motor 4 tak. Karena untuk motor 2 tak sudah pasti akan mengeluarkan asap putih hasil dari pembakaran yang terjadi.

Keluarnya asap putih dari lubang knalpot motor 4 tak bukan hanya akan menyebabkan motor lama-lama mengalami kerusakan parah. Tetapi juga  akan menimbulkan polusi udara yang pekat saat berada di jalanan.

Hal tersebut tentu akan mengganggu para pengendara lain. Jika saat ini motor kalian mungkin sedang mengalami masalah seperti ini. Berikut beberapa indikasi faktor penyebab motor keluar asap putih dari knalpot.

  • Klep Bocor
  • Piston Aus
  • Isi Knalpot
  • Silinder Aus
  • Seal Klep Bocor
  • Ruang Bakar Kotor
  • Payung Klep Longgar
  • Kesalahan Saat Tune Up
  • Batang Katup Bermasalah
  • Oli Mesin Terlalu Encer
  • Packing Kepala Silinder Bocor

Cara Mengatasi Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Untuk mengatasi masalah keluarnya kebulan asap putih dari lubang knalpot memang perlu penanganan khusus. Alasanya karena adanya ketidakberesan yang terjadi pada komponen mesin motor.

READ  5 Jenis Sasis Mobil 2021 : Komponen, Kelebihan & Kekurangan

Jadi jika kalian sedang mengalami masalah seperti ini, ada baiknya segera bawa ke bengkel agar di tangani oleh mekanik berpengalaman. Namun sebagai informasi tambahan, berikut adalah beberapa solusi untuk cara mengatasi knalpot motor keluar asap putih.

Klep Bocor

Klep Bocor

Keluarnya asap putih dari knalpot motor bisa saja disebabkan karena kondisi klep yang bocor akibat tidak presisinya posisi. Jika hal ini menjadi faktor utamanya, maka kalian harus menyetel ulang klep motor agar kembali keposisi semua.

Piston Aus

Piston Aus

Lalu jika ternyata knalpot motor keluar asap putih dikarenakan kondisi piston yang sudah mulai aus. Maka mau tidak mau kalian harus mengganti piston lengkap ring pistonnya.

Jika tidak maka oli mesin akan terus masuk ke ruang pembakaran, hal ini otomatis akan membuat asap berwarna putih menyembur keluar lewat knalpot.

Knalpot

Knalpot

Masalah keluarnya asap putih juga bukan saja dikarenakan adanya ketidakberesan pada bagian mesin motor. Tetapi juga bisa terjadi karena komponen lain yang bermasalah, termasuk bagian knalpot.

Hal ini bisa saja terjadi ketika kalian mengganti knalpot standar dengan knapot motor racing yang umumnya dapat dengan mudah menyemprotkan oli. Untuk mengatasinya, silahkan cek lebih dulu dengan cara melepas knalpot dan nyalakan mesin.

Apabila tidak ada asap putih yang keluar, maka bisa dipastikan bahwa kondisi mesin dalam keadaan sehat. Namun bila asap putih keluar saat mesin di hidupkan, sebaiknya segera ganti knalpot racing dengan knalpot standar.

Botol Klep Bocor

Botol Klep Bocor

Kondisi motor yang keluar asap putih juga bisa saja terjadi akibat adanya kebocoran pada bagian botol klep atau bos klep. Pasalnya botol klep sendiri merupakan bagian yang berfungsi untuk menghantar katup saat membuka dan menutup.

Akibat jika kondisi botol klep bocor, hampir sama seperti saat klep bocor yang memungkinkan adanya oli masuk ke dalam ruang bakar. Oleh karena itu jika ini memang menjadi faktor utamanya, kalian harus segera menggantinya dengan yang baru.

Silinder Aus

Silinder Aus

Sama seperti kondisi piston yang aus, ketika silinder aus juga memungkinkan keluarnya asap putih dari knalpot. Hal ini karena otomatis oli akan tetap bisa masuk meskipun kondisi piston ataupun ring piston bagus.

Untuk mengatasinya kalian cukup bawa silinder motor kalian ke tukang bubut agar di perbaiki.

Seal Klep Bocor

Seal Klep Bocor

Klep motor punya beberapa bagian atau komponen pendukung, seperti halnya botol klep dan juga seal klep yang terbuat dari bahan karet. Apabila posisi karet seal tersebut bocor juga berakibat oli akan bisa masuk ke dalam ruang bakar sehingga motor keluar asap putih dari knalpot.

READ  9 Oli Gardan Motor Matic Terbaik dan Harga Murah 2021

Ruang Bakar Kotor

Ruang Bakar Kotor

Intensitas penggunaan sepeda motor yang hampir setiap hari digunakan tentu saja akan membuat kondisi ruang pembakaran semakin hari semakin kotor. Dan hal ini biasanya akan membuat pembakaran sedikit tergaggu sehingga memungkinkan keluarnya asap putih.

Oleh karena hal itu, untuk mengatasi masalah ini. Para produsen otomotif mengantisipasinya dengan merilis carbon cleaner sebagai bahan untuk membersihkan ruang pembakaran.

Payung Klep Longgar

Payung Klep Longgar

Setiap motor punya ukuran klep yang berbeda-beda. Ketika mengganti pastikan gunakan ukuran klep motor sesuai standar pabrik. Jika hal tersebut tidak kalian hiraukan akan menjadikan kondisi klep terlalu longgar.

Jika memang kalian tidak menggantinya dengan ukuran yang salah, coba lakukan pengecekan pada bagian klep dengan cara menggoyangkannya. Jika masih terasa padat atau tidak goyang, kalian tidak perlu khawatir. Namun ketika digoyangkan terasa goyang, segera bawa ke bengkel untuk diganti.

Kesalahan Saat Tune Up

Kesalahan Saat Tune Up

Tune up merupakan salah satu metode perbaikan motor agar kembali ke standar. Akan ada banyak hal yang dicek pada saat tune up motor. Biasanya hal ini harus dilakukan oleh para profesional.

Karena jika pada saat pemasangan komponen mesin motor ada kesalahan sedikit, bukan hanya akan membuat mesin tidak mau hidup, tetapi juga bisa juga menjadi penyebab keluarnya asap putih.

Batang Katup Bermasalah

Batang Katup Bermasalah

Katup sepertinya menjadi salah satu  faktor utama yang seringkali menjadikan motor keluar asap putih. Bukan hanya dari seal, botol, dan juga payung katup yang bermasalah.

Ketika kondisi batang katup tidak normal atau bahkan benkok juga bisa menjadi faktor utamanya. Sebab ketika batang katup bengkok akan membuat seal tertekan dan membuat sebuah rongga yang memungkinkan  oli bisa masuk.

Oli Mesin Terlalu Encer

Oli Mesin Terlalu Encer

Kemudian cara mengatasi keluarnya asap putih dari knalpot juga bisa dengan cara mengganti oli mesin yang dipakai. Mungkin saja oli yang digunakan tidak memiliki standarisasi yang baik sehingga membuat oli terlalu encer.

Packing Kepala Silinder Bocor

Packing Kepala Silinder Bocor

Dan solusi atasi masalah keluarnya asap putih di bagian knalpot motor juga dikarenakan packing kepala silinder yang mungkin saja bocor. Oleh karena itu kalian harus segera membongkar mesin dan mengganti packing tersebut dengan yang baru.

Nah itulah kiranya beberapa solusi dan cara mengatasi motor keluar asap putih yang bisa kalian lakukan. Kiranya sekian informasi yang dapat otoflik.com sampaikan semoga bisa menjadi info yang bermanfaat serta bisa membantu menambah wawasan kalian terkait asap putih yang ngebul keluar dari knalpot motor.

Tags: , , ,