6 Oli Motor yang Bagus untuk Jarak Jauh, Tips Memilih & Harga

Oli Motor yang Bagus untuk Jarak Jauh – Pemilihan oli motor yang tepat setidaknya akan membuat performa motor terjaga dengan baik dan tidak membuat mesin rewel. Namun dari sebagian besar pengguna motor di tanah air, menerapkan hal kecil seperti ini memang jarang sekali dilakukan.

Advertisements

Padahal bukan hanya akan membuat motor mampu memiliki tenaga yang maksimal, kondisi mesin juga akan terus dalam keadaan baik ketika kalian memilih oli motor terbaik dan cukup tepat kalian aplikasikan ke tipe atau jenis motor yang kalian gunakan.

Seperti apa yang kita ketahui saat ini, setidaknya sudah ada cukup banyak pilihan oli motor terbaik bisa kita gunakan. Namun tentu saja setiap tipe oli motor pun juga punya beberapa spesifikasi yang harus kalian perhatikan, terlebih ketika motor sering digunakan untuk perjalanan jauh.

Advertisements

Maka kalian pun harus bisa memilih oli motor yang bagus untuk jarak jauh. Selain hanya melihat viskositas atau tingkat kekentalan oli motor yang akan digunakan. Setidaknya ada beberapa hal penting lainnya yang cukup perlu kalian pahami ketika ingin memilih oli motor untuk perjalanan jauh.

Oli Motor yang Bagus untuk Jarak Jauh

Nah dari pada kalian salah pilih dan berakibat fatal bagi kondisi mesin motor, tak ada salahnya jika kalian simak sampai akhir penjelasan yang akan otoflik sampaikan dibawah ini. Pasalnya tak hanya akan memberikan rekomendasi oli motor yang bagus untuk jarak jauh, ada juga info tentang harga dan tips memilihnya.

Tips Memilih Oli yang Bagus untuk Perjalanan Jauh

Ada beberapa tips yang harus kalian ketahui ketika ingin membeli oli motor yang bagus untuk jarak jauh. Jadi sebelum kita bahas apa saja kiranya rekomendasi yang tepat untuk motor kalian, berikut ini adalah beberapa tips memilih oli motor yang bagus untuk perjalanan jauh.

  1. Memahami karakter mesin motor menjadi salah satu tips paling utama ketika ingin memilih oli, karena tak semua pabrikan atau bahkan bahkan tipe motor punya karakteristik mesin yang sama.
  2. Ketika kalian sudah memahami bagaimana karakter mesin motor, silahkan kalian tentukan viskositas yang tepat untuk digunakan baik itu SAE 10W-40, SAE 20W-40, SAE 10W-30 atau yang lainnya.
  3. Tips berikutnya ketika ingin memilih oli motor yang bagus untuk jarak jauh adalah kemampuan lubricating (melumasi) yang bagus. Pastikan oli yang dipilih merupakan oli terbaik yang dimiliki setiap vendor.
  4. Tak hanya itu saja, pemilihan oli motor yang cocok untuk perjalanan jauh juga setidaknya harus kalian lihat dari kemampuan untuk mendinginkan (cooling) suhu panas mesin.
  5. Hampir setiap pabrikan oli motor tentu selalu menyematkan beberapa teknologi atau campuran zat sebagai daya tarik, namun jika motor ingin digunakan untuk perjalanan jarak jauh, usahakan pilih oli motor yang punya kemampuan perlindungan tinggi terhadap komponen mesin.

Rekomendasi Oli Motor yang Bagus Untuk Jarak Jauh

Apabila kalian sudah memahami dan mengetahui apa saja kiranya tips dalam memilih oli motor yang bagus untuk jarak jauh seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang sudah otoflik.com siapkan bagi kalian yang sedang mencari oli motor untuk jarak jauh terbaik.

1. Castrol Power 1 Racing 4T

Castrol Power 1 Racing 4T

Pilihan pertama oli motor yang bagus untuk jarak jauh adalah Castrol Power 1 Racing 4T. Kenapa? karena oli ini sudah dilengkapi dengan adanya formula khusus bernama “Rice Derive Technology”. Dimana dengan menggunakan oli jenis ini memungkinkan mesin motor akan tetap maksimal.

Baik dalam keadaan jalan lambat maupun dipacu kencang sekalipun. Tidak saja hanya sampai disitu, oli yang juga cukup cocok digunakan untuk motor 4 tak ini  juga punya spesifikasi yang kami rasa cukup cocok untuk kalian pilih untuk oli motor yang cocok untuk jarak jauh.

Untuk urusan harga, kalian tak perlu mencemaskannya, karena setelah kami mencari tahu info harga dari beberapa online shop ternama, oli Castrol Power 1 Racing 4T hanya di banderol dengan kisaran Rp 135 ribu rupiah.

2. Shell Advance AX7 Scooter

Shell Advance AX7 Scooter

Buat kalian yang ingin menggunakan motor jenis matic untuk perjalanan jarak jauh, kalian bisa memanfaatkan oli motor yang bagus untuk jarak jauh dari Shell dengan tipe Shell Advance AX7 Scooter. Yang dimana dari situs resminya, diketahui oli ini sangat bagus untuk tipe motor matic 150cc.

Memiliki tingkat kestabilan geser sangat bagus, sehingga mampu meredam getaran sekaligus mengurangi kebisingan. Tak hanya sampai disitu saja, dengan viskositas 10W-40 serta teknologi RCE Shell Advance, memungkinkan motor kalian akan tetap menawarkan performa tinggi saat digeber.

Advertisements

Selain itu dengan harga sekitar Rp 60 ribu rupiah untuk kapasitas 1 liter, oli ini juga memiliki kemampuan untuk menyingkirkan residu serta kerak mesin. Jadi bagi kalian yang memang menginginkannya, langsung saja beli di bengkel kesayangan atau bisa di online shop.

3. Evalube Scootic MX

Evalube Scootic MX

Rekomendasi lain oli motor yang bagus untuk jarak jauh berikutnya adalah Evalube Scootic MX. Salah satu oli motor terbaik dari Evalube ini memang memiliki spesifikasi cukup unggul. Dimana sesuai dengan informasi dari situs resminya.

Oli Evalube Scootic MX sudah memiliki kandungan “Additive System Detergen” yang sudah dilengkapi adanya Thermal Stabil. Dengan pemakaian hal terserbut, memungkinkan oli ini dapat mengontrol kadar deposit sehingga mesin lebih awet dan tahan lama.

Tidak saja hanya sampai pada itu saja, Evalube Scootic MX yang saat ini di jual dengan harga Rp 50 ribu rupiah, juga sangat cocok ketika digunakan pada jenis motor bebek maupun matic, hal ini karena oli motor yang bagus untuk jarak jauh ini punya tingkat kekentalan SAE 20W-50 J 300.

4. AHM Oil MPX-1

AHM Oil MPX 1

Selain menjadi salah satu pabrikan motor terbaik dan terlaris di tanah air, nama AHM atau Astra Honda Motor juga memproduksi oli motor yang bagus untuk jarak jauh. Dari begitu banyaknya model dan pilihan ada, AHM Oil MPX-1 merupakan oli yang juga kami rekomendasikan.

Kenapa, karena tidak hanya memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan pelumasan. Oli yang dijual dengan harga Rp 43.5 ribu (0.8L), Rp 51 ribu (1 L), dan Rp 60 ribu rupiah (1.2 liter) ini juga sudah dilengkapi adanya beberapa kemampuan yang cukup baik.

Salah satu di antaranya adalah kemampuannya untuk melindungi mesin sekaligus memerikan lubrication yang cukup baik serta memungkinkan mesin lebih bertenaga. Semua hal tersebut tentu bukan tanpa sebab, melainkan karena AHM Oil MPX-1 memiliki spesifikasi SAE 10W-30, API-SL, JASO-MA yang sangat cocok untuk motor bebek dan sport.

5. TOP 1 Action Plus

TOP 1 SMO Action Plus

Selanjutnya buat kalian yang sedang mencari oli motor yang bagus untuk jarak jauh, kalian bisa memilih menggunakan oli buatan Top-1 dengan seri TOP 1 Action Plus. Oli ini memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-40.

Sehingga memungkinkan oli ini memberikan hal terbaik pada bagian mesin motor kalian, baik itu motor matic, bebek maupun sport. Karena secara keseluruhan oli ini telah dilengkapi adanya API SJ JASO MA2 yang memungkinkan oli dapat memberikan pelumasan maksimal.

Nah buat kalian yang memang sedang membutuhkan oli motor yang bagus untuk perjalanan jarak jauh, maka kami sangat merekomendasikan oli ini. Tak hanya bagus, harga oli Top-1 yang satu ini juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 50 ribu rupiah.

6. Yamalube Super Sport Oil

Yamalube Super Sport Oil

Tak hanya dikenal sebagai perusahaan pembuat motor handal dari berbagai macam tipe, Yamaha sebagai rival berat Honda juga memiliki produk unggulan yang bisa kalian andalkan untuk menunjang performa mesin motor, terutama ketika akan melalui perjalanan jauh.

Dimana oli yang otoflik.com maksud tersebut adalah Yamalube Super Sport Oil. Walau bila dibandingkan dengan beberapa tipe oli serupa, Yamalube Super Sport Oil merupakan jenis oli yang cukup maksimal dalam menghandle performa mesin.

Dikutip dari situs resminya, oli motor yang bagus untuk perjalanan jarak jauh ini di banderol dengan kisaran harga Rp 85 ribu untuk kemasan botol 1 liter. Sementara itu bagi yang belum tahu oli ini punya tingkat kekentalan Full Synthetic SL 10W-40 JASO MA.

Akhir Kata

Itulah kiranya beberapa rekomendasi yang dapat kami sampaikan untuk memberikan pilihan atau rekomendasi oli motor yang bagus untuk jarak jauh serta harga dan spesifikasinya. Silahkan pilih salah satu dari beberapa opsi yang ada di atas.

Namun pastikan sekali lagi bahwa kalian sudah mengetahui secara pasti bagaimana karakter mesin dan juga beberapa hal lain yang sudah kami sampaikan di atas. Sekian dan semoga apa yang sudah otoflik.com rangkum bisa menjadi referensi.

Advertisements

Tags: , , , ,