15 Perbedaan Avanza dan Xenia Yang Belum Banyak Diketahui

Perbedaan Avanza dan Xenia – Secara sepintas kedua mobil ini memang hampir tidak ada bedanya, terutama dari segi desain, keduanya sama-sama mengusung konsep yang minimalis. Baik Toyotas Avanza maupun Daihatsu Xenia merupakan mobil yang termasuk dalam jenis kendaraan low MPV, oleh karena itu kedua mobil tersebut kerap kita jumpai dipilih sebagai alternatif kendaraan keluarga Indonesia. Di pasaran mobil Indonesia bisa dikatakan kedua mobil ini menuai cukup kesuksesan, hal ini tentu dikarenakan spesfikasi yang cukup baik dan harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Akan tetapi tahukah anda jika kedua duet kembar mobil terlaris di Indonesia ini memiliki beberapa perbedaan ? Ya, jika kalian lebih jeli melihatnya kalian akan menemukan perbedaan antara mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di beberapa sektor, terutama pada bagian sektor pacu yang mana Toyota Avanza memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1.500 cc yang dapat dipastikan mobil MPV terbaik dan terlaris di Indonesia ini memilik kualitas performa yang sedikit lebih unggul daripada kembarannya, Daihatsu Xenia.

Selain itu, untuk Toyota Avanza varian 1.500 cc dan Veloz telah dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa teknologi Dual SRS Airbags yang akan berperan penting ketika pengendara mengalami benturan didepannya, sehingga pengemudi tidak mengalami luka serius. Kemudian untuk urusan harga apakah kedua mobil ini memiliki banderol harga yang sama ? nah untuk harganya, mobil Daihatsu Xenia dibanderol mulai dari 150 – 204 jutaan sedangkan untuk Toyota Avanza dibanderol lebih mahal, yakni 178 – 211 jutaan per unitnya.

15 Perbedaan Avanza dan Xenia Yang Belum Banyak Diketahui

Perbedaan Avanza dan Xenia Yang Belum Banyak Diketahui

Perbedaan Avanza dan Xenia Yang Belum Banyak Diketahui

Oya, perlu kalian ketahui baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia memiliki beberapa seri yang bisa kalian pilih, setiap seri yang ditawarkan memiliki harganya masing-masing, nah bagi kalian yang berminat memiliki salah satu mobil low MPV terlaris di Indonesia ini kalian musti menyiapkan budget kurang lebih 200 juta rupiah, lalu ada baiknya juga jika terlebih dahulu kalian menyimak informasi mengenai perbedaan Avanza dan Xenia yang telah kami rangkum dibawah ini.

1. Desain Eksterior Bagian Depan

Perbedaan Avanza dan Xenia bisa dengan mudah kalian lihat pada bagian muka kedua mobil tersebut, dimana untuk Daihatsu Xenia memiliki grille yang dilengkapi dengan fog lamp guna memberi kesan elegan pada mobil ini, sedangkan untuk mobil Toyota Avanza memilih konsep yang lebih minimalis berupa chrome dibagian tengah sera bawah.

2. Desain Eksterior Bagian Belakang

Selain dari sisi depan, Perbedaan Avanza dan Xenia juga dapat kita lihat dari sisi belakang, dimana hampir semua varian Toyota Avanza telah dilengkapi dengana accesories berupa rear spoiler guna mempercantik tampilan belakang mobil ini. Sedangkan untuk bagian belakang Daihatsu Xenia masih polos, tidak dilengkapi accecories apapun, kecuali untuk Daihtsu Xenia varian termahal.

READ  15 Motor Retro Terbaik Murah Desain Klasik Terbaru 2018

3. Sektor Pacu

Kemudian dari segi performa ternyata kedua mobil ini juga memilik sedikit perbedaan, khususnya pada kapasitas mesin yang mereka gunakan, yakni untuk mobil Daihatsu Xenia telah di tenagai dengan mesin berkapasitas 1.000 cc dan untuk Toyota Avanza memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1.500 cc, jadi kalian pasti tahu mana diantara mereka yang memilki kualitas performa lebih unggul. Sektor inilah yang menjadi salah satu Perbedaan Avanza dan Xenia yang begitu mencolok.

4. Velg

Kita kembali ke bagian eskterior kedua mobil ini dimana kita juga bisa menemukan perbedaan Avanza dan Xenia pada bagian kaki-kakinya yakni Velg,  dimana untuk mobil Daihatsu Xenia menggunakan velg berukuran 13 inchi, sedangkan Toyota Avanza memiliki ukuran velg yang sedikit lebih besar, yakni 14 inchi sehingga menjadikannya tampak lebih keren.

5. Desain Interior

Selain pada sisi luar, perbedaan Avanza dan Xenia juga terdapat pada bagian dalamnya, dimana untuk Toyota Avanza memiliki konsep  dashboard panel design with all new black tone yang berarti bagian dalam mobil ini terpasang aksen-aksen yang gelap dan dilengkapi juga dengan beragam fitur multimedia. Kemudian untuk Daihatsu Xenia sendiri menggunakan tampilan dengan kombinasi dua warna yang berbeda, hal ini bertujuan untuk memperoleh kesan mewah pada sisi interiornya, disamping itu kita juga bisa menikmati beragam fitur pendukung berteknologi canggih untuk menemani perjalanan.

6. Fitur Pendingin (AC)

Disamping pada fitur pendukung kedua mobil low MPV juga memiliki perbedaan, salah satunya adalah Fitur pendingin (AC) double power yang mana bisa kalian nikmati apabila menunggangi mobil Toyota Avanza di semua tipe, lain halnya untuk Daihatsu Xenia dimana hanya untuk varian 1.300 cc yang telah dilengkapi dengan fitur AC double power, selainya itu Daihatsu tidak membekalinya dengan fitur pendukung tersebut.

7. Head Unit

Salah satu perbedaan Avanza dan Xenia yang cukup mencolok terdapat pada head unit kedua mobil ini, kali ini Daihatsu Xenia berada satu tingkat diatas kembarannya, pasalnya dirinya telah dilengkapi banyak fitur-fitur multimedia seperti MP. CD, AUX dan portUSB serta iPod control dengan merk JV dan Pioneer, sehingga dalam berkendara kita bisa memutar musik favorit sebagai teman perjalanan dengan kualitas speaker yang memuaskan. Sedangkan untuk Toyota Avanza hanya memiliki fitur pendukung berupa CD dan MP3 saja.

8. Sistem Keamanan

Berbicara soal sistem keamanan, kedua mobil low MPV ini bisa dikatakan belum mengusung sistem keamanan berteknologi canggih, hanya saja untuk  Toyota Avanza 1.500 cc telah dilengkapi dengan fitur SRS Airbags sistem yang akan meminimalisir cidera pada pengendara apabila terjadi kecelakaan, sedangkan untuk Daihatsu Xenia belum dilengkapi sistem keamanan yang memadai.

READ  15 Motor Termahal di Dunia 2018 dan Tercanggih di Indonesia

9. Sistem Pengereman

Sama halnya dengan sistem keamanan, untuk sistem pengereman mobil Daihatsu juga belum didukung dengan teknologi rem ABS, sedangkan untuk Toyota Avanza telah suport sistem pengereman berbasis ABS yang siap memberikan pengreman optimal, sehingga keselamatan pengemudi lebih terjaga apabila kendaraan didepannya tiba-tiba berhenti mendadak.

10. Dimensi Ukuran

Berbicara mengenai ukuran, sebenarnya baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia memilik dimensi ukuran yang sama, yakni 4.190 x 1.660 x 1.695 mm dengan berat keseluruhan 1.085 kg, akan tetapi ada beberapa tipe dari mobil Daihatsu Xenia yaitu tipe X dan R memiliki ukuran lebih pendek yakni 4.140 dengan bobot mencapai 1.427 kg.

11. Fitur Pendukung

Kemudian Perbedaan Avanza dan Xenia ini juga bisa kita lihat dari fitur pendukungnya, dimana untuk Toyota Avanza telah terpasang fitur headrest ekstra yang akan memaksimalkan kenyamanan ekstra pada pengemudi ketika berkendara, sedangkan pada Daihatsu Xenia belum terpasang fitur semacam itu.

13. Teknologi Corner Sensor

Kecanggihan teknologi juga telah terpasang pada salah satu mobil low MPV terlaris di Indonesia, yakni Corner Sensor yang akan berperan untuk memudahkan kita ketika melakukan parkir di tempat yang cukup sempit, teknologi tersebut baru terpasang pada Daihatsu Xenia, sedangkan untuk Toyota Avanza belum terpasang teknologi tersebut, sehingga ketika melakukan parkir kita masih mengandalkan spion kanan kiri.

Perbedaan Avanza dan Xenia yang paling mudah kita lihat dari kedua mobil low MPV terlaris di Indonesia ini adalah Logo. Seperti yang kita ketahui untuk kedua perusahaan otomotif ini memiliki logo atau lambang yang berbeda sebagai signaturenya. Logo biasanya terpasang pada bagian depan tepatnya diatas bemper, di bagian belakang, dan pada sisi tengah kemudi.

15. Harga yang ditawarkan

Seperti yang telah kalian ketahui, kedua mobil low MPV ini memiliki beberapa perbedaan di beberapa segi, mulai dari eksterior, interior, sektor pacu, hingga fitur-fitur pendukung yang ditawarkan, oleh karena itu bisa dipastikan kedua mobil ini dibanderol dengan harga yang berbeda, masing-masing mobil baik Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia juga memiliki beberapa tipe mobil yang ditawarkan.

Sedikitnya terdapat 15 perbedaan anatara mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang bisa kita lihat, tujuan kami memberikan informasi mengenai perbedaan Avanza dan Xenia diatas sama sekali bukan untuk membanding-bandingkan antara keduannya, kami hanya memberikan gambaran mengingat sebagian besar diantara kalian masih sering bingung membedakan kedua mobil low MPV terlaris di Indonesia ini.

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia memang bisa dikatakan menjadi mobil favorit para keluarga Indonesia, pasalnya harganya yang cukup terjangkau ditambah lagi kualitas performanya cukup mumpuni. Terlepas dari semua itu, kami harap kalian sekarang bisa membedakan antara mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang memang sepintas tidak ada perbedaan. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

Tags: