8 Perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy 2021

Perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy – Memiliki desain dan juga harga bisa dibilang 11 – 12. Kira-kira pilih Yamaha Fino atau Honda Scoopy?. Seringkali mungkin kita mendengar kata-kata tersebut dari teman, saudara, atau bahkan orang lain yang sedang bimbang memilih motor matic harian.

Perang sengit kedua perusahaan otomotif ternama ini memang seringkali menghadirkan keresahan dan bimbang bagi para calon konsumen ketika ingin membeli skuter matic. Pasanya keduanya sama-sama tidak ingin kalah dalam memberikan pilihan motor trendy, sporty dan elegan bagi para konsumennya.

Di tengah maraknya skuter bergaya Eropa, dua pabrikan motor matic ternama ini juga menghadirkan satu opsi pilihan begitu menarik. Keduanya menghadirkan masing-masing HONDA SCOOPY 110cc dan YAMAHA FINO 125cc dengan harga yang bisa dikatakan masih terjangkau.

Walau dari kapasitas mesin terlihat berbeda. Akan tetapi pertarungan sengit dua sepeda motor matic bergaya Vintage ini begitu laris di pasar Indonesia. Tidak heran apabila perbandingan Yamaha Fino dan Honda Scoopy terus di cari para calon pembeli.

Perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy Terlengkap

Jika flikermania adalah salah satu di antaranya, maka kami sangat menyarankan untuk menyimak informasi yang akan otoflik rangkum di bawah ini. Karena di bawah ini akan otoflik jelaskan secara rinci kelebihan kekurangan dan perbedaan Yamaha Fino serta Honda Scoopy.

Spesifikasi Yamaha Fino dan Honda Scoopy

Spesifikasi Yamaha Fino dan Honda Scoopy

Jika kita melihat sekilas, baik Yamaha Fino maupun Honda Scoopy sama-sama memiliki body Vintage melengkung dan membulat. Hal itulah termasuk salah satu faktor laris manisnya penjualan Fino dan Scoopy di Indonesia.

Selain itu di generasi terbaru untuk masing-masing tipe dan modelnya, juga memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Bahkan jika kita melirik pada sektor spesifikasi, tentu saja Yamaha Fino bisa kita bilang sedikit lebih unggul, karena adanya mesin dengan kubikasi lebih besar.

KategoriYamaha FinoHonda Scoopy
Tipe Mesin4-Langkah, SOHC, Blue Core4 – Langkah, SOHC, eSP
Tipe PendinginAir cooledPendingin Udara
Kapasitas125 cc110 cc
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm47 x 63,1 mm
Perbandingan Kompresi9,5 : 110 : 1
Daya Maksimum7.0 kW (9.52 PS) / 8000 rpm6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500 rpm9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
Kapasitas Tangki BBM4,2 Liter4,2 Liter
Suspensi DepanTeleskopikTeleskopik
Suspensi BelakangUnit swingLengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ban Depan80/80-14M/C 43P100/90 – 12 59J (Tubeless)
Ban Belakang100/70-14M/C 51P110/90 – 12 64J (Tubeless)
Rem DepanDisc brake / cakramCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangDrum brake / tromolTromol

Perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy

Melanjutkan pembahasan di atas, buat flikermania jika memang sedang membutuhkan referensi perbandingan Yamaha Fino dan Honda Scoopy. Maka tepat sekali ada di sini, karena seperti apa yang otoflik singgung di atas. Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa detail perbedaan yang ada di dua motor matic vintage dari Honda dan Yamaha.

1. Desain Fino vs Scoopy

Desain Fino vs Scoopy

Perbedaan pertama antara Yamaha Fino dan Honda Scoopy yang mungkin akan begitu nampak saat melihatnya terletak pada sektor desain. Dimana pada bagian ini menurut otoflik, Honda Scoopy lebih menarik bila harus dibandingkan dengan Yamaha Fino.

READ  17 Harga Mobil Jeep Bekas Dibawah 50 Juta Terbaik dan Terbaru 2021

Hal tersebut karena kesan elegan lebih tampak pada Honda Scoopy. Sementara jika kita bandingkan dengan Yamaha Fino, lebih terkesan menunjukan gaya stylish yang akan sangat cocok jika dipilih kalangan anak muda. Meski begitu Honda Scoopy pun masih tetap cocok untuk anak muda.

Di sisi lain, baik Yamaha Fino maupun Honda Scoopy keduanya sudah sama-sama memakai teknologi LED pada semua lampu yang dibawanya. Termasuk lampu depan, lampu sein, dan juga lampu belakangnya. Jadi jika harus memilih, maka kembali lagi pada selera desain masing-masing yah.

2. Dapur Pacu Scoopy vs Fino

Dapur Pacu Scoopy vs Fino

Sementara jika harus memilih dari sisi sektor dapur pacu. Maka otoflik akan lebih condong ke Yamaha Fino. Alasannya jelas karena Yamaha Fino sudah memiliki kubikasi mesin berkapasitas besar yaitu 125 cc. Sementara Honda Scoopy masih mengandalkan mesin dengan kubikasi 110 cc.

Meski memiliki perbedaan dari kapasitas mesin. Namun dari review para pengguna, Honda sedikit lebih unggul dalam efisiensi pemakaian bahan bakar. Hal tersebut karena Honda telah menyematkan teknologi enhanced Smart Power (eSP) di dalam mesin 110 cc dibawanya.

Dengan teknologi tersebut, Honda Scoopy sanggup mengeluarkan tenaga maksimal 6,6 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Sementara dengan mesin 125 cc berteknologi Blue Core yang dibawa Yamaha Fino, motor ini lebih jelas lebih tangguh.

Karena dari pemakaian mesin 4-Langkah, SOHC, Blue Core 125 cc yang dibawanya. Fino sanggup menawarkan tenaga 7.0 kW pada 8000 rpm dengan torsi puncak mencapai 9.6 N.m di putaran 5500 rpm. Namun dengan konfigurasi tersebut, Yamaha Fino kalah irit dari Honda Scoopy.

3. Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi Bahan Bakar 1

Menyinggung pembahasan di atas, kenapa otoflik sampaikan bahwa Honda Scoopy lebih irit bila dibandingkan dengan Yamaha Fino. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari adanya pemakaian fitur ISS (metode ECE R40) yang disematkan Honda pada model Honda Scoopy terbaru mereka.

Dengan adanya fitur tersebut, membuat Honda Scoopy mampu menempuh jarak terjauh sekitar 59 kilometer per liter. Sementara jika kita bandingkan penggunaan bahan bakar milik Yamaha Fino yang hanya mengandalkan teknologi Blue Core.

Diketahui Yamaha Fino 125 hanya sanggung menempuh jarak terjauh sekitar 55 kilometer per liter. Nah dengan mengetahui perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy dari sektor konsumsi bahan bakar tentu saja bisa menjadi opsi yang tepat untuk menentukan pilihan saat kalian bimbang.

4. Fitur Scoopy vs Fino

Fitur Scoopy vs Fino

Lanjut pada perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy berikutnya, kita akan bahas dari sisi fitur unggulan di masing-masing skuter matic ini. Baik Fino maupun Scoopy sama-sama sudah dilengkapi dengan fitur sistem starter electric. Hanya saja suara starter Scoopy jauh lebih halus.

Hal tersebut karena adanya fitur ACG Starter yang sanggup membuat suara starter Scoopy lebih halus. Sedangkan Yamaha belum menyertakan fitur serupa pada Fino, sehingga suara starter pun masih sedikit kasar. Kemudian perbedaan berikutnya ada pada fitur Idling Stop yang bisa kita jumpai hanya pada Honda Scoopy.

Dimana lewat fitur fitur Idling Stop System (ISS), mesin Honda Scoopy dapat berhenti secara otomatis saat tidak ada tarikan tuas gas selama 3 detik. Sayangnya fitur ini pun belum dapat kita jumpai pada Yamaha Fino. Dengan begitu bisa dikatakan jika fitur Honda Scoopy jauh lebih unggul. Selain itu berikut ada beberapa fitur unggulan lain di kedua motor ini.

READ  15 Asuransi Mobil Terbaik dan Tips Memilih yang Tepat

Honda Scoopy

  • Smart Key System untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.
  • Port USB Charger pada console box.
  • Panel meter digital dengan layar LCD dan dikombinasi dengan panel analog.
  • Kapasitas bagasi luas sekitar 15.4 liter
  • Ban memakai tipe tubeless.
  • Smart stand side switch.

Yamaha Fino

  • Adanya advance key system.
  • Fitur smart lock system.
  • Kapasitas bagasi seluas 8.7 Liter.
  • Ban memakai tipe tubeless.
  • Adanya fitur Smart stand side switch.
  • Panel meter masih full analog.
  • Stop/Start System.

Dari penjelasan singkat terkait perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy pada sektor fitur unggulan seperti di atas otoflik sampaikan. Maka bisa dipastikan Honda Scoopy jauh lebih unggul. Jadi buat yang ingin mendapatkan kelengkapan fitur pastikan memilih Honda Scoopy yah.

5. Fitur Keselamatan

Fitur Keselamatan 1

Perbedaan selanjutnya kita akan bahas dari sektor fitur keselamatan. Di bagian ini mungkin tidak ada istimewanya. Pasalnya baik Yamaha Fino maupun Honda Scoopy sama-sama menawarkan fitur keselamatan yang tidak jauh berbeda.

Dimana pada sisi pengereman, baik Honda maupun Yamaha sama-sama menerapkan sistem rem cakram pada bagian depan sementara pada sisi belakang menggunakan rem tromol.

6. Varian Yamaha Fino vs Honda Scoopy

Varian Yamaha Fino vs Honda Scoopy

Selain perbedaan di atas, perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy berikutnya juga bisa kita lihat dari pilihan varian model yang ditawarkan masing-masing pabrikan.

Jika kalian mencari skuter dengan varian model banyak jelas Honda Scoopy pilihannya, karena Fino hanya menawarkan beberapa model saja. Berikut adalah tabel varian Scoopy dan Fino.

Honda ScoopyYamaha Fino
Scoopy FashionFino Grande
Scoopy SportyFino Premium
Scoopy PrestigeFino Sporty
Scoopy Stylish

7. Dimensi Fino vs Scoopy

Dimensi Fino vs Scoopy

Jika kita lihat dari segi dimensi, lagi-lagi Scoopy menjadi pemenangnya. Hal ini karena Honda Scoopy dibuat dengan dimensi yang tidak terlalu besar seperti Yamaha Fino. Hanya saja jika kita lihat sekilas mungkin body Yamaha Fino lebih ramping.

Namun dari data yang ada, terlihat bahwa perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy dari sisi ini dimenangkan Honda Scoopy. Hal ini karena secara keseluruhan Scoopy punya dimensi 1.864 x 683 x 1.075 mm dengan bobot sekitar 95 kg. Sementara Fino 1870 x 700 x 1066 mm dan punya bobot sekitar 98 kg.

8. Harga Yamaha Fino vs Honda Scoopy

Harga Yamaha Fino vs Honda Scoopy

Perbedaan terakhir antara Yamaha Fino dan Honda Scoopy jelas ada pada sektor harga. Nah untuk lebih jelasnya perbedaan pada kedua skuter matic ini. Berikut sudah otoflik buatkan tabel perbandingan harga Yamaha Fino dan Honda Scoopy terbaru.

Honda ScoopyYamaha Fino
Scoopy Fashion Rp 20.325.000Fino Premium Rp 19.140.000
Scoopy Sporty Rp 20.325.000Fino Sporty Rp 19.140.000
Scoopy Prestige Rp 21.125.000Fino Grande Rp 20.300.000
Scoopy Stylish Rp 21.125.000

Akhir Kata

Lalu kira – kira lebih baik pilih Yamaha Fino atau Honda Scoopy?

Dengan menyimak secara keseluruhan perbedaan Yamaha Fino dan Honda Scoopy di atas. Jelas otoflik.com akan lebih condong untuk menjadikan Honda Scoopy sebagai pilihannya.

Meski hanya punya kapasitas mesin 110 cc, namun dari semua detail perbedaan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Honda Scoopy lebih unggul dibandingkan Yamaha Fino. Meski dari sisi harga jelas sedikit lebih mahal.

Itulah kiranya penjelasan singkat yang dapat kami sampaikan terkait perbedaan Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Semoga bisa menjadi referensi menarik.

Tags: , , ,