√ Power Window Macet ? Ini 5 Penyebab & Cara Mengatasinya

Power Window Macet – Teknologi yang semakin terus berkembang turut membawa perubahan cukup besar pada industri otomotif. Berbagai macam kecanggihan fitur, sistem, serta fasilitas kemudahan di dalam kendaraan dapat kita rasakan manfaatnya.

Terutama untuk kendaraan roda empat atau mobil. Dimana hampir semua mobil keluaran terbaru kini telah dilengkapi dengan cukup banyak fasilitas kemudahan yang mengacu pada teknologi. Termasuk juga pada sektor kaca mobil yang sekarang rata-rata telah mengusung sistem power window.

Dengan adanya sistem power window pada pintu mobil, otomatis akan membuat kita lebih mudah menaik-turunkan kaca jendela pintu. Karena dengan adanya sistem power window, kita hanya perlu menekan saklar atau switch yang sudah disediakan. Tepatnya di area masing-masing pintu.

Meski cukup membantu dalam hal kemudahan membuka dan menutup kaca pintu mobil. Namun fitur power window juga cukup rentan mengalami kemacetan pada sistemnya. Ketika power window macet maka sistem tidak akan bisa bekerja dengan semestinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Power Window Macet

Penyebab dan Cara Mengatsai Power Window Macet

Bahkan sama sekali tidak akan bisa membuat kaca terbuka atau tertutup. Macetnya sistem power window sendiri bukanlah masalah baru, namun jika saat ini sedang mengalaminya tentu hal ini akan cukup mengganggu. Oleh karena itu, disini otoflik akan menjelasakan beberapa penyebab dan cara mengatasi power windows mobil macet.

Penyebab Power Window Macet

Penyebab Power Window Mobil Macet

Ketika power window macet, tentu hal ini ada penyebabnya. Indikasinya tentu saja bukan hanya dari komponen power window, tetapi juga bisa dikarenakan adanya beberapa penyebab lain.

Apabila saat ini kalian sedang mengalami masalah seperti ini, dibawah ini akan kami rangkumkan beberapa tips cara mengatasi power window macet. Namun sebelum itu, berikut ada beberapa indikasi yang mungkin saja menjadi penyebab utama power window mobil kalian macet total.

  • Motor penggerak terbakar.
  • Carbon brush motor penggerak aus.
  • Adanya tumpukan kotoran dibagian rel kaca mobil.
  • Switch atau saklar power window mengalami kerusakan.
  • Adanya kabel penghubung yang putus.
  • Atau terdapatnya sambungan soket yang terlepas.
READ  Sistem Penerangan Sepeda Motor 2021 : Komponen & Fungsi

Cara Mengatasi Power Window Mobil Macet

Kasus sistem power window macet total pada beberapa tipe jenis mobil dan macet satu baik sebelah kiri atau kanan. Memang membuat kita sebagai pemilik akan cukup dirugikan. Bukan hanya dari sektor budget untuk memperbaiknya.

Macetnya power window pada mobil yang kita miliki juga akan membuat kita tidak akan bisa membuka atau menutup kaca jendela pintuk sama sekali. Karena hampir rata-rata mobil yang memiliki sistem power window tidak lagi memiliki putaran manual untuk menaik-turunkan kaca jendela.

Apabila saat ini mobil flikermania sedang mengalami masalah ini. Berikut beberapa tips cara memperbaiki dan atau mengatasi masalah power window macet atau bahkan mati total.

1. Mengganti Saklar/Switch yang Rusak

Mengganti Saklar yang Rusak

Saklar atau switch merupakan salah satu bagian yang akan saling di pegang dan digunakan di dalam sistem power window. Hal tersebut karena dalam satu saklar power window terdapa tiga peringah yang bisa dilakukan yaitu perintah untuk window down, window up dan off.

Ketika sering digunakan dalam tingkat frekuensi yang cukup lama, tentu saja akan terjadi keausan pada bagian saklar. Dengan begitu ketika power window mobil kalian macet disebabkan karena rusaknya salkar atau switch, maka segera ganti dengan yang baru.

2. Mengganti Carbon Brush Dinamo Penggerak

Mengganti Carbon Brush Dinamo Penggerak

Didalam sistem kerja power window, setidaknya kita tahu bahwa naik turunnya kaca jendela digerakan oleh sebuah dinamo atau motor penggerak. Itu artinya ketika power window macet, bisa saja disebabkan karena motor penggerak ini.

Karena seperti halnya dinamo umumnya, motor penggerak sistem power window juga memiliki brush atau sikat motor. Ini merupakan salah satu bagian yang cukup rentan aus karena akan selalu bergesekan dengan mata dinamo saat mengalirkan arus listrik.

READ  Apa itu Smart SIM? Kelebihan, Fungsi, Cara Membuat dan Biaya

Satu-satunya cara mengatasi masalah power window mobil yang macet dikarenakan carbon brush atau sikat motor penggerak yang sudah aus  adalah, mengganti carbon brush tersebut dengan carbon brush baru.

3. Memeriksa Soket dan Kabel Penghubung

Memeriksa Soket dan Kabel Penghubung

Terlepas atau tidak kencangnya pemasangan soket sambungan pada sistem power window juga mengakibatkan kemacetan pada power window. Selain karena soket, juga bisa dikarenakan adanya kabel yang terputus akibat terbakar atau gigitan tikus dan lain-lain.

Jika ternyata macetnya power window mobil kalian dikarenakan hal tersebut, maka mau tidak mau, kalian harus melepas penutup sistem power window dan mengencangkan soket sambungan yang ada. Atau juga mengganti kabel penghubung yang terputus.

4. Membersihkan Rel Kaca

Membersihkan Rel Kaca

Seperti disebutkan diatas, salah satu penyebab macetnya power window mobil juga bisa dikarenakan oleh kotoran yang sudah menumpuk pada bagian rel kaca. Pada kondisi seperti ini, maka pergerakan kaca pintu mobil akan cukup terganggu.

Bahkan terkadang juga akan menimbulkan sebuah suara gesekan yang cukup keras dan mengganggu. Jika dibiarkan maka hal ini bisa saja memperparah kerusakan pada bagian power window. Oleh karena itu, silahkan bersihkan kotoran dari rel kaca dengan cara di semprot mengunakan angin bertekanan.

5. Mengganti Motor Penggerak

Mengganti Motor Penggerak

Kemudian cara mengatasi power window macet yang berikutnya bisa kalian lakukan yaitu dengan mengganti motor penggerak atau dinamo yang ada. Namun hal ini hanya dilakukan ketika penyebab utama macetnya power window dikarenakan motor penggerak tersebut terbakar.

Meski bisa dibilang cukup jarang, namun hal ini perlu kalian ketahui. Apalagi bagi para pemilik mobil yang baru pertama kali mengalaminya. Untuk menangani masalah ini, silahkan bawa saja ke bengkel mobil terdekat di kota kalian.

Seperti itu kiranya informasi yang dapat otoflik.com sampikan tentang penyebab dan cara mengatasi power window macet. Jika dalam penangananya kalian minin pengetahuan dan pengalaman. Kami sarankan untuk segera membawa ke bengkel langganan proses perbaikan dikerjakan oleh montir-montir profesional.

Tags: , ,