12 Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dari Dalam & Penyebab 2020

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam – Membahas mobil sebagai kendaraan pribadi memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada cukup banyak hal menarik yang bisa kita tulis setiap saat. Bahkan bukan sekedar membahas mesin, tekenologi atau bahkan fitur unggulan saja.

Melainkan hal-hal kecil pun bisa kita bahas, salah satu diantaranya adalah mengenai cara buka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Mungkin hal ini bisa dianggap sepele oleh sebagian orang yang sudah pernah mengalaminya. Namun apakah kalian pernah mengalami hal tersebut?

Pintu mobil terkunci dari dalam tentu saja akan membuat sebagian besar orang panik dan bingung, meskipun hal tersebut memang di karenakan kesalahan kita kita sendiri sebagai pemiliknya. Namun sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Bahkan cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam tidak membutuhkan peralatan-peralatan berat. Namun untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan beberapa alat yang tersedia dirumah seperti tali sepatu, gantungan baju atau media lainnya.

Penyebab & Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Penyebab Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Meski bisa diatasi dengan memakai media sederhana, namun perlu sedikit trik. Terlebih jika seluruh pintu mobil tertutup dan jika mobil sudah menggunakan sistem kunci keyless. Otomatis seluruh pintu mobil akan terkunci oleh teknologi central lock, termasuk pintu bagian tengah.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Sebelum masuk pada inti pembahasan kali ini, berikut ada beberapa penyebab yang membuat pintu mobil terkunci dengan sendirinya. Apa saja penyebab tersebut? berikut otoflik.com rangkumkan dibawah ini.

Kotoran Menumpuk di Handle Pintu

Kotoran Menumpuk di Handle PintuBukan hanya dikarekan kunci mobil yang bermasalah, ternyata pintu mobil terkunci dengan sendirinya juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena endapan kotoran yang sudah menumpuk dibagian handle pintu. Dengan menumpuknya kotoran tersebut, tentunya membuat pintu menjadi seret karena karat yang disebabkan oleh kotoran tersebut.

Motor Penggerak Macet

Motor Penggerak Macet

Mudah ditutup namun terkadang sulit dibuka memang sudah menjadi hal wajar pada pintu mobil. Terutama pada beberapa jenis mobil keluaran lama. Salah satu penyebabnya bisa saja dikarenakan oleh masalah pada motor penggerak yang sudah tidak memiliki kinerja maksimal karena kurangnya perawatan.

Pintu Pernah Terkena Benturan / Penyok

Pintu Pernah Terkena Benturan atau Penyok

Kemudian ada juga kasus pintu mobil yang terkunci dengan sendiri dan sulit di buka karena adanya bekas benturan. Hal ini biasanya akan membuat beberapa komponen pintu mobil dan juga komponen power window rusak atau mengalami perubahan posisi, sehingga saat akan membukanya cukup sulit.

READ  15 Tips Mudik Pakai Motor yang Nyaman, Aman & Tak Mudah Lelah

Kelalaian Pengemudi

Kelalaian Pengemudi

Kejadian pintu mobil yang terkunci dari dalam memang bukan hal baru. Ada banyak kasus seperti ini sering dialami oleh para pemilik mobil. Salah satu penyebab paling sering adalah kelalaian para pengemudi yang meninggalkan kunci di dalam namun mengunci seluruh pintu mobilnya.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Dari Dalam

Itulah beberapa penyebab yang sering membuat pintu mobil terkunci dari dalam. Lantas bagaimana tips dan trik cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam? Berikut beberapa metode yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Menggunakan Kawat Gantungan Baju

Menggunakan Kawat Gantungan Baju

Metode pertama yang bisa digunakan yaitu dengan memanfaatkan gantungan baju yang biasa kita jumpai di dalam rumah. Jika ada lebih baik gunakan gantungan baju dengan bahan alumunium.

Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu luruskan gantungan tersebut lalu tekuk salah satu ujung sebagai pengait dengan panjang sekitar 3 – 5 cm. Setelah itu masukan lewat celah antara jendela dan segel pintu hingga ujung pengait meluncur melalui jendela.

Dengan mengacu pada mekanisme tuas penguci sejajar dengan pintu, maka ketika kawat sudah masuk. Kalian hanya perlu memutar pengait hingga 90 derajat agar tegak lurus. Setelah itu gerakan pengait untuk menangkap tuas penguci lalu tarik untuk membukanya.

Menggunakan Penggaris Besi

Menggunakan Penggaris Besi

Cara kedua yang bisa kalian pakai yaitu dengan memanfaatkan penggaris besi. Jadi jika mengalami pintu mobil terkunci dari dalam, silahkan gunakan metode ini.

Caranya kalian hanya perlu menyelipkan penggaris melalui karet pelindung kaca sambil melihat panel kunci. Apabila panel terlihat bergerak maka silahkan tekan penggaris untuk bisa membuka kunci mobil tersebut.

Pakai Tali Rafia atau Tali Sepatu

Pakai Tali Rafia atau Tali Sepatu

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa memanfaatkan tali sepatu atau tali rafia untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Penggunananya pun cukup mudah karena kalian hanya butuh membetuknya menjadi tali laso yang kencang dan kuat.

Setelah itu, masukan atau sisipkan tali kedalam mobil lewat celah kaca mobil bagian atas. Terus turunkan hingga mencapai pengaman pintu, apabila dirasa sudah pas silahkan tarik untuk membuka pintu tersebut.

Memakai Bola Tenis

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Dari Dalam Pakai Bola Tenis

Siapa sangka bola tenis juga dapat digunakan untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam meskipun tidak semua orang yang menerapkan metode ini selalu berhasil. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba apabila kalian mengalami hal ini.

READ  8 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot Motor Mudah & Cepat

Untuk menggunakannya, silahkan buat lubang kecil dan dalam pada bola tenis dengan menggunakan kawat yang dipanasi. Setelah itu arahkan lubang tersebut pada bagian lubang kunci yang terdapat di pintu mobil. Kemudian tekan sekuat tenaga untuk membuat udara didalam bola tenis menekan kuat lubang pintu.

Pakai Tangkai atau Besi

Pakai Tangkai atau Besi

Jika hal ini kalian alami pada jenis mobil dengan sistem kunci pintu otomatis atau elektrik. Maka kalian bisa memanfaatkan tangkai atau besi yang berukuran panjang. Fungsinya untuk menekan tombol kunci yang biasanya ada dibagian pintu dalam.

Caranya cukup masukan tangkai atau besi tersebut kedalam mobil lewat celah kaca bagian atas lalu arahkan ke bagian saklar kunci. Jika sudah pas silahkan tekan untuk membuka pintu. Sebagai tambahan, biasanya cara ini juga digunakan oleh para tukang kunci.

Mencongkel Pintu Tengah

Mencongkel Pintu Tengah

Untuk beberapa tipe mobil seperti Toyota Avanza dan Toyota Xenia yang mengalami pintu mobil terkunci dari dalam juga dapat diatasi dengan membuka pintu bagian tengah. Caranya pun tidal terlalu sulit, karena kalian hanya perlu membuka karet pintu bagian kanan belakang.

Jika sudah silahkan intip bagian atau celah kaca dan body untuk menemukan besi yang terkait ke plastik. Posisinya biasanya berada dibawah tombol pengait kunci. Jika sudah ketemu silahkan congkel menggunakan obeng kecil atau penggaris agar bisa membuka pintu.

Menggunakan Inflatable Wedget Tiup

Menggunakan Inflatable Wedget Tiup

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam juga bisa diatas dengan memanfaatkan alat bernama Wedget Tiup. Alat ini dapat kalian beli dengan mudah di online shop dengan harga yang bervariasi. Memakai wedget tiup bisa memungkinkan kita untuk membuat ruang antara pintu dan juga bingkai.

Tujuannya tentu untuk membuka kunci pintu mobil dengan mendongkrak bagian cekun tombol atau tuas buka. Menariknya kalian bisa membuka kunci mobil hanya dalam waktu kurang lebih 1 menit saja Jika menggunakan alat ini.

Menghubungi Tukang Ahli Kunci

Menghubungi Tukang Ahli Kunci

Alternatif lain jika kalian tidak kunjung dapat membuka kunci mobil yang terkunci dari dalam adalah dengan menghubungi tukang ahli kunci. Dengan kalian memanggil tukang kinci, otomatis kalian akan dibuatkan kunci baru (duplikasi) untuk bisa membuka pintu mobil tersebut.

Dari beberapa metode diatas memang sebagian besar dapat kita lakukan sendiri tanpa perlu mengundang atau memanggil tukang kunci. Jadi pastikan kalian mencoba terlebih dahulu sebelum kalian menggunakan metode terakhir diatas.

Itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan seputar penyebab dan cara mengatasi pintu mobil yang terkunci dari dalam. Semoga tips dan trik diatas bisa menjadi refernsi yang menarik untuk bisa kalian simak serta bisa menjadi acuan kalian yang sedang mengalaminya.

Tags: , ,