10 Tips Aman dan Nyaman Naik Bus Antar Kota & Antar Provinsi

Tips Aman dan Nyaman Naik Bus – Bepergian kemanapun tanpa kita memiliki kendaraan pribadi kini terbilang sangatlah mudah dan simple karena di Indonesia ada banyak sekali moda transportasi umum yang berlalu lalang mulai dari kereta api, kapal, pesawat terbang, hingga bus. Dari semua itu bisa dibilang moda transportasi bus merupakan salah satu yang paling laris manis di Indonesia terutama untuk pulau Jawa.

Hal tersebut tentu saja karena harga tiket bus yang terjangkau dan juga mudahnya mendapatkan tiket tanpa harus kita mengantre seperti ketika membeli tiket pesawat, kapal, ataupun kereta api. Meski merupakan sebuah layanan transportasi yang sangat laris manis, namun terkadang bagi mereka yang belum pernah berpengalaman bepergian menggunakan bus masih merasakan ketakutan antara aman tidaknya bepergian menggunakan bus.

Aman tidaknya bepergian menggunakan bus sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri bagaimana menyikapinya. Namun untuk memberikan referensi bagi anda yang mungkin baru akan menggunakan moda transportasi bus untuk bepergian dengan jarak yang jauh kali ini akan kami bagikan beberapa tips aman dan nyaman naik bus baik itu di siang hari ataupun di malam hari. Terutama aman di terminal yang biasanya rentan terjadi kejahatan seperti pencopetan ataupun penjambretan,

Terlebih lagi bagi anda yang mungkin pertama kali dan juga membawa bayi saat bepergian. Tentu saja tips aman dan nyaman yang akan kita bagikan pada kesempatan kali ini akan memberikan sedikit gambaran tentang apa-apa saja dan bagaimana anda ketika sedang berada di terminal maupun di dalam bus. Dari pada panjang lebar, berikut kami sampaikan tips aman dan nyaman naik bus antar kota ataupun antar provisni.

Tips Aman dan Nyaman Naik Bus di Terminal

Tips Aman dan Nyaman Naik Bus

Tips Aman dan Nyaman Naik Bus

1. Pahami Seluk Beluk Terminal

Salah satu tips aman dan nyaman naik bus bagi anda pemula yang ingin merasakan sesnasi perjalanan yang mengasikan, mungkin hal yang patut di waspadai adalah keamanan dari sestiap terminal bus itu sendiri. Kenapa? seperti diatas kami singgung, biasanya di terminal merupakan tempat yang sering terjadi tindak kejahatan baik itu pencopetan ataupun perampokan.

Maka dari itu hal yang harus anda lihat adalah seluk beluk dari terminal bus tersebut. Anda dapat browsing seputar terminal yang akan anda tuju sebelum anda mendatanginya tentang keamanan dari terminal tersebut.

READ  10 Cara Mencuci Helm Sendiri Dirumah yang Mudah dan Cepat

2. Nama Po dan Loket Resmi

Kemudian bagi anda yang ingin merasakan kenyamanan saat bepergian menggunakan bus baik disiang ataupun malam hari, hal yang juta tidak kalah pentingnya adalah mengenali atau setidaknya mengetahui nama PO dari bus yang akan anda gunakan dan juga tempat pembelian karcis dari bus yang akan anda gunakan tersebut.

Selain itu anda pun harus mencari referensi terlebih dahulu tentang harga tiket bus dari kota asal anda ke kota tujuan anda agar anda menyiapkan uang pas atau meminimalisir pembelian tiket dari calo dengan harga yang lebih mahal. Terutama ketika suasana mudik idul fitri setiap tahunnya.

3. Selalu Wasapada dan Jangan Pernah Pasang Muka Bingung

Indikasi terjadikan kejahatan tentu saja karena adanya kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk menyerang kita. Maka dari itu meskipun anda baru pertama kali menggunakan moda transportasi bus untuk bepergian, ada baiknya mintalah di temani seseorang yang mungkin sudah pernah menggunakan jasa transportasi ini.

Apabila anda terpaksa harus sendirian, maka akan lebih baik jangan pernah was-was ataupun merasa bingung. Silahkan menuju ke lokasi yang dianggap ramai seperti warung ataupun kerumunan orang untuk menanyakan masalah yang sedang membuat anda bingung ketika berada di terminal. Hal ini juga menjadi salah satu tips aman dan nyaman naik bus saat pertama kali anda menggunakannya.

4. Membawa Barang Secukupnya

Bawalah Barang Secukupnya

Bawalah Barang SecukupnyaBawalah Barang Secukupnya

Membawa barang terlalu banyak ketika anda bepergian keluar kota ataupun keluar provinsi selain akan membuat anda merasa kesulitan, hal ini juga seringkali menjadi salah satu indikasai terjadinya sebuah kejahatan di dalam terminal. Maka dari itu ada baiknya bawalah barang secukupnya yang memang dirasa anda perlu dan penting untuk keseharian anda.

5. Jawab dengan Sopan dan Tegas  Bila Bertemu Calo

Tips aman dan nyaman naik bus yang selanjutnya adalah selalu jawab setiap pertanyaan yang di tanyakan orang ke pada anda namun dengan sopan. Terlebih lagi bila anda perpapasan dengan calo maka jawaban yang tegas dan menyakinkan anda membuat mereka minder untuk terus membututi anda. Namun jika anda terlihat bingung, maka biasanya momen ini di manfaatkan oleh para calo untuk menawarkan jasa yang mungkin saja tidak sesuai dengan tujuan anda.

6. Mengetahui Lokasi Loket Bus dari PO yang Akan Anda Gunakan

Bila anda sudah berada di lokasi terminal yang akan menjadi titik keberangkatan anda, hal yang harus anda ketahui dan harus anda pahami adalah mengetahui letak atau lokasi pembelian tiket bus dari PO yang akan anda gunakan. Jika memang anda belum mengetahuinya tanyalah kepada para pekerja di terminal semisal para penjaga warung ataupun yang lainnya agar anda bisa langsung membeli tiket bus tujuan anda.

READ  Syarat Pembuatan SIM yang Wajib Kalian Ketahui !

7. Sebisa Mungkin Anda Harus Menghindari Bus “Sapu Jagad”

Bagi anda yang baru pertama kali mendatangi terminal untuk menyewa jasa angkutan umum bus ketika anda ingin bepergian ke luar kota ataupun luar provinsi, selain tips aman dan nyaman naik bus yang sudah kami bagikan diatas, mungkin hal yang juga harus anda lakukan anda menghindari bus “Sapu Jagad”.

Julukan bus “Sapu Jagad” sendiri merupakan julukan bagi bus-bus yang menerima penumpang dengan tujuan yang berbeda-beda dan biasanya bus ini selalu berangkat paling akhir. Yang lebih menyebalkannya lagi bus-bus tersebut juga tidak memiliki karcis sebagai bukti pembayaran yang sah, melainkan setiap orang yang sudah terlanjut masuk bisa melakukan tawar-menawar, akan tetapi harga yang ditawarkan biasanya dua kali lipat dari harga karcis umumnya.

8. Silahkan Berbaur atau Begabung dengan Penumpang Lain

Salah satu cara agar anda tetap bisa merasa aman dan nyaman ketika berada di terminal adalah berbaur dengan para penumpang lain. Terutama bagi anda yang sudah memegang karcis keberangkatan, maka hal ini sangat kami sarankan agar anda tidak selalu di kejar-kejar oleh para calo yang ada di lokasi terminal.

9. Memiliki Alternatif PO Lain

Seperti diatas kami sampaikan ada banyak sekali jenis perusahaan otobus (PO) yang bisa anda gunakan ketika anda ingin bepergian keluar kota ataupun keluar daerah. Ada baiknya selain anda sudah mengantoni satu nama perusahaan otobus yang akan anda gunakan, sebaiknya anda memiliki alternatif PO Bus lain yang memiliki tujuan keberangkatan sama. Hal ini untuk meminimalisir ketika bus yang anda pilih ternyata sudah penuh atau sudah berangkat.

10. Bila Ingin Menikmati Suasana Perjalanan Pilihlah Kursi Depan

Tips aman dan nyaman naik bus yang selanjutnya adalah pemilihan tempat duduk. Yah ini merupakan hal yang mungkin dirasa cukup sepele atau simple. Akan tetapi bagi anda yang mungkin belum terbiasa, memilih tempat duduk yang salah akan membuat anda merasa tidak nyaman. Maka dari itu pilihlah tempat duduk yang dirasa akan membuat anda nyaman selama perjalanan. Sementara bagi anda yang ingin menikmati suasana perjalanan dengan bus ada baiknya memilih tempat duduk pada bagian depan atau belakang sopir.

Dari sekian banyaknya tips aman dan nyaman naik bus yang sudah kami sampaikan diatas, mungkin beberapa diantaranya akan memberikan anda keyakinan untuk menjadikan perjalanan keluar kota atau keluar provinsi dengan menggunakan bus. Namun bagi anda yang yang tetap masih merasa ragu mungkin pilihan perjalanan anda dengan menggunakan layanan atau jasa kereta api adalah pilihan yang paling tepat. Nah itulah kiranya informasi yang bisa kami sampaikan semoga apa yang kami rangkum diatas bisa menjadi referensi terbaik untuk anda semuanya.

Tags: ,